Optimasi Pengenalan Biometrik dalam Manajemen Antrian

manajemen antrian

Semakin majunya pemanfaatan teknologi biometrik kemudian dapat diaplikasikan ke banyak sekali segmen industri. Salah satu hal yang sebenarnya cukup menarik dibahas adalah optimasinya pada manajemen antrian, sehingga layanan yang diberikan dapat menjadi lebih optimal.

Seperti mungkin Anda ketahui, pelanggan saat ini semakin cerdas dalam memilih produk dan layanan yang akan digunakannya. Kualitas menjadi hal mutlak, namun wajib pula didukung dengan berbagai kemudahan dan kecepatan proses yang disediakan sebuah layanan atau produk.

Ini mengapa, kemudian manajemen antrian yang didukung dengan sistem biometric verification menjadi relevan, dan mulai dilirik para pegiat bisnis untuk aktivitas toko offline yang dimilikinya.

Baca Juga: 7 Fungsi Data Validation dalam Proses Verifikasi Pelanggan

Banyak Berkembang pada Pandemi

manajemen antrian

Sumber: freepik.com

Teknologi touchless untuk mengidentifikasi pelanggan sendiri banyak berkembang pada era pandemi, di mana setiap orang dan perusahaan berupaya sekeras mungkin untuk melakukan adaptasi. Hasilnya, pemindaian ciri biometrik tanpa sentuhan menjadi cara yang paling banyak digunakan.

Pengembangannya semakin diperdalam dengan mengintegrasikan teknologi pemindaian wajah ini dengan prinsip know your customer. Jadi secara praktis, pelanggan yang berada di dalam antrian akan diidentifikasi oleh sistem, dan seketika akan terbuka datanya ketika sudah mendapat giliran untuk maju ke bagian pelayanan.

Hal ini sendiri, meskipun terdengar hanya memberikan manfaat yang tipis, membawa dampak yang luar biasa besar. Pelanggan tidak lagi perlu repot menyetorkan data atau keluhan yang dimilikinya, sebab sistem dalam perusahaan dapat dengan mudah mengenali pelanggan dan keluhan yang sudah diajukan sebelumnya.

Layanan pelanggan semakin efektif dalam melaksanakan perannya, dan personalisasi layanan untuk setiap pelanggan dapat dilakukan. Jelas saja, efisiensi waktu dan tenaga dapat terjadi dengan sistem modern yang diterapkan secara tepat guna ini.

Proteksi Lebih Aman pada Data Pelanggan dan Area Bisnis

manajemen antrian

Sumber: freepik.com

Selanjutnya peran verifikasi biometrik juga besar pada upaya proteksi data pelanggan serta area bisnis yang dimiliki perusahaan. Mengapa demikian?

Pada Data Pelanggan

Data pelanggan merupakan hal rahasia yang harus dilindungi dari upaya pembobolan atau pencurian berbagai pihak yang tidak bertanggung jawab. Verifikasi biometrik dapat membantu hal ini, sebab tanpa pelanggan yang terverifikasi maka data yang diperlukan tidak akan terbuka.

Dengan begini layanan pelanggan Anda hanya perlu memastikan pada sistem bahwa pelanggan yang berada di hadapannya telah terverifikasi, dan merupakan pelanggan yang sah pemilik akun tersebut. Pelayanan dapat dilakukan dengan optimal sesuai keperluan pelanggan, tanpa ada risiko pembobolan akun karena kesalahan identifikasi dari pihak layanan pelanggan atau sistem yang digunakan.

Perlindungan pada Fasilitas Bisnis

Saat verifikasi biometrik yang diterapkan dalam manajemen antrian juga diintegrasikan dengan perangkat CCTV yang tersedia di fasilitas perusahaan, maka identifikasi pada setiap orang yang hadir dalam fasilitas tersebut dapat dilakukan dengan mudah.

Hasilnya, pihak keamanan yang Anda miliki dapat mendeteksi dengan cepat jika terdapat pengunjung yang masuk dalam stop-list yang memiliki risiko keamanan bagi bisnis dan pelanggan Anda. Upaya preventif ini dapat menghindarkan perusahaan dari kerugian yang lebih besar jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Pelayanan yang Lebih Baik untuk Pelanggan

manajemen antrian

Sumber: freepik.com

Pada dasarnya manajemen antrian diterapkan agar pelanggan yang hadir di fasilitas milik perusahaan dapat mengoptimalkan waktu yang dimilikinya. Alih-alih menghabiskan waktu berharga untuk mengantri dan masih harus menyetorkan berbagai data yang diperlukan, penggunaan pengenalan biometrik dapat memberikan pelayanan yang jauh lebih baik.

Secara sinergis, sistem dapat mengetahui apa yang kira-kira menjadi masalah yang dihadapi oleh pelanggan tersebut, melalui pemindaian akun atau laporan yang lebih dahulu diajukan oleh pelanggan. Dengan demikian sistem akan memahami apa masalah pelanggan, dan pihak CS dapat memberikan bantuan yang diperlukan.

Pelanggan yang telah diidentifikasi dan diverifikasi identitasnya ini hanya tinggal menunggu antrian cepat yang ada, melakukan verifikasi keluhan dan identitas, kemudian keluhan tersebut dapat diproses sesuai prosedur.

Waktu yang dibutuhkan pelanggan tidak lagi akan terlalu lama, sebab semua masalah sudah diketahui oleh sistem dan pelanggan hanya tinggal melakukan konfirmasi saja.

Sangat praktis bukan?

Dengan demikian, kepuasan pelanggan dapat terus ditingkatkan dengan layanan on-site yang lebih baik dari waktu ke waktu. Pengalaman baik ini akan menjadi materi pemasaran yang efektif untuk pasar Anda, sebab testimoni yang datang akan benar-benar baik dari pelanggan Anda.

Baca Juga: 5 Fungsi Machine Learning dalam Verifikasi Data Biometrik 

Secara mendasar, manajemen antrian akan sangat efektif ketika diintegrasikan dengan teknologi verifikasi biometrik yang canggih. Jelas dengan catatan bahwa sistem pengenalan biometrik yang Anda gunakan juga telah memiliki standar tinggi dan kualitas yang terjamin, seperti yang disediakan oleh Verihubs.

Verihubs dengan Produk Biometric Verification

Verihubs kemudian hadir dengan produk BIometric Verification yang dimilikinya, untuk menjadi solusi urusan optimasi manajemen antrian dalam perusahaan Anda. Mudah diintegrasikan dengan berbagai sistem lain, Biometric Verification yang disediakan Verihubs ini memiliki akurasi tinggi sebab dalam prosesnya dibantu dengan teknologi AI. Pencocokan berjalan dengan cepat tanpa mengesampingkan ketepatan, sehingga dapat menghadirkan layanan terbaik untuk pelanggan yang Anda miliki. Segera gunakan Verihubs di perusahaan Anda, dan hubungi layanan pelanggan kami sekarang juga untuk informasi lebih lanjutnya!

Artikel Terbaru Kami

insurance fraud

Mengenal Apa Itu Insurance Fraud dan Cara Mencegahnya

10 Perkembangan Teknologi Asuransi Beserta Pemanfaatannya

ikd digital

Apa Itu IKD Digital? Verifikasi Identitas dengan Mudah!