7 Fungsi Data Validation dalam Proses Verifikasi Pelanggan

data validation

Sebetulnya, kenapa setiap bisnis perlu melakukan validasi data pelanggan? Secara umum, tujuan melakukan data validation adalah memastikan kebenaran data yang dimasukkan dengan data yang telah dimiliki atau terdokumentasi sebelumnya. Pencocokan data ini akan dilakukan oleh sistem untuk menganalisa kesamaan dari data yang dimasukkan dan data yang dimiliki, sehingga bisa dikonfirmasi kebenaran identitas pihak yang bersangkutan.

Data validation adalah sebuah upaya untuk memastikan kebenaran data yang dimasukkan ke dalam sistem untuk kebutuhan akses atau transaksi, dengan membandingkannya pada database yang sudah dimiliki atau yang tersedia.

Pada saat data yang masuk dipastikan sudah valid, maka bisa diasumsikan bahwa transaksi atau akses yang diminta benar-benar berasal dari pengguna asli, dan bukan dari pihak lain yang mencoba melakukan pembobolan akun atau akses ilegal.

Setiap Bisnis Perlu Melakukan Validasi Data Pelanggan

data validation
Sumber: Freepik

Pada bisnis yang bergerak di bidang fintech misalnya, data validation adalah hal yang sangat krusial. Bagaimana tidak, industri fintech ini bergerak secara langsung di bidang keuangan digital, dan transaksi yang melibatkan berbagai informasi sensitif. Terlebih saat layanan yang diberikan bisa dihubungkan dengan rekening bank atau akun lain yang berharga dan sifatnya rahasia guna mendukung penggunaan layanan yang tersedia. Itu artinya, risiko keamanan data yang besar akan muncul jika dalam setiap prosesnya tidak dilakukan data validation.

Dengan melakukan data validation, maka keamanan akses bisa ditingkatkan secara optimal sehingga penyalahgunaan data juga bisa ditekan. Risiko munculnya cyber crime juga akan menurun, karena validasi hanya bisa dilakukan dengan data asli yang telah terdokumentasi sebelumnya.

Ada berbagai metode validasi yang dapat digunakan dalam berbagai bidang bisnis, termasuk layanan keuangan digital atau fintech. Dalam melakukan validasi, data yang bisa diandalkan bisa berupa nomor telepon pengguna, informasi di dalam kartu identitas seperti KTP yang bisa dipindai dan diekstrak, hingga pengenalan wajah secara langsung dengan metode deteksi yang ditentukan.

Baca juga: 3 Alasan Utama Kenapa Validasi Data Pelanggan Diperlukan

Fungsi Data Validation pada Bisnis Anda

data validation
Sumber: Freepik

Data validation memegang peranan penting dalam proses verifikasi di berbagai bidang bisnis. Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh jika bisnis Anda menerapkan validasi data pelanggan. Berikut ini adalah beberapa fungsi data validation yang perlu Anda pahami:

1. Data Validation Berguna untuk Mengurangi Risiko Kecurangan

Data validation bisa membantu bisnis Anda untuk mencegah dan meminimalisir kecurangan dalam proses transaksi. Misalnya, Anda bisa menggunakan sistem pengenalan wajah atau sidik jari supaya dapat memastikan bahwa orang yang mengajukan transaksi benar-benar sesuai dengan KTP yang dimilikinya. 

2. Untuk Meminimalisir Pencurian Data

Validasi data akan membantu mengurangi risiko pencurian data dengan cara memastikan hanya pelanggan yang sudah terdaftar dengan KTP saja yang dapat mengakses layanan atau sistem yang tersedia. Dengan begitu, risiko pencurian data oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab bisa diminimalisir.

3. Untuk Mencegah Duplikasi Akun

Fungsi lain dari data validation adalah dapat membantu Anda dalam mencegah duplikasi akun. Dengan meminta calon pelanggan untuk memverifikasi identitas KTP mereka, maka akan membantu menjamin bahwa setiap orang hanya memiliki satu akun, sehingga bisa mencegah terjadinya duplikasi akun.

Selain itu, validasi data juga dapat membantu meningkatkan keamanan dan kepercayaan pelanggan terhadap sistem atau layanan yang tersedia. Pelanggan yang merasa yakin bahwa sistem atau layanan tersebut aman dan terpercaya, tentunya akan lebih merasa nyaman untuk menggunakannya.

4. Data Validation Mampu Meningkatkan Keamanan Bertransaksi

Data validation yang akurat juga akan membantu bisnis Anda dalam meningkatkan keamanan bertransaksi. Penerapan validasi identitas seperti KTP dalam bisnis akan menghilangkan kecurangan, jadi keamanan transaksi akan semakin meningkat. Selain itu, bisnis Anda juga dapat mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya penipuan atau pemalsuan identitas pelanggan.

5. Peningkatan Efisiensi Bisnis

Teknologi data validation yang canggih akan membantu bisnis Anda dalam meningkatkan efisiensi proses transaksi. Dengan menggunakan sistem pengenalan wajah atau sidik jari misalnya, bisnis Anda dapat memverifikasi KTP pelanggan dengan cepat dan akurat, sehingga proses transaksi akan berlangsung secara lebih cepat dan efisien.

6. Peningkatan Kepercayaan Pelanggan

Validasi data pelanggan yang baik dan benar juga bisa membantu bisnis Anda dalam menciptakan dan meningkatkan kepercayaan pelanggan. Para pelanggan yang merasa percaya pada proses validasi data yang dilakukan oleh bisnis Anda, mereka akan merasa lebih nyaman dan percaya dalam berbelanja dan melakukan transaksi dengan bisnis Anda.

7. Peningkatan Keuntungan Bisnis

Fungsi yang berikutnya adalah data validation yang akurat dan efisien juga akan membantu bisnis Anda dalam meningkatkan keuntungan. Dengan mengurangi risiko transaksi yang tidak sah dan menciptakan kepercayaan pelanggan, bisnis Anda akan mampu meningkatkan jumlah transaksi yang dilakukan, sehingga meningkatkan keuntungan yang diperoleh secara keseluruhan.

Baca juga: 7 Fungsi Validasi KTP bagi Bisnis dan Langkah-langkahnya

Verihubs hadir sebagai solusi data validation yang bisa Anda andalkan untuk bisnis Anda. Dengan berbagai fitur yang tersedia dan didukung oleh teknologi AI dalam melakukan pencocokan data, tentu saja Verihubs bisa jadi partner terbaik untuk bisnis Anda.

Salah satu fitur utama yang bisa Anda gunakan untuk mendukung proses data validation dari pelanggan yang Anda miliki adalah Identity Verification yang terdiri dari OCR for ID Card yang memudahkan pelanggan dalam proses input data KTP dengan pemindaian langsung, dan ID Check untuk memvalidasi data yang sudah terbaca dari KTP tadi.

Daripada semakin penasaran, langsung saja hubungi kontak layanan pelanggan Verihubs, dan pilih produk Verihubs untuk menunjang proses validasi data pelanggan pada bisnis Anda.

Artikel Terbaru Kami

biometrik inklusif

Biometrik Inklusif: Memperkuat Keamanan Industri Keuangan

Mengenal Apa Itu CFT dalam Melawan Pendanaan Terorisme

modus penipuan terbaru

Waspada! 5 Modus Penipuan Terbaru Salah Satunya dari WA!