9 Keunggulan Phone Number Verification

phone number verification

Penggunaan Phone Number Verification kini telah menjamur, dan mungkin tak lama lagi akan menggantikan verifikasi menggunakan email. Metode verifikasi ini dinilai lebih baik, karena secara praktis saat ini hampir semua orang di dunia memiliki nomor telepon yang digunakan dalam aktivitasnya.

Namun apakah benar metode verifikasi ini lebih unggul dibandingkan dengan metode verifikasi sebelumnya? Lalu jika dijabarkan, bagaimana cara kerja Phone Number Verification itu?

Nah, dalam artikel singkat ini, Anda akan menemukan penjelasan mengenai keunggulan dan cara kerja dari metode verifikasi dengan menggunakan nomor telepon ini. Maka tanpa berpanjang lebar, mari masuk pada bahasan pertama terkait keunggulan dari metode verifikasi nomor telepon.

Baca Juga: Apa Itu Multi Factor Authentication, Bagaimana Cara Kerjanya?

9 Keunggulan Metode Phone Number Verification

phone number verification
Sumber: freepik.com

Pada dasarnya Phone Number Verification akan menggunakan nomor seluler yang dimiliki oleh user untuk mengirimkan serangkaian kode tertentu, untuk kemudian dimasukkan kembali ke dalam aplikasi atau laman layanan guna melakukan verifikasi.

Dengan demikian, beberapa keunggulannya adalah sebagai berikut.

  • Cakupannya global, mengingat pemilik nomor telepon bisa berasal dari berbagai belahan dunia berbeda. Pengiriman kode unik berupa OTP ini dapat dilakukan dan menjangkau siapa saja selama nomor telepon yang digunakan aktif.
  • Terdapat berbagai pilihan paket SMS, jika ingin digunakan, yang dapat memenuhi kebutuhan verifikasi yang Anda miliki.
  • Menghemat biaya pengiriman karena mampu mendeteksi nomor telepon yang tidak aktif, sehingga tidak akan menghabiskan banyak biaya untuk melakukan pengiriman sia-sia tersebut.
  • Memiliki delivery rate yang tinggi sehingga handal untuk berbagai keperluan verifikasi.
  • Melakukan kustomisasi pada identitas pengirim sebagai perwakilan perusahaan atau bisnis Anda secara sah, sehingga tidak dianggap spam atau upaya spoofing oleh pelanggan.
  • Dapat pula memanfaatkan akun WhatsApp yang terhubung dengan nomor telepon yang didaftarkan, dan menggunakan fitur WhatsApp Global OTP.
  • Biaya hanya dikenakan pada pengiriman ke akun WhatsApp yang berhasil saja, dengan demikian, lebih hemat biaya.
  • Dapat digunakan tidak hanya untuk urusan verifikasi, namun kegiatan promosi dan CRM dalam bisnis yang Anda kelola.
  • Memiliki tingkat keamanan yang terjaga sehingga senantiasa dipercaya oleh setiap pihak yang terkait dalam upaya ini.

Secara langsung karena digunakan dengan acuan nomor telepon yang notabene dimiliki oleh user, maka tingkat keamanan yang dimiliki akan jauh lebih baik. Terasa lebih personal dan mudah digunakan oleh user, beberapa produk verifikasi bahkan dapat secara langsung mengekstrak kode OTP dari pesan yang Anda kirimkan untuk masuk ke formulir yang perlu diisi selama digunakan dalam satu perangkat yang sama.

Jadi tak heran bukan jika metode ini cukup banyak dipilih untuk bisnis yang mengutamakan kecepatan dan akurasi verifikasi dalam proses bisnisnya?

Ada Baiknya Anda Pahami Cara Kerja Metode Ini

phone number verification
Sumber: freepik.com

Cara kerja metode ini dapat dijelaskan dalam beberapa poin singkat berikut.

1. User Melakukan Permintaan Akses

Pertama user akan membuka aplikasi dan meminta akses untuk masuk ke dalam akun yang dimilikinya. Dengan mengajukan permintaan akses ini, sistem akan mengenalinya dan mengirimkan kode unik ke nomor telepon yang telah disematkan sebelumnya.

Ingat, nomor telepon atau akun WhatsApp harus senantiasa aktif untuk menerima kode OTP yang akan dikirimkan sistem pada nomor yang digunakan.

2. OTP Dikirimkan

Baik melalui WhatsApp atau layanan pesan singkat SMS, kode OTP akan dikirimkan oleh sistem. Kode ini dapat diterima dalam waktu singkat setelah permintaan akses diajukan, dan memiliki masa berlaku yang juga singkat. Maka dari itu, kode ini harus lekas dimasukkan ke dalam kolom yang tersedia di aplikasi atau layanan.

Usahakan tidak salah memasukkan kode OTP, atau tidak terlalu lama dalam proses memasukkannya.

3. Kode OTP Dimasukkan

Setelah diterima kode OTP kemudian dimasukkan pada aplikasi atau website yang digunakan oleh user. Seperti yang diungkapkan sebelumnya, pada beberapa produk Phone Number Verification proses input ini bisa berjalan secara otomatis saat sistem yang dibuka mendeteksi adanya kode OTP masuk dari perusahaan atau layanan Anda.

4. Verifikasi Dilakukan

Pada platform yang digunakan oleh user untuk melakukan log in, proses verifikasi akan terjadi saat perintah diberikan. Dengan kode OTP yang telah dimasukkan dengan benar, sistem akan dengan cepat mengenali user dan memberikan izin masuk atau melakukan transaksi yang diinginkan sebelumnya.

Baca Juga: Menilik Fungsi Phone Verification, Penunjang Keamanan Bisnis Masa Kini 

Pada dasarnya, Phone Number Verification adalah salah satu metode verifikasi paling sederhana, mudah, dan cepat yang bisa dilakukan. Setiap poin yang Anda baca di atas, adalah bagian dari penjelasan produk verifikasi milik Verihubs, dengan nama serupa.

Phone Number Verification dari Verihubs

Menjadi salah satu produk verifikasi terbaik yang ada di Indonesia, Phone Number Verification dari Verihubs akan menjadi partner Anda dalam melaksanakan proses verifikasi pada sisi user. Dengan proses yang jelas, cepat, aman, dan akurat, Verihubs ingin membantu Anda membuat user merasa puas sehingga setia dengan layanan yang Anda sediakan. Segera hubungi layanan pelanggan dari Verihubs sekarang juga, dan dapatkan penjelasan lengkap mengenai setiap detail produk Phone Number Verification ini!

Artikel Terbaru Kami

ikd digital

Apa Itu IKD Digital? Verifikasi Identitas dengan Mudah!

pemasaran digital

Pemasaran Digital (Digital Marketing): Strategi dan Jenisnya

absensi digital sekolah

Studi Kasus: 4 Peranan Absensi Digital Sekolah dan Contohnya