Apa Keunggulan OCR untuk KTP? Temukan Jawabannya di Sini!

ocr ktp

OCR (Optical Character Recognition) adalah sebuah teknologi yang mampu memindai dan mengenali karakter seperti angka, huruf, dan tanda baca dari dokumen cetak atau tulis. Kemudian mengubahnya menjadi versi digital yang lebih mudah dikenali dan dibaca oleh komputer dan software lainnya, untuk tujuan penyalinan yang lebih mudah dan cepat. Teknologi OCR ini selain digunakan untuk memindai segala macam dokumen, juga diandalkan untuk pemindaian KTP maupun kartu identitas lainnya.

Lantas, mengapa teknologi OCR KTP penting?

Sebagian besar alur kerja bisnis dulu melibatkan penerimaan informasi dari media cetak, sehingga formulir kertas dan dokumen seperti KTP seolah menjadi bagian tidak terpisahkan dari proses bisnis. Dokumen milik pelanggan dalam jumlah yang besar yang terhimpun oleh perusahaan tentunya membutuhkan banyak waktu dan ruang agar dapat disimpan dan dikelola. Oleh karena itu, diperlukan suatu cara untuk menghindari perusahaan dari situasi tersebut sekaligus memberi kepraktisan kepada pelanggan dalam menerima layanan. Salah satu jawabannya adalah pemanfaatan OCR dalam proses identifikasi dan verifikasi pelanggan.

Keunggulan Teknologi OCR KTP bagi Bisnis

ocr ktp
Sumber: Freepik

OCR adalah suatu machine learning-based yang digunakan untuk mengekstrak informasi yang terdapat pada KTP, mengotomatiskan input data pribadi, dan termasuk pengambilan foto identitas untuk proses pencocokan. Oleh karena itu, OCR mampu mengidentifikasi teks dalam gambar digital menjadi teks, di mana fitur ini akan memudahkan karena tidak perlu lagi dilakukan pengetikan atau pengisian data secara manual. OCR juga dapat menurunkan risiko kesalah informasi.

Teknologi OCR mampu memecahkan masalah dengan mengkonversi citra teks menjadi data teks yang dapat dianalisis oleh perangkat lunak yang digunakan dan diolah untuk kecepatan verifikasi pelanggan bisnis Anda. Kemudian, Anda dapat menggunakan data tersebut untuk melakukan analitik, menyederhanakan operasi, mengotomatiskan proses, dan meningkatkan produktivitas.

Baca juga: 3 Alasan Liveness Identification Diperlukan dalam Bisnis

Bagaimana Cara Kerja OCR pada KTP?

ocr ktp
Sumber: Freepik

Teknologi OCR telah dikembangkan untuk mengubah gambar dan teks menjadi data digital yang bisa dibaca oleh mesin menggunakan machine learning. Software OCR akan memindai gambar atau foto, lalu mengenali karakter dan simbol dalam dokumen dan dilatih dalam beberapa bahasa untuk menafsirkan data serta dokumen yang dipindai.

Lantas, apa fungsi OCR KTP dan bagaimana cara kerja OCR dalam proses pemindaian KTP? Fungsi OCR KTP adalah untuk memindai kemudian menghasilkan data berupa karakter dari sebuah objek untuk memudahkan para pengguna. Sebagai contoh, menulis data yang ada pada KTP akan memakan waktu, sehingga sebuah software OCR tentunya dapat mempermudah hanya dengan memindai menggunakan menggunakan lensa kamera ponsel saja.

Begitu pula dengan gambar yang memiliki karakter yang ada di device baik ponsel maupun komputer, maka akan dengan mudah bisa di convert ke text menggunakan aplikasi atau software OCR yang ada di komputer. Bahkan, sejumlah aplikasi atau software OCR juga bisa convert objek foto atau image menjadi text dan di convert ke document office baik doc atau pdf.

Baca juga: Cek Data Dukcapil untuk Bisnis dengan Produk dari Verihubs

Saatnya Mengandalkan OCR for ID Card dari Verihubs!

Teknologi OCR for ID Card yang ditawarkan oleh Verihubs secara otomatis akan mengekstrak data pada KTP menjadi data digital. OCR KTP ini juga mampu memilah secara tepat data foto, nama, alamat, hingga nomor RT/RW atau semacamnya. Dari data digital yang didapatkan, maka akan memudahkan Anda atau para Software Integrator/Developer dalam menggunakannya untuk berbagai kebutuhannya.

Apa Saja Keunggulan OCR for ID Card Verihubs?

Verihubs akan menjadi solusi paling tepat atas kebutuhan perusahaan yang membutuhkan fitur OCR KTP dalam sistem keamanan dan pengumpulan informasinya. Beberapa keunggulan Verihubs antara lain adalah sebagai berikut:

  • Teknologi AI yang Dapat Disesuaikan. Algoritma yang digunakan berbasis AI dan bisa digunakan untuk mengekstrak data KTP, otomatisasi input data, hingga pengambilan foto ID untuk proses pemeriksaan.
  • Waktu Cepat untuk Input Data. OCR for ID Card dari Verihubs bisa mengorganisasi dan menyusun data menjadi terstruktur, di mana data seperti ini lebih mudah diolah sehingga memudahkan proses onboarding atau verifikasi.
  • Memastikan Data Terinput dengan Jelas. Kemampuan mendeteksi blur, silau, atau input terlalu gelap menjadikan OCR dari Verihubs ini unggul. Selain itu, perusahaan juga bisa memberikan instruksi pengambilan data kembali atau tindakan lainnya dalam rangka input data.

Dengan tiga keunggulan ini, dijamin Verihubs bisa memastikan input data yang dilakukan benar-benar optimal.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Jika dilihat dari cara kerjanya, Verihubs tergolong salah satu yang paling ringkas namun tetap akurat. Diawali dengan pengguna yang mengambil foto dengan KTP mereka, kemudian masuk ke dalam sistem, lalu akan diekstrak teks di dalam foto tersebut, dan akhirnya informasi didapatkan. Jika terjadi kesalahan dalam penulisan, maka hasil bisa di-edit secara manual.

Verihubs terus berkomitmen untuk menjadi solusi untuk semua urusan verifikasi dan otentikasi, termasuk pada bidang OCR ini. Dengan sistem yang solid dan database yang lengkap, Verihubs siap untuk menjadi partner terbaik bagi bisnis Anda. Langsung saja hubungi kami di sini, dan dapatkan penjelasan lebih lengkap mengenai produk Verihubs!

Artikel Terbaru Kami

biometrik inklusif

Biometrik Inklusif: Memperkuat Keamanan Industri Keuangan

Mengenal Apa Itu CFT dalam Melawan Pendanaan Terorisme

modus penipuan terbaru

Waspada! 5 Modus Penipuan Terbaru Salah Satunya dari WA!