Laporkan Akun yang Dibobol dengan 5 Cara Ini!

laporkan akun yang dibobol

Kasus pembobolan akun dompet digital banyak terjadi di kalangan masyarakat saat ini. Padahal jika dilihat dari proteksi akses yang diberikan, setiap layanan telah mengoptimalkan hal ini demi kenyamanan pelanggan. Satu tindakan paling tepat ketika hal ini terjadi, laporkan akun yang dibobol pada pihak yang bertanggungjawab secara langsung!

Namun ke mana laporan ini bisa dilayangkan?

Sebelum sampai pada bahasan utama tersebut, tentu ada baiknya Anda juga mengetahui cara cerdas menjaga keamanan akun dari upaya pembobolan atau peretasan. Baik sebagai end user atau penyedia layananan, memahami hal ini akan memberikan perspektif berguna untuk Anda dalam melindungi data-data penting di dunia digital saat ini.

Baca Juga: Mengenal Teknologi Biometrik Authentication, Apa Kelebihannya dari Sistem yang Lalu?

5 Cara Menjaga Keamanan Akun Dompet Digital

laporkan akun yang dibobol
Sumber: freepik.com

Sebenarnya ada cukup banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga keamanan akun dompet digital, dan berbagai akun lain secara umum. Beberapa dapat Anda simak dalam artikel berikut ini.

1. Tidak Menyimpan Username dan Password secara Otomatis

Hal ini mungkin akan cukup sulit dilakukan untuk dompet digital, karena secara langsung akun yang dimiliki senantiasa dalam keadaan aktif. Namun untuk meningkatkan proteksi akun, Anda bisa menonaktifkan fitur simpan otomatis untuk username dan password.

Cara ini cukup efektif untuk menghindari pembobolan akun ketika smartphone hilang atau dicuri orang. Setidaknya, akun yang Anda miliki dalam keadaan ter-logout.

2. Tidak Membagikan Informasi Apapun Terkait Akun

Mulai dari username, kemudian password, kemudian PIN yang digunakan, kode OTP, CVV, atau segala jenis informasi pribadi yang terkait dengan akun, jangan bagikan kepada pihak manapun, sedekat apapun relasi Anda dengan pihak ini.

Semua informasi tersebut idealnya merupakan informasi yang dimiliki dan dikelola secara pribadi, sebagai langkah proteksi mendasar pada akun yang dimiliki.

3. Senantiasa Membarui Perangkat Lunak yang Digunakan

Pembaruan sistem yang diberikan dari penyedia aplikasi, salah satunya bertujuan untuk meningkatkan proteksi terhadap data-data pribadi yang dimiliki user. Maka dari itu, selalu update aplikasi yang Anda miliki di perangkat Anda, agar proteksinya terus diperbarui.

Tidak jarang ketika Anda melakukan update, proses login ulang perlu dilakukan. Hal ini wajar demi menjaga keamanan akun dan informasi yang dimiliki.

4. Lakukan Unlink Device pada Perangkat Lama

Untuk memudahkan transaksi yang dilakukan, tidak sedikit orang yang memilih untuk melakukan link dengan perangkat yang digunakannya. Tapi pada saat perangkat yang digunakan berganti secara permanen, langkah unlink device harus dilakukan demi keamanan data.

Langkah ini, secara sederhana, adalah memutuskan hubungan akun dengan identitas perangkat yang digunakan sehingga perangkat lama tidak dapat mengingat akses yang digunakan dalam akun yang dimiliki.

5. Tidak Login di Perangkat Milik Orang Lain

Memang pada suatu waktu, ketika baterai perangkat sedang habis, mungkin saja skenario ini terjadi. Namun sebisa mungkin, jangan gunakan perangkat orang lain untuk melakukan login akun dompet digital Anda, karena hal ini akan meningkatkan risiko kebocoran data yang muncul.

Selalu gunakan perangkat milik Anda sendiri dengan jaringan yang sudah terjamin keamanannya. Hindari penggunaan jaringan publik terbuka, dan tetap aman dalam melakukan transaksi menggunakan dompet digital.

Laporkan Akun yang Dibobol ke Pihak Terkait

laporkan akun yang dibobol
Sumber: freepik.com

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk melaporkan akun yang dibobol. Mulai dari ke call center pihak perbankan yang akunnya terhubung dengan dompet digital Anda, kemudian menghubungi layanan pengaduan pada perusahaan dompet digital yang digunakan, pelaporan ke pihak berwajib atau kepolisian, serta pelaporan ke OJK atau BI selaku otoritas tertinggi pengelolaan sektor keuangan di Indonesia.

Dua yang disebutkan belakangan akan dibahas lebih lanjut pada bagian berikutnya.

Lapor Pembobolan Dompet Digital ke OJK

  1. Hubungi call center resmi OJK pada 157 di hari kerja (Senin-Jumat pukul 08.00-17.00 WIB)
  2. Mengirim pesan melalui nomor WhatsApp resmi OJK pada 081157157157
  3. Kirim surat pengaduan melalui email ke konsumen@ojk.go.id
  4. Isi formulir pengaduan elektronik di https://kontak157.ojk.go.id/appkpublicportal/Pengaduan
  5. Kirim surat tertulis dengan tujuan:

Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen

Up. Direktorat Pelayanan Konsumen

Menara Radius Prawiro Lt.2

Komplek Perkantoran Bank Indonesia

Jl. MH. Thamrin No. 2

Jakarta Pusat

10530

Adapun beberapa syarat pelaporan ke OJK juga wajib dipenuhi, antara lain sebagai berikut.

  • Melampirkan bukti telah menyampaikan pengaduan pada lembaga jasa keuangan terkait beserta jawabannya.
  • Menyertakan identitas diri atau surat kuasa, bila diwakilkan.
  • Menceritakan kronologis pengaduan.
  • Menyertakan dokumen pendukung pengaduan.
  • Jika data atau dokumen tidak dipenuhi dalam waktu paling lambat 20 hari kerja sejak tanggal pemberitahuan, maka pengaduan dianggap dibatalkan.

Laporkan Akun yang Dibobol ke Pengaduan Konsumen BI

Untuk pengaduan ke BI, caranya adalah sebagai berikut.

  1. Hubungi call center resmi Bank Indonesia Call and Interaction (BICARA) pada 131
  2. Kirim surat elektronik atau email ke bicara@bi.go.id
  3. Datang langsung ke Visitor Center, Gedung B, Lantai Dasar
  4. Isi formulir pengaduan konsumen secara online di situs Bank Indonesia
  5. Kirim surat tertulis dengan tujuan:
  • Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) terdekat dengan domisili Anda
  • Untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi, bisa dikirimkan ke tujuan:

Kantor Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta

Divisi Perlindungan Konsumen Sistem Pembayaran

KPw DKI Learning Center

Jl. Prajurit KKo Usman dan Harun No. 42

RT/RW: 01/05 Senen

Jakarta Pusat

10410

Baca Juga: Apa Tujuan Verifikasi KTP dalam Penggunaan Aplikasi Keuangan Online? Ini Ulasannya 

Langkah untuk melaporkan akun yang dibobol seperti yang dijelaskan di atas merupakan langkah paling tepat yang bisa dilakukan ketika dompet digital Anda dibobol oknum tidak bertanggungjawab. Namun demikian, proteksi aksesnya dapat lebih ditingkatkan dengan menggunakan produk verifikasi terbaik di Indonesia, Verihubs.

Verihubs untuk Keamanan Akses Akun User

Jika Anda merupakan pemilik atau penyedia layanan dompet digital, maka produk Verihubs akan cocok untuk disematkan dalam layanan yang Anda miliki. Kemampuan Verihubs untuk melakukan verifikasi akses benar-benar handal, sehingga prosedurnya mudah tapi tetap memiliki akurasi yang tinggi. Verifikasi dilakukan dengan bantuan teknologi AI dengan mengacu pada database pemerintah yang diakses secara legal, sehingga akurasinya bisa lebih terjamin.

Secara praktis, Biometric Verification yang dimiliki Verihubs akan berberan besar dalam hal ini, juga ID Check dan OCR for ID Card.

Langkah laporkan akun yang dibobol memang akan sangat tepat, namun dapat dicegah jika verifikasi yang dilakukan benar-benar solid. Hubungi layanan pelanggan Verihubs sekarang, dan dapatkan info lengkap produknya!

Artikel Terbaru Kami

ikd digital

Apa Itu IKD Digital? Verifikasi Identitas dengan Mudah!

pemasaran digital

Pemasaran Digital (Digital Marketing): Strategi dan Jenisnya

absensi digital sekolah

Studi Kasus: 4 Peranan Absensi Digital Sekolah dan Contohnya