Mengenal Cara Kerja OCR API dan Use Case-nya dalam Industri

ocr api

Apakah Anda ingin memudahkan pelanggan dalam memasukkan data terkait berkas yang dimilikinya ke sistem yang digunakan? Jika jawaban Anda adalah ya, maka penggunaan OCR API akan jadi solusi dari keinginan Anda dalam menyediakan layanan kemudahan tersebut.

Secara praktis, API adalah application programing interface, yang dapat membantu menghubungkan satu aplikasi dengan aplikasi lainnya menggunakan sistem yang solid. OCR, di sisi lain, adalah optical character recognition yang dapat membantu sistem ‘membaca’ dan ‘mengenali’ teks yang ada pada citra yang dimasukkan.

OCR API kemudian adalah sebuah sistem yang dapat membantu user yang Anda miliki dalam mengubah gambar ke bentuk teks, dan melanjutkannya ke aplikasi lain guna penyelesaian proses yang dilakukan user.

Baca Juga: 5 Manfaat eKYC untuk Bisnis Sektor Keuangan

Bagaimana Cara Kerja Detailnya?

ocr api
Sumber: freepik.com

OCR API pada dasarnya memadukan dua teknologi berbeda antara OCR dan API. Keduanya kemudian bekerja secara berkesinambungan, guna memberikan interface dan proses yang lebih mudah untuk user yang Anda miliki.

  • Pertama, sistem akan menyediakan interface untuk menyambut user dengan beberapa grafis dan kolom yang harus diisi sesuai dengan data yang diperlukan
  • Kemudian sistem akan meminta user untuk memasukkan data yang diperlukan, dengan metode yang telah ditentukan, dalam hal ini menggunakan teknologi OCR
  • User akan diminta memasukkan citra kartu identitas, atau berkas lain yang mungkin diperlukan, dengan memegangnya mengarah ke perangkat pemindai atau perangkat kamera
  • Dalam waktu singkat, data yang ada di dalam berkas akan diesktrak oleh sistem, dan dimasukkan ke kolom yang tersedia
  • User dapat meneliti data ini terlebih dahulu sebelum dikonfirmasi, dan sistem melanjutkan ke proses berikutnya
  • Jika dikonfirmasi, data otomatis akan dimasukkan ke dalam sistem untuk dicek validitasnya
  • Setelah selesai dan data sesuai, maka sistem akan bekerja mengolah data tersebut sesuai keperluan yang dimiliki. Bisa dalam bentuk permintaan akses, permintaan transaksi, pendaftaran, dan lain sebagainya
  • Sistem dapat mengenali proses yang berjalan dengan API yang telah disematkan, dan user hanya tinggal menunggu proses tersebut berjalan secara otomatis dengan melakukan konfirmasi pada data atau informasi dan proses yang tengah dilaksanakan
  • Proses selesai, user dapat mulai menggunakan layanan atau melakukan transaksi yang dikehendakinya

Meski mungkin berbeda antara satu OCR API dengan yang lain, namun secara garis besar kerangka kerja yang digunakan adalah yang disebutkan di atas. Perbedaan mungkin terletak pada grafis, proses yang berjalan, atau hal lainnya yang tidak secara fundamental berpengaruh pada urusan administrasi proses.

Use Case OCR API untuk Berbagai Jenis Industri

ocr api
Sumber: freepik.com

Banyak industri yang sebenarnya sudah menggunakan OCR API dalam prosesnya. Mulai dari industri perbankan, industri asuransi, industri kesehatan, industri makanan dan minuman, industri pariwisata, hingga industri fintech yang saat ini tengah berada di puncak kejayaan.

Beberapa contohnya bisa Anda lihat dalam poin singkat berikut ini.

Industri Asuransi

Ketika dibutuhkan, klaim atas asuransi yang dimiliki idealnya dapat dilakukan dengan secepatnya. Penggunaan OCR API dalam industri ini sangat membantu mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk klaim asuransi, terkait dengan input data user dan produk asuransi yang dimilikinya.

Dengan cepatnya waktu klaim ini, layanan akan diberikan dengan memuaskan. Kepuasan pelanggan yang meningkat akan meningkatkan pula kepercayaan pada layanan dan perusahaan yang dimiliki, semua berkat dukungan kemudahan dari input data dengan OCR yang digunakan.

Industri Makanan dan Minuman

Industri ini wajib memiliki pengawasan ketat dari bagian hulu hingga ke hilir. Optimasi OCR API dalam industri ini dilakukan untuk membuat produsen dapat melacak proses dan setiap tahapan pembuatan makan dan minuman, hingga ke pengemasan akhir.

Memang tidak berorientasi pada kepuasan pelanggan atau user akhir, namun penerapannya dapat meningkatkan kualitas layanan dan produk secara internal perusahaan, yang bermuara pada kualitas produk yang lebih terjamin untuk end user.

Industri Fintech

Kemudahan dengan penggunaan OCR API pada industri ini juga menjadi salah satu hal krusial demi kenyamanan dan kepuasan pelanggan. Proses pendaftaran dan onboarding dapat dilakukan dengan mudah, karena user hanya tinggal memindai kartu identitas yang dimilikinya untuk memasukkan berbagai data yang diperlukan.

Proses singkat yang terjadi dalam mengolah data yang didapatkan ini akan membantu user dapat menggunakan layanan lebih cepat, sehingga masalahnya juga terselesaikan dengan lebih mudah.

Baca Juga: 5 Tips Meningkatkan Customer Satisfaction, Coba Sekarang! 

Jelas, semua benefit di atas, yang bisa dirasakan pada setiap industri, dapat diperoleh jika Anda memilih produk OCR API yang tepat untuk bisnis Anda. Maka dari itu, kami hadir untuk memenuhi kebutuhan Anda akan produk seperti ini.

Verihubs, menjadi salah satu perusahaan yang fokus pada bidang verifikasi dengan berbagai produk yang ditawarkannya. Mulai dari verifikasi biometrik, verifikasi identitas, hingga fitur OCR yang tersedia dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Verihubs paham benar jika OCR API menjadi kebutuhan mendasar banyak industri di berbagai tahapan. Maka dari itu, sistem yang dimiliki Verihubs didesain sedemikian rupa agar dapat segera digunakan, dan dengan mudah terintegrasi dengan sistem yang Anda miliki. Segera hubungi layanan pelanggan kami untuk informasi lengkapnya, dan pastikan Anda memilih produk tepat dari Verihubs!

Artikel Terbaru Kami

ikd digital

Apa Itu IKD Digital? Verifikasi Identitas dengan Mudah!

pemasaran digital

Pemasaran Digital (Digital Marketing): Strategi dan Jenisnya

absensi digital sekolah

Studi Kasus: 4 Peranan Absensi Digital Sekolah dan Contohnya