6 Faktor Penting untuk Memilih Layanan Biometrik yang Tepat

Layanan biometrik

Sebagai sebuah perusahaan, pemilihan partner bisnis di setiap aspek memerlukan pertimbangan yang matang. Satu hal yang wajib mendapat perhatian besar adalah pemilihan pada partner layanan biometrik yang dapat menunjang proses bisnis yang Anda lakukan.

Namun bukankah semua penyedia layanan atau produk biometrik ini sama saja? Produk, nilai, serta layanan yang dihadirkan, semua mengacu pada teknologi yang mampu mendeteksi dan mengenali ciri biometrik seseorang bukan?

Sebenarnya terdapat perbedaan dan keunggulan yang ditawarkan di setiap produk layanan biometrik yang ada di pasar. Maka untuk membantu Anda memperoleh penyedia layanan yang tepat, Anda dapat mencermati lima poin berikut ini sebelum menentukan pilihan.

Baca Juga: Text Extraction dengan Teknologi OCR, Sudahkah Anda Menggunakannya?

1. Urusan Akurasi, Nomor 1

Satu hal utama yang harus selalu dipastikan dalam pemilih layanan biometrik adalah terkait kemampuan akurasi pencocokan yang dimilikinya. Mengingat sejatinya urusan biometrik selalu terkait dengan verifikasi, maka mutlak hukumnya agar produk yang Anda pilih memiliki akurasi tinggi.

Beberapa poin pendukung dalam pemilihan produk terkait akurasinya adalah mengenai rate kesalahan yang mungkin muncul, false acceptance rate atau FAR, kemampuan identifikasi, false reject rate atau FRR, dan beberapa standar biometrik tambahan lainnya.

Baik penggunaan layanan biometrik wajah, sidik jari, suara, atau ciri lain, setiap aspek akurasi di atas wajib selalu menjadi poin pertama pertimbangan yang Anda buat.

2. Kemampuan Anti-Spoofing

Layanan biometrik

Sumber: freepik.com

Pengembangan sistem biometrik yang semakin canggih juga diikuti dengan kemajuan pelaku cybercrime dalam menjalankankan aksinya. Maka poin kedua ketika memilih layanan ini adalah mempertimbangkan kemampuan anti-spoofing yang dimilikinya.

Dengan fitur ini, maka sistem biometrik yang digunakan akan dapat mengenali upaya-upaya spoofing yang dilakukan oknum tidak bertanggungjawab, dan memiliki langkah untuk menghadapinya secara responsif dan tepat.

Lebih lanjut, fitur ini juga memungkinkan proteksi yang diberikan pada akun milik user Anda semakin tinggi. Semakin baik fitur anti-spoofing yang dimiliki sebuah layanan, maka semakin baik pula nilainya dalam pertimbangan yang Anda buat.

3. User Acceptance dari Layanan

User acceptance dapat dikatakan sebagai tonggak utama dari layanan biometrik yang akan Anda gunakan. Layanan biometrik hendaknya dapat ‘mengenali’ pelanggan yang Anda miliki, dan dengan cepat membedakannya dengan citra tiruan yang dimasukkan.

Penggunaan sistem biometrik dengan sidik jari misalnya, belakangan dikaitkan dengan kerentanan yang semakin meningkat karena munculnya banyak teknologi atau perangkat yang dapat menduplikasi ciri biometrik ini.

Sebaliknya penggunaan citra wajah atau profil wajah yang lebih detail dapat membantu menghambat terjadinya duplikasi, sehingga proteksi yang diberikan akan semakin tinggi dan upaya pembobolan akun semakin sulit dilakukan.

Sistem yang canggih dapat membedakan citra wajah tiruan, yang dibuat dengan menggunakan AI atau deepfake, dan citra wajah user yang tidak aktual. Layanan seperti ini mewajibkan user memasukkan gambar wajah yang riil, aktual saat akses atau transaksi akan dilaksanakan.

4. Layanan Biometrik dengan Biaya Masuk Akal

Layanan biometrik

Sumber: freepik.com

Setelah tiga hal utama di atas sudah Anda coba taksir, maka selanjutnya adalah terkait dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk layanan yang diberikan. Jelas, efisiensi biaya tetap akan jadi pertimbangan yang cukup besar, sebab bagaimanapun juga anggaran perusahaan memiliki batasan yang jelas.

Jangan ragu untuk bertanya secara detail pada penyedia layanan biometrik yang tengah Anda hubungi. Cermati setiap paket yang ditawarkan, fitur yang dapat digunakan dalam range harga tertentu, dan apakah ada penawaran spesial yang dapat dimanfaatkan.

Pencarian layanan penyedia produk biometrik terbaik dilakukan namun dengan pertimbangan yang masuk akal. Jangan sampai Anda mengeluarkan biaya terlalu besar dalam rangka mendapatkan layanan biometrik yang terbaik, padahal sejatinya apa yang Anda butuhkan dapat berada biaya yang jauh lebih rendah.

5. Higienitas Penggunaan Layanan

Sangat direkomendasikan untuk menggunakan layanan biometrik dengan proses penggunaan yang touchless. Dalam rangka menjaga higienitas user dan pelanggan yang Anda miliki, fitur ini akan jadi tambahan yang diperlukan.

Misalnya saja pada penggunaan biometrik wajah, maka pastikan operasionalnya menggunakan mesin atau perangkat pemindai tanpa ada sentuhan fisik yang dilakukan. Sistem yang handal mampu mendeteksi dan memetakan profil wajah user dalam jarak tertentu dengan akurasi yang tinggi.

Selain dapat menjamin higienitas operasional, Anda juga dapat membuat pelanggan merasa lebih nyaman. Proses cepat, akurasi tinggi, dan instruksi jelas ketika pengambilan citra, pelanggan dapat melakukan verifikasi dengan cepat tanpa membuang waktu.

6. Fleksibilitas Penerapan

Layanan biometrik

Sumber: freepik.com

Terakhir, adalah mengenai fleksibilitas penerapan. Tidak hanya berorientasi pada onboarding pelanggan yang Anda miliki melalui kanal digital, namun idealnya layanan biometrik juga dapat digunakan untuk berbagai keperluan lain, di setiap lini bisnis yang Anda butuhkan.

Keberagaman industri yang menggunakan sistem ini rasanya tak perlu dijabarkan lagi, mengingat signifikansi yang tinggi dari sistem biometrik telah berhasil membuktikan dirinya sebagai salah satu sistem yang solid.

Baca Juga: Mengenal Apa itu KYC Verification dan Penerapannya dalam Bisnis 

Itu tadi, setidaknya enam faktor yang perlu dipertimbangkan ketika memilih layanan verifikasi handal untuk perusahaan Anda. Tanpa perlu melihat ke lain produk, Verihubs siap menyajikan produk handal dan solid yang dimilikinya untuk bisnis Anda.

Verihubs, Partner Verifikasi Biometrik Handal untuk Bisnis

Verihubs menghadirkan produk Biometric Verification yang dapat Anda gunakan untuk berbagai keperluan di perusahaan Anda. Urusan onboarding, pembagian akses pada file dan fasilitas perusahaan, check-in, presensi, dan lain sebagainya, dapat diintegrasikan dengan baik pada sistem yang kami sediakan. Menjadi salah satu perusahaan penyedia produk dan layanan biometrik handal, Verihubs siap membantu Anda dalam penerapan sistem yang teruji dan akurat. Segera hubungi layanan pelanggan kami, dan dapatkan informasi lengkapnya sekarang juga!

Artikel Terbaru Kami

biometrik inklusif

Biometrik Inklusif: Memperkuat Keamanan Industri Keuangan

Mengenal Apa Itu CFT dalam Melawan Pendanaan Terorisme

modus penipuan terbaru

Waspada! 5 Modus Penipuan Terbaru Salah Satunya dari WA!