Liveness Check API, Solusi Verifikasi User dengan Akurat!

liveness check api

Metode verifikasi dapat digunakan untuk berbagai keperluan, dan diterapkan dalam banyak bentuk. Salah satu metode yang cukup populer adalah liveness check API. Namun demikian tidak sedikit perusahaan yang masih bertanya-tanya mengenai penjelasan lengkap terkait produk ini.

API sendiri adalah singkatan dari application programming interface, yang awam digunakan pada berbagai transaksi yang menghubungkan user dan server.

Baca Juga: 7 Manfaat Aplikasi Identifikasi Wajah dalam Bisnis

Memahami Apa Itu Liveness Check API

liveness check api

Sumber: freepik.com

Liveness check API kemudian menjadi salah satu metode verifikasi yang dapat diterapkan oleh perusahaan untuk produk yang dimilikinya, pada user yang akan menggunakan produk tersebut. Metode ini mengandalkan input data berupa video atau foto wajah dari user, dan dipastikan apakah user memberikan data ini secara langsung dan riil, atau merupakan dokumentasi yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Teknologi ini sendiri terbilang cukup solid dalam melakukan identifikasi citra yang dimasukkan oleh user. Liveness check API dapat mendeteksi ketika data yang dimasukkan user merupakan dokumentasi dan bukan data riil saat itu juga, dan dapat menolak akses yang diminta atau transaksi yang akan dilakukan.

Pada sistem yang lebih canggih, teknologi ini mampu mengeliminasi citra wajah lain yang muncul dalam gambar atau video yang dimasukkan oleh user, sehingga dapat ‘memilih’ citra mana yang akan dipindai dan dianalisis.

Tujuan utama dari penggunaan metode verifikasi ini adalah memastikan user benar-benar hadir di perangkat yang digunakan, untuk menerima arahan dan petunjuk dari regulator untuk proses know your customer atau KYC yang diterapkan perusahaan.

Apa Manfaatnya?

liveness check api

Sumber: freepik.com

Manfaatnya sendiri dapat dirasakan dari dua sisi yang berbeda, dari sisi perusahaan yang Anda miliki, dan dari sisi user yang menggunakan layanan atau produk Anda.

1. Dari sisi Perusahaan

Perusahaan akan memperoleh beberapa manfaat yang cukup besar untuk kelancaran sistem kerjanya.

  • Pertama, memperoleh data valid untuk proses verifikasi yang dilakukan.
  • Kedua, verifikasi dilakukan dengan menggunakan video atau foto dari user yang diambil secara riil dan terkini, sehingga update data terkait ciri biometrik juga dapat terus diperbarui.
  • Ketiga, akurasi data verifikasi akan semakin solid karena data yang dimasukkan bersifat riil dan kualitasnya telah disesuaikan dengan standar tertentu.
  • Keempat, proses pengumpulan data user menjadi lebih cepat, efektif, dan berstandar jelas, sehingga kualitas data yang dimiliki juga akan semakin baik.
  • Kelima, mendapat citra baik dari user karena menyediakan sistem verifikasi yang mudah dan praktis untuk digunakan.

2. Dari sisi User

Dari sisi user, pengalaman yang lebih baik juga akan didapatkan.

  • Pertama, terkait proses verifikasi akan berjalan lebih cepat, praktis, dan mudah, dengan mengikuti petunjuk yang sudah diberikan.
  • Kedua, proses akan berjalan lebih akurat karena data yang dimasukkan benar-benar riil dan aktual.
  • Ketiga, user dapat dengan mudah memastikan data yang dimasukkan sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan sistem, sehingga tidak perlu melakukan input data berkali-kali yang merepotkan.
  • Keempat, verifikasi dilakukan secara cermat dan akurasi tinggi, sehingga upaya pemalsuan dapat dideteksi dengan cepat dan memberikan perlindungan pada akun yang dimiliki user tersebut.

Use Case dalam proses Bisnis secara Riil

liveness check api

Sumber: freepik.com

Penggunaan liveness check API sendiri dapat dilakukan di banyak titik dan keperluan perusahaan. Misalnya saja dalam upaya pencegahan fraud, kemudian penerapan konsep digital KYC, serta customer onboarding.

  • Pencegahan fraud, hal ini dapat dilakukan dengan penerapan liveness check API yang berkualitas, karena dengan kebutuhan input data yang riil, fraud akan sulit dilakukan. Selain harus dilakukan secara riil, sistem yang digunakan juga mampu mendeteksi input data yang tidak valid, sehingga proses fraud yang dilakukan akan berhenti sampai tahap verifikasi ini saja.
  • Digital KYC, karena kini penggunaan teknologi telah semakin maju, maka tak heran jika digital KYC juga sudah sangat mungkin dilakukan. Semua data yang diperlukan dapat dengan mudah diperoleh dengan sistem yang tepat, sehingga Anda dapat mengenali user dengan akurat pula. Didukung dengan proses verifikasi wajah dengan metode ini, kualitas digital KYC yang Anda lakukan juga akan semakin baik.
  • Terakhir adalah terkait dengan customer onboarding. Ketika user baru saja menggunakan produk yang Anda miliki, liveness check API dapat membantu memastikan user benar-benar ada di hadapan perangkat untuk menerima arahan yang diberikan sistem dalam penggunaan produk. Dengan demikian, pengalaman user dalam menggunakan produk akan menjadi lebih baik dan optimal, jadi tak akan banyak menemui masalah di kemudian hari.

Baca Juga: Mekanisme Liveness Check dalam e-KYC yang Perlu Dipahami 

Liveness check API sejatinya merupakan produk yang sangat baik digunakan dalam proses verifikasi untuk user yang Anda miliki. Hanya saja, Anda harus memastikan memilih produk terbaik yang ada di pasar, sehingga output yang dihasilkan juga akan semakin optimal. Untuk menjawab kebutuhan Anda ini, Verihubs kemudian hadir dengan produk Liveness Detection yang dimilikinya. Akurat untuk mengenali wajah user, proses yang berjalan akan mengacu pada detail yang lebih cermat. Produk ini dapat membedakan foto real-time dan representasi palsu, jadi perlindungan akun akan semakin baik. Sistem yang solid dipadukan dengan interface yang user-friendly memastikan proses verifikasi yang Anda lakukan berjalan dengan lancar, akurat, dan efisien. Segera hubungi layanan pelanggan kami sekarang, dan dapatkan informasi seputar produk terbaiknya secara langsung!

Artikel Terbaru Kami

biometrik inklusif

Biometrik Inklusif: Memperkuat Keamanan Industri Keuangan

Mengenal Apa Itu CFT dalam Melawan Pendanaan Terorisme

modus penipuan terbaru

Waspada! 5 Modus Penipuan Terbaru Salah Satunya dari WA!