Memahami Cara Kerja dan 5 Kelebihan Missed Call Verification

missed call verification

Jika melihat cara dan metode yang digunakan untuk proses verifikasi di era kekinian, maka Anda paham benar betapa banyak opsi yang dapat digunakan. Dari sekian banyak metode tersebut, missed call verification adalah salah satu metode yang digunakan oleh banyak perusahaan dan layanan guna melaksanakan urusan tersebut.

Namun apa yang dimaksud dengan flash call verification ini? Bagaimana pula cara kerja, dan apa keunggulan yang ditawarkan metode ini daripada metode verifikasi lain yang tersedia?

Untuk Anda pengelola bisnis dan layanan yang membutuhkan verifikasi pada user Anda, maka artikel ini akan tepat menjadi referensi untuk memahami metode verifikasi ini.

Baca Juga: Customer Onboarding Process, 9 Manfaatnya untuk Bisnis Anda

Mengenal Missed Call Verification

missed call verification
Sumber: freepik.com

Missed call verification, atau juga dikenal dengan sebutan lain flash call verification, merupakan metode yang digunakan oleh sistem layanan guna memverifikasi pelanggan melalui OTP yang diberikan sistem.

Panggilan ini tidak perlu diangkat, seperti namanya, hanya perlu diterima dan ditunggu beberapa saat saja. Fungsi utama dari metode ini adalah memverifikasi nomor telepon pelanggan yang dimasukkan ke dalam formulir, sehingga sistem dapat memastikan bahwa nomor telepon tersebut benar benar digunakan oleh pelanggan untuk melakukan transaksi, baik berupa pendaftaran atau upaya login.

Panggilan cepat ini hanya akan dilakukan pada nomor yang dimasukkan oleh pelanggan saja, dengan asumsi kontak tersebut berada dalam genggaman milik pelanggan sehingga kode OTP yang diberikan dapat segera dimasukkan.

Lalu Bagaimana Cara Kerja Metode Ini?

missed call verification
Sumber: freepik.com

Untuk memahami cara kerja dari metode verifikasi ini Anda dapat menyimak beberapa tahapan berikut. Tahapan ini dilakukan secara ideal pada berbagai produk dan layanan missed call verification, namun mungkin saja memiliki perbedaan di satu atau beberapa prosesnya.

  • Ketika user mencoba untuk mendaftarkan diri atau login ke situs atau aplikasi, user akan diminta memasukkan nomor telepon. Nomor ini kemudian diterima oleh sistem, dan dikirimkan ke sistem flash call.
  • Sistem flash call kemudian akan menghasilkan serangkaian kode OTP dan meneruskannya ke bagian backend dengan menggunakan API.
  • Pada waktu yang sama, sistem akan melakukan panggilan cepat ke nomor yang dimasukkan oleh user guna mengirimkan kode OTP yang dihasilkan tadi. Panggilan ini hanya berlangsung beberapa detik saja.
  • Proses otentikasi berjalan dengan baik jika perangkat yang digunakan user dapat memasukkan kode OTP yang dikirimkan melalui missed call verification ini. Sistem dapat mendeteksi kecocokan kode OTP yang dimasukkan user, baik secara otomatis atau manual, dengan kode yang diproduksi beberapa saat sebelumnya.

Bukan proses yang sulit dipahami, dan proses ini berlangsung dalam hitungan detik saja tanpa mengurangi akurasi verifikasi yang dilakukan. Dengan proses yang cepat user akan merasa nyaman dan urusan yang mereka miliki dapat terselesaikan dengan cepat dan tepat.

5 Keunggulan yang Ditawarkan Missed Call Verification

missed call verification
Sumber: freepik.com

Penggunaan metode ini tentu menawarkan banyak keunggulan jika dibandingkan dengan metode lain. Ini mengapa, penggunanya memutuskan memilih metode ini untuk melakukan verifikasi. Sekali lagi, semua disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dan layanan yang Anda kelola.

1. Memiliki Biaya yang Rendah

Pertama terkait dengan biaya. Missed call verification cenderung membutuhkan biaya yang tidak tinggi. Biaya yang dikeluarkan bahkan hingga 8 kali lebih rendah daripada penggunaan SMS untuk urusan verifikasi ini.

Besarnya biaya verifikasi SMS juga dapat membengkak ketika pesan OTP atau verifikasi yang disampaikan mengalami delay atau penundaan karena masalah perangkat atau jaringan. Proses verifikasi harus diulang, dan tidak efektif dari segi biaya atau waktu.

2. Kemudahan dan Proses yang Tidak Mengganggu

Dikatakan demikian sebab verifikasi ini hanya membutuhkan jaringan seluler untuk dilakukan. Opsi yang menarik untuk user yang berada di area dengan jaringan internet kurang stabil dan masalah roaming pada perangkatnya.

User juga tidak perlu memasukkan kode OTP secara manual dan tidak perlu takut melewatkan kode OTP. Sebab ketika metode ini digunakan, kode OTP akan secara otomatis masuk ke kolom yang dibutuhkan pada proses login atau sign up.

Panggilan yang dilakukan tidak akan mengganggu user sebab tidak perlu diangkat, tidak berlangsung lama, dan terdaftar sebagai missed call pada perangkat yang digunakan.

Praktis bukan?

3. Kecepatan Proses

Missed call verification hanya perlu waktu sekitar 5 hingga 10 detik untuk memproduksi kode OTP, dan melakukan panggilan verifikasi. Ditambah beberapa detik proses input otomatis kode OTP, proses verifikasi akan selesai dalam hitungan detik saja.

4. Jaminan Keamanan

Keunggulan selanjutnya adalah  bahwa metode ini menawarkan keamanan yang lebih terjamin. Sistem atau layanan panggilan cepat yang digunakan jelas telah terverifikasi, dan menjamin keamanan data pengguna yang menggunakan jasa atau layanannya.

5. Integrasi API yang Cepat

Untuk proses integrasi dengan API yang perusahaan Anda gunakan, waktu yang diperlukan tidak banyak. Integrasi akan berjalan dengan cepat, akurat, dan efektif, sehingga dapat lekas digunakan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga: 5 Manfaat eKYC untuk Bisnis Sektor Keuangan 

Missed call verification yang mulai populer digunakan karena terbilang menawarkan banyak keunggulan ini menjadi populer untuk banyak jenis perusahaan. Membaca kebutuhan ini, Verihubs kemudian turut menawarkan produk Flash Call Verihubs, yang dapat menjalankan fungsi tersebut.

Flash Call dari Verihubs, Cepat, Akurat, Efektif

Dengan semua kelebihan yang disebutkan di atas, Flash Call dari Verihubs dapat mengeksekusi urusan verifikasi user dengan cepat dan akurat. Menggunakan basis sistem yang solid dan integrasi yang mudah dengan sistem yang Anda miliki, produk ini akan jadi andalan untuk keperluan bisnis yang Anda miliki. Metode missed call verification yang ditawarkan Verihubs ini akan jadi opsi menarik untuk bisnis Anda. Segera hubungi layanan pelanggan kami, dan dapatkan informasi lengkapnya sekarang juga!

Artikel Terbaru Kami

watchlist screening

Watchlist Screening: Solusi Identifikasi Pelanggan Anda!

income check

Income Check: Verifikasi Data & Gaji Secara Akurat!

bisnis pencucian uang

Hindari! Contoh Bisnis Pencucian Uang dengan Risiko Besar