Contoh Penerapan Artificial Intelligence dalam Berbagai Bidang

penerapan artificial intelligence

Artificial Intelligence (AI) menjadi salah satu istilah yang tidak asing ditemui saat ini. Lantas, seperti apa penerapan Artificial Intelligence dalam berbagai bidang?

Perlu diketahui, Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan adalah rekayasa teknologi yang memungkinkan sistem komputer, software, yang dibuat dan diprogram untuk dapat berpikir seperti layaknya manusia dan meniru tindakan manusia. Karakteristik AI adalah kemampuannya dalam rasionalisasi dan mengambil tindakan yang memiliki peluang terbaik dalam mencapai tujuan tertentu.

Tujuan AI ini, pada umumnya digunakan untuk pembelajaran, penalaran, dan lain sebagainya. Tak heran, berbagai macam industri juga sudah mulai mencoba menerapkan hal ini terutama pada industri ekonomi, keuangan, hingga perawatan kesehatan.

Artificial Intelligence sendiri dibuat oleh manusia melalui algoritma pemrograman yang kompleks, dan terdapat dua kategori AI yang perlu diketahui, yaitu Weak AI dan Strong AI.

  • Weak AI dirancang secara khusus untuk melakukan suatu pekerjaan tertentu, di mana sistem AI dengan kategori ini mencakup permainan video hingga virtual assistant layaknya Alexa pada Amazon dan Siri pada Apple.
  • Sedangkan Strong AI lebih kompleks, di mana Strong AI menjalankan perintah atau tugas semirip mungkin dengan manusia. Sistem ini lebih rumit dan diprogram secara khusus untuk menangani situasi di mana mereka mungkin diminta untuk memecahkan masalah. Strong AI ini juga bisa ditemukan pada jenis aplikasi seperti mobil self-driving atau ruang operasi rumah sakit.

Mengenal Tipe-Tipe Artificial Intelligence

penerapan artificial intelligence
Sumber: Freepik

Selain dua kategori seperti yang telah dijelaskan di atas, kecerdasan buatan juga digolongkan menjadi empat tipe yaitu AI reaktif, memori terbatas, teori pikiran, dan kesadaran diri. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya:

  1. AI Reaktif: sistem ini tidak memiliki memori dan spesifik tugas. Contohnya adalah Deep Blue, yaitu komputer catur buatan IBM yang mengalahkan juara dunia Garry Kasparov pada 1990-an. Deep Blue ini bisa mengidentifikasi bidak di papan catur dan membuat prediksi, namun karena tidak memiliki memori, ia tidak bisa menggunakan pengalaman masa lalu untuk menginformasikan masa depan.
  2. Memori Terbatas: sistem ini bisa beradaptasi dengan pengalaman masa lalu atau memperbarui dirinya sendiri berdasarkan pengamatan atau data yang baru. Contohnya, mobil self-driving yang menggunakan pengalaman sebelumnya untuk mengambil keputusan perjalanan di rute berikutnya. 
  3. Teori pikiran: istilah pada jenis AI ini mengacu pada psikologi, karena ketika diterapkan pada AI sistem ini akan memiliki kecerdasan sosial untuk memahami emosi. Jenis AI ini bisa menyimpulkan niat manusia, hingga memprediksi perilaku.
  4. Kesadaran diri: sistem akan memiliki kesadaran diri, artinya mesin yang dibekali sistem ini dapat memahami keadaan mereka saat ini dan menyimpulkan apa yang orang lain rasakan. Namun sayangnya, untuk saat ini jenis AI ini masih belum ada.

Kenapa AI Perlu Diterapkan?

Alasan kenapa saat ini penerapan Artificial Intelligence sangat penting adalah karena dunia bergerak dengan sangat cepat, dan pekerjaan manual dinilai kurang efektif karena memakan banyak waktu. Dengan adanya Artificial Intelligence, maka pekerjaan tersebut bisa diselesaikan dalam waktu singkat. Lebih dari itu, AI juga mampu mengerjakan tugas berat yang berulang, dan bahkan pekerjaannya pun bisa diandalkan dan minim error.

Apalagi sekarang ini, beban kerja terus bertambah seiring dengan berjalannya waktu. Akan sangat memudahkan apabila pekerjaan repetitif bisa dikerjakan secara otomatis dengan bantuan mesin. Tenaga manusia jadi bisa dialihkan pada tugas lainnya yang lebih rumit dan kompleks seperti pengambilan keputusan atau pengembangan usaha.

Baca juga: Face Morphing Attack pada Proses Verifikasi Biometrik Wajah

Contoh Penerapan  Artificial Intelligence dalam Berbagai Bidang

penerapan artificial intelligence
Sumber: Freepik

Tanpa disadari, AI telah menyatu dengan kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa bidang kehidupan yang dilengkapi dengan penerapan Artificial Intelligence:

  • Kesehatan: penerapan Artificial Intelligence dalam bidang kesehatan bisa digunakan untuk menyusun daftar resep dan pembacaan hasil X-ray yang telah dipersonalisasi. 
  • Retail: dengan penerapan Artificial Intelligence, maka belanja virtual melalui e-commerce menjadi lebih mudah dan praktis. 
  • Manufaktur: penerapan Artificial Intelligence dapat menganalisis data Internet of Things dari pabrik selama proses manufaktur menggunakan peralatan yang terhubung dengan jaringan berulang. Jadi, pemilik usaha bisa memperkirakan beban kerja sekaligus menghitung ekspektasi permintaan.
  • Ilmu kehidupan: contoh penerapan Artificial Intelligence dalam ilmu kehidupan sangat luas. Mulai dari memastikan keamanan obat sampai dengan mencoba teknologi terapi baru sebelum akhirnya dilempar ke pasar, semuanya bisa dilakukan AI. Penerapan Artificial Intelligence bahkan bisa memaksimalkan potensi data untuk memecahkan berbagai macam tantangan dalam dunia kesehatan saat ini.
  • Perbankan: penerapan Artificial Intelligence juga mampu meningkatkan kecepatan, efektivitas, sekaligus ketepatan tenaga manusia dalam sektor perbankan. 
  • Sektor publik: perkembangan teknologi telah melahirkan sebuah konsep tata kelola lingkungan perkotaan yang disebut dengan istilah “smart city”, di mana inovasi ini akan memaksimalkan penggunaan teknologi untuk memudahkan kehidupan masyarakat. Kemudian, hadirnya AI akan membuat teknologi smart city menjadi semakin pintar lagi, dan efektivitas maupun efisiensi program otomatis akan naik.

Baca juga: Peran Penting Verifikasi Biometrik di Berbagai Bidang Industri

Penerapan Artificial Intelligence memang sudah sangat luas sekarang ini. Berbagai sektor kehidupan sudah mulai mengadopsi teknologi AI untuk meringkas proses kerja. Apakah Anda juga tertarik untuk mulai menerapkan AI pada perusahaan atau bisnis Anda?

Anda bisa memilih Verihubs sebagai pilihan yang paling tepat. Dari teknologi berbasis AI yang canggih dan mudah digunakan, Verihubs akan memberikan berbagai macam solusi untuk membuat customer journey yang lebih simpel dan dengan standar keamanan lebih unggul. Dapatkan service terbaik, Anda bisa langsung menghubungi kontak layanan Verihubs sekarang!

Artikel Terbaru Kami

contoh ocr

Ini Dia Contoh OCR (Optical Character Recognition) & Cara Kerjanya!

bisnis yang menguntungkan

13 Rekomendasi Peluang Bisnis yang Menguntungkan Saat Ini

manfaat sertifikat elektronik

Manfaat Sertifikat Elektronik: Jenis & Contohnya!