Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

Cek Data Dukcapil untuk Bisnis dengan Produk dari Verihubs

cek data dukcapil

Untuk senantiasa memastikan data milik seseorang dalam kebutuhan bisnis, database milik Dukcapil menjadi acuan yang paling solid. Hal ini dikarenakan data milik Dukcapil dihimpun secara riil, dan diselenggarakan oleh negara untuk pihak yang memiliki kepentingan dan terikat kesepakatan yang sangat ketat. Cara cek data Dukcapil sebenarnya bisa menggunakan banyak jalan, salah satunya menggunakan produk dari Verihubs.

Salah satu produk dari Verihubs, untuk Identity Verification, dapat membantu Anda melakukan verifikasi identitas seseorang, baik partner bisnis atau user, langsung dengan mengacu pada database yang dimiliki oleh Dukcapil.

Tapi bagaimana prosesnya?

Baca Juga: 6 Cara Meningkatkan Kualitas Customer Experience dengan Teknologi Verifikasi Modern

Produk Identity Verification dari Verihubs

cek data dukcapil
Sumber: freepik.com

Identity Verification sendiri merupakan produk yang dapat Anda gunakan untuk keperluan bisnis, dalam rangka memverifikasi identitas user dengan sumber data yang terpercaya. Nantinya, produk ini akan dibagi ke dalam dua bagian berbeda, yakni OCR for ID Card, dan ID Check.

OCR for ID Card

Fitur pertama ini memungkinkan Anda meningkatkan pengalaman user dalam melakukan input data terkait dengan identitas yang dimilikinya. OCR sendiri adalah singkatan dari optical character recognition, yang artinya sistem Verihubs dapat mengidentifikasi dan mengenali informasi yang dimasukkan melalui mesin pemindai atau input gambar dan foto.

Nantinya user tinggal melakukan foto selfie menggunakan KTP dengan menghadap ke bagian depan, bersama dengan wajah user. Secara otomatis, sistem Verihubs akan melakukan ekstraksi pada data yang ditampilkan ini, sekaligus mencocokkan foto dan wajah user yang ada dalam citra input tersebut.

Data dari KTP dan pencocokan wajah akan diperoleh, untuk kemudian dilanjutkan dengan verifikasi pada database milik Dukcapil yang telah terhubung.

ID Check

Data yang diperoleh dari proses ekstraksi pada bagian OCR for ID Card tadi kemudian akan disusun dan menjadi data milik user. ID Check kemudian akan melakukan pengecekan dengan data KTP yang sudah terintegrasi dengan database milik pemerintah, dalam hal ini Dukcapil.

Proses dari ID Check dari Verihubs sendiri sebenarnya cukup sederhana. Data user pertama dimasukkan pada sistem menggunakan metode yang telah ditentukan, dan dipastikan semua data terisi dengan lengkap.

Data ini meliputi NIK, nama, tanggal dan tempat lahir, serta swafoto. Kemudian data ini akan dicek pada database milik Dukcapil, untuk memastikan kebenaran data yang sudah dimasukkan. Hasil dari pengecekan ini adalah keabsahan data serta kecocokan swafoto dengan database yang dimiliki dalam skala 0 hingga 100%.

Mengapa Data User Perlu Diverifikasi dengan Database Dukcapil?

cek data dukcapil
Sumber: freepik.com

Lalu mengapa data user ini perlu diverifikasi? Mengapa pula kemudian acuan verifikasi data ini harus pada data yang dimiliki oleh Dukcapil?

Tujuan Verifikasi Data

Dalam salah satu artikel terkait di Verihubs, setidaknya terdapat tiga tujuan utama melakukan verifikasi data. Pertama adalah peningkatan perlindungan pada identitas user, kemudian melakukan pencocokan data yang dimasukkan, dan memastikan user yang mengajukan akses.

Pada perlindungan data user, verifikasi harus dilakukan untuk mencocokkan data akun dan data user yang saat ini meminta akses atau akan melakukan transaksi. Tanpa kecocokan data, maka akun tidak dapat diakses, dan artinya user bukan pemilik akun tersebut.

Kedua, terkait pencocokan pada data yang dimasukkan. Verifikasi digunakan untuk memastikan bahwa data yang dimasukkan user merupakan data yang terdaftar pada database solid, dalam hal ini database milik Dukcapil. Artinya user adalah orang Indonesia yang memiliki identitas yang sah.

Ketiga, memastikan user yang mengajukan akses. Dengan verifikasi maka sistem dapat memastikan bahwa hanya user yang sa saja yang dapat mengakses data dan akun yang dimiliki tersebut.

Lalu Mengapa Harus Database Milik Dukcapil?

Dukcapil sendiri adalah singkatan dari Kependudukan dan Catatan Sipil, kependekan dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil. Secara legal, ditjen ini adalah bagian yang paling bertanggung jawab mengenai validitas data penduduk di Indonesia.

Pembaruan data terus dilakukan secara berkala, sehingga kemutakhiran database yang dimiliki sangat jelas. Dengan demikian, database yang dimiliki akan selalu jadi data terbaru dan paling valid, sebab pengumpulannya juga dilakukan dengan proses legal dan tersistem.

Acuan data pada database ini kemudian menjadi cara terbaik untuk melakukan verifikasi data dari pelanggan, sehingga data yang dimasukkan dapat dipastikan data valid. Berlandaskan database valid sebagai acuan, proses verifikasi jelas akan berjalan sangat akurat.

Baca Juga: 4 Tahapan dalam Proses Verifikasi Biometrik User

Produk verifikasi dari Verihubs kemudian dapat membantu bisnis Anda melakukan verifikasi identitas pelanggan dengan akurat, sehingga optimal dalam pengecekannya. Verihubs termasuk satu dari sedikit perusahaan yang memperoleh akses ini, setelah memenuhi sederet persyaratan ketat, sebab data kependudukan sifatnya sangat sensitif dan rahasia.

Tentu saja, prosedur cek data Dukcapil yang terjadi melalui produk dan sistem Verihubs ini berjalan dengan tempo yang sangat singkat, sehingga user dapat tetap merasakan kenyamanan dalam transaksi. Maka dari itu, gunakan produk-produk dari Verihubs sekarang, dan maksimalkan semua fiturnya untuk bisnis Anda dengan menghubungi layanan pelanggan kami sekarang!