Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

5 Manfaat eKYC untuk Bisnis Sektor Keuangan

ekyc

Industri keuangan menjadi salah satu industri yang perkembangannya sangat pesat dalam beberapa dekade belakangan ini. Tidak hanya perbankan, banyak sektor lain yang juga berkembang dan memberikan banyak kemudahan untuk publik. Sektor bisnis ini kemudian menerapkan eKYC pada layanannya, sebagai langkah ideal yang digunakan untuk meningkatkan keamanan sistem.

Namun demikian masih cukup banyak yang salah kaprah terkait apa itu eKYC. Maka dari itu, mari kita bedah dalam artikel ini, agar pemahaman lebih baik dapat diperoleh. Dengan demikian bisnis yang dikelola menjadi semakin efektif, aman, namun tetap nyaman digunakan untuk semua orang.

Baca Juga: Dasar Hukum dan Prinsip Know Your Customer dalam Bisnis

Mengenal Apa Itu eKYC

ekyc
Sumber: freepik.com

eKYC sebenarnya adalah konsep lanjutan dari KYC atau know your customer. Model ini digunakan untuk mengetahui identitas pelanggan atau user, dan melakukan pengawasan aktivitas transaksi yang dilakukan.

Electronic know your customer kemudian diterapkan secara online, untuk melakukan autentikasi pengguna dengan cara memverifikasi keabsahan identitas yang dimiliki user secara digital. Jadi tidak lagi secara langsung datang ke counter dan menyerahkan berkas, namun cukup mengunggah data tertentu yang diminta oleh sistem yang Anda kelola.

Layanan ini menjadi hal yang wajar digunakan di industri keuangan, utamanya pada tahap pembuatan dan pendaftaran akun ke layanan keuangan yang tersedia. Caranya cukup sederhana, dengan mengunggah foto dokumen identitas yang diminta, dapat berupa KTP, NPWP, atau identitas lain, untuk kemudian dicek oleh layanan keuangan yang tersedia dan diverifikasi.

Cukup mudah dipahami bukan?

Intinya adalah proses yang dilakukan untuk ‘mengenal’ user yang menggunakan layanan Anda, secara detail guna memastikan keabsahan data yang disetorkan pada layanan dan menghindari tindak penipuan atau fraud.

Bagian Kedua, Manfaatnya untuk Bisnis dan Layanan Keuangan yang Anda Miliki

ekyc
Sumber: freepik.com

Ada beberapa manfaat mendasar yang dapat dirasakan oleh layanan dan bisnis Anda saat menggunakan eKYC di dalamnya.

1. Meminimalisir Risiko Kejahatan

eKYC memungkinkan Anda ‘mengenal’ user yang baru mendaftar, dan melakukan pengecekan pada database yang terhubung dengan bisnis Anda. Dengan demikian, Anda bisa secara mudah mendeteksi apakah user baru ini memiliki catatan kriminal atau fraud yang menempel pada identitasnya.

Sistem dapat memberikan peringatan ketika terdapat catatan kriminal atau fraud, untuk kemudian ditindaklanjuti dengan keputusan yang harus diambil. Mengutamakan kepuasan pelanggan memang hal utama, namun pastikan Anda juga meminimalisir risiko fraud atau kejahatan yang dapat mengancam bisnis Anda.

2. Meningkatkan Efisiensi dan Layanan

Teknologi ini akan banyak dibantu operasionalnya dengan menggunakan AI. Pengenalan wajah yang dilakukan akan lebih cepat, sama halnya dengan pengecekan di database. Otomatis, hal ini akan meningkatkan efisiensi operasional dan layanan yang Anda sediakan.

User baru bisa melakukan pendaftaran dan verifikasi identitas dalam hitungan detik, sehingga mereka dapat segera menggunakan layanan yang Anda sediakan. Pengenalan user dan pendataannya dapat dilakukan dengan cepat, yang mana hal ini juga membuat pelanggan lebih nyaman.

3. Memudahkan User dalam Mengakses Layanan

Proses know your customer awalnya dilakukan secara langsung, dan memerlukan user datang membawa berkas. Namun kini dengan keberadaan eKYC ini, user hanya perlu menginstal aplikasi kemudian melakukan pendaftaran secara langsung di aplikasi tersebut.

Tentu ini akan sangat memudahkan user, dan di waktu yang sama memudahkan produk Anda untuk tersebar semakin luas sebab tidak memerlukan proses sulit untuk mengumpulkan data pelanggan.

4. Menjadi Bentuk Inovasi Layanan Keuangan

Karena bisnis dan industri keuangan selalu bersinggungan dengan data sensitif dari user, maka menggunakan eKYC yang solid ini juga dapat menjadi suatu bentuk inovasi dari sektor bisnis tersebut. Bagaimana tidak? Proses yang awalnya dilakukan secara langsung dan memerlukan waktu lama kini menjadi semakin praktis dan mudah.

Layanan perbankan misalnya, akan lebih mudah menjangkau masyarakat di pelosok yang mungkin belum memiliki akses pada industri tersebut.

5. Pengumpulan Data Pelanggan yang Cepat, Praktis, dan Akurat

Salah satu manfaat paling nyata dari teknologi ini adalah kemudahan dalam mengumpulkan data pelanggan yang akan menggunakan layanan Anda. Semua proses dilakukan secara online, dengan cara yang cenderung mudah.

Bayangkan saja Anda dapat memperoleh pelanggan atau user baru hanya dengan meminta user memasukkan data berupa foto kartu identitas dan foto wajah. Proses eKYC berjalan dan verifikasi terjadi, dan Anda telah memiliki pelanggan baru dengan data yang lengkap. Praktis bukan?

Soroti Keunggulan Utama dari Teknologi Ini

ekyc
Sumber: freepik.com

Know your customer menjadi salah satu metode yang wajib diterapkan pada industri keuangan, demi kenyamanan dan keamanan bersama. Proses yang kemudian dimutakhirkan dengan cara online ini tentu memiliki keunggulan utama pada sisi kemudahan.

User tak lagi perlu mendatangi kantor layanan dengan membawa sederet berkas dan pengecekan perlahan. Semua dapat dilakukan dengan pemindaian kartu identitas, pencocokan dengan wajah, dan verifikasi ke database utama yang terhubung dengan sistem. Jelas, keunggulan dari metode ini adalah bahwa semua telah dioptimasi menggunakan teknologi AI dan bantuan jaringan internet.

Baca Juga:  Penting! Penerapan KYC Identity Verification bagi Perusahaan

Proses ini dapat dijalankan dengan efisien jika Anda menggunakan produk verifikasi yang solid dan handal. Adalah Verihubs, yang menyediakan berbagai produk verifikasi handal yang dapat membantu bisnis Anda mendapatkan setiap manfaat eKYC dengan optimal.

Verihubs  dengan Berbagai Produk Verifikasinya

Verihubs merupakan perusahaan yang hadir membawa solusi untuk keperluan verifikasi pelanggan yang Anda miliki. Mulai dari Phone Number Verification, Identity Verification, Biometric Verification, semua dapat digunakan untuk mengoptimalkan proses eKYC yang Anda butuhkan. Anda bisa dengan mudah menghubungi layanan pelanggan kami, dan memperoleh setiap informasi lengkap untuk produk yang kami miliki sekarang juga!