Mengenali Cara Kerja Online Face Recognition, Praktis!

online face recognition

Pengenalan wajah seorang user dapat dilakukan sebagai langkah verifikasi yang akurat. Tidak hanya cepat dan efektif, namun juga sangat aman karena pada dasarnya profil wajah setiap orang memiliki keunikan. Penerapannya pada online face recognition kemudian menjadi marak, sehingga wajib dipahami agar Anda memperoleh manfaatnya secara penuh.

Dalam artikel ini akan dibahas secara mendalam mengenai pengertian online face recognition, kemudian cara kerjanya, hingga pengaplikasian teknologi ini untuk mendukung aktivitas bisnis yang Anda miliki. Maka tanpa berpanjang lebar, mari bahas selengkapnya!

Baca Juga: Memahami Face Search dalam Keamanan Digital, Ini Detailnya!

Apa Itu Online Face Recognition?

online face recognition
Sumber: freepik.com

Face recognition merupakan teknologi pengenalan wajah dengan membandingkan data yang dimasukkan oleh user pada data yang sudah tersimpan atas akun yang bersangkutan. Hal ini dilakukan sebagai proses verifikasi, untuk memastikan pihak yang mengajukan permintaan akses adalah user yang sah pemilik akun tersebut.

Face recognition juga dapat dipahami sebagai sebuah teknik biometrik yang digunakan dalam mengidentifikasi individu dari gambar digital atau rekaman video. Mengandalkan algoritma komputer untuk melakukan deteksi dan identifikasi, sistem akan lebih mudah melakukan pencocokan dengan penggunaan kode algoritma ini.

Lalu  bagaimana dengan online face recognition?

Secara mendasar teknologi ini adalah teknologi yang memungkinkan pengenalan wajah dilakukan secara online, dengan bantuan jaringan internet. Jadi, pengenalan dapat dilakukan dimanapun selama perangkat yang digunakan terhubung dengan jaringan internet aktif, dan terhubung pada database utama yang menjadi acuan perbandingan data algoritma tersebut.

Mari Pahami Cara Kerjanya Lebih Lanjut

online face recognition
Sumber: freepik.com

Untuk cara kerjanya sendiri tidak akan berbeda jauh dengan apa yang digunakan pada face recognition pada umumnya. Mulai dari tahap pengunggahan citra wajah pertama untuk dianalisis oleh sistem, kemudian unggahan citra wajah kedua, dan proses pencocokan data yang dimasukkan dengan data yang ada di database, terakhir adalah verifikasi dan identifikasi.

Secara sederhana berikut cara kerjanya.

1. Upload Citra Wajah Pertama

Langkah pertama yang dilakukan sistem adalah meminta user untuk memasukkan data yang diperlukan. Data ini diperoleh dengan berdiri di depan mesin pemindai, sehingga wajah user dapat di-capture dan di ekstrak datanya oleh sistem. 

  • User akan diminta mengikuti arahan sederhana sesuai kebutuhan sistem agar data yang dimasukkan dapat diproses dengan lebih mudah. Jika sesuai, data akan diproses lebih cepat dan akurat. Ada tiga proses yang berjalan dalam tahap pertama ini.
  • Proses penjajaran, dilakukan untuk menyesuaikan posisi, ukuran, dan sikap kepala, sehingga dapat menjadi masukan data yang standar dan sesuai dengan kebutuhan sistem.
  • Proses pengukuran, sistem kemudian akan melakukan proses pengukuran setiap profil wajah, hingga skala sub-millimeter, serta membuat template wajah user yang baru saja dimasukkan datanya.
  • Proses representasi, terakhir adalah proses representasi. Data yang sudah dalam bentuk angka kemudian menjadi basis utama pencocokan yang dilakukan dengan data yang tersimpan di dalam database. Kode-kode unik ini akan merepresentasikan wajah user di dalam siset, yang akhirnya menjadi salah satu data dalam database.

2. Upload Citra Wajah Kedua

Tahap kedua dilakukan dengan meminta user mengunggah data kedua yang idealnya mirip, atau serupa dengan data pertama tadi. Unggahan ini ditujukan untuk dicocokkan dengan data pertama, dan memperoleh kode unik yang sifatnya valid.

Dengan dua masukan ini sistem akan memperoleh materi berupa rangkaian data unik dari wajah user, untuk dibandingkan dengan data yang telah ada di database.

3. Pencocokan Data dengan Database

Pada tahap ini kemudian online face recognition menggunakan jaringan internet untuk terhubung dengan database yang dimiliki, untuk membandingkan dan mencocokkan rangkaian kode unik yang telah didapatkan dari tahap pertama dan kedua tadi.

Proses ini akan berjalan cepat, karena sistem akan dibantu teknologi AI dalam proses pencocokannya, dan memperoleh hasil yang cepat. Data yang dikirimkan dari perangkat pemindai akan dikirimkan hasilnya kembali ke perangkat yang ada di hadapan user, untuk memberikan informasi lengkap hasil pembandingan ini.

4. Proses Verifikasi dan Identifikasi

Pada proses terakhir ini akan diungkapkan apakah data yang dimasukkan oleh user serupa dengan data yang ada di database. Jika cocok maka transaksi dapat dilanjutkan, namun jika tidak maka transaksi akan ditolak.

Hasil ini akan dikirimkan dari proses pembandingan di database, ke perangkat yang ada di hadapan user menggunakan bantuan jaringan internet.

Penerapan Teknologi Online Face Recognition

online face recognition
Sumber: freepik.com

Jika berbicara mengenai penerapannya sendiri, terbilang cukup luas. Misalnya saja, untuk proses verifikasi pada aplikasi yang digunakan di perangkat milik user. Online face recognition dapat mendukung hal ini tanpa mengesampingkan efisiensi proses dan akurasi hasilnya.

Proses verifikasi, pada produk yang telah mendapatkan akses resmi di database milik pemerintah, akan berjalan secara online. Permintaan verifikasi dari perangkat user kemudian akan menjadikan database milik pemerintah yang diakses secara online dan legal sebagai acuan utama, untuk memberikan hasil kecocokan yang sesuai.

Baca Juga: Cermati 2 Perbedaan Utama Face Comparison dan Face Recognition 

Proses online face recognition sebenarnya adalah proses yang praktis dan cepat, dengan pemilihan produk verifikasi yang tepat. Verihubs, dalam hal ini, akan menjadi opsi yang menarik untuk membantu proses verifikasi yang Anda butuhkan secara online.

Verifikasi Wajah Menggunakan Produk Verihubs

Verihubs menyediakan produk Biometric Verification yang terbukti handal dan dapat membantu Anda pada banyak konteks bisnis. Sistemnya solid, dan dapat menjamin akurasi data tinggi karena beroperasi dengan bantuan teknologi AI. Jelas, acuan data pada database Dukcapil jadi kelebihan berikutnya, sehingga Verihubs selalu memiliki pijakan data yang benar-benar kuat dan lega. Maka dari itu, segera gunakan produk dari Verihubs, dan dapatkan informasi lengkapnya dengan menghubungi layanan pelanggan kami sekarang juga!

Artikel Terbaru Kami

biometrik inklusif

Biometrik Inklusif: Memperkuat Keamanan Industri Keuangan

Mengenal Apa Itu CFT dalam Melawan Pendanaan Terorisme

modus penipuan terbaru

Waspada! 5 Modus Penipuan Terbaru Salah Satunya dari WA!