Mengenal Internet of Things (IoT): Studi Kasus & Cara Kerja

iot adalah

Salah satu terobosan yang paling menarik di era digital adalah Internet of Things (IoT), sebuah jaringan raksasa yang menghubungkan berbagai perangkat fisik dengan internet. Sudah banyak studi kasus IoT yang memberikan hasil positif bagi kehidupan manusia.

Pada kesempatan ini, kita akan menjelajahi lebih dalam mengenai IoT dan studi kasusnya. Sudah penasaran? Mari simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu IoT?

IoT adalah konsep yang menghubungkan perangkat fisik dengan jaringan internet, memungkinkan mereka untuk saling berkomunikasi dan bertukar data, tanpa campur tangan manusia. 

Konsep ini pertama kali diperkenalkan oleh Kevin Ashton, seorang Direktur di Auto ID Centre dari Massachusetts Institute of Technology (MIT), yang melihat potensi besar dalam pengembangan teknologi, seperti yang dilakukan oleh Internet. 

IoT memungkinkan perangkat untuk mengumpulkan, mengolah, dan mengirimkan informasi secara otomatis, membuka pintu bagi berbagai aplikasi yang beragam, mulai dari perangkat rumah tangga seperti sikat gigi dan lampu, hingga kendaraan dan mesin industri. 

Cara Kerja IoT

Cara kerja IoT yaitu mengintegrasikan berbagai perangkat yang memiliki alamat IP khusus menuju internet, memungkinkan perangkat tersebut supaya bisa saling terintegrasi dan bertukar data. 

Perangkat-perangkat ini seringkali dilengkapi dengan sensor, kamera, speaker, dan komponen lainnya yang dapat mengumpulkan serta mengantarkan informasi pada cloud maupun perangkat lain. Berikut cara kerjanya:

1. Pengumpulan Data: Sensor dan perangkat lainnya mengumpulkan data dari area sekitar, misalnya cahaya, temperatur, atau pergerakan.

2. Koneksi: Pengiriman data yang sudah terkumpul melalui jaringan internet, yang bertindak sebagai penghubung antara perangkat dan sistem pemrosesan.

3. Pemrosesan Data: Data yang diterima, dianalisis di cloud atau di server lokal untuk mendapatkan informasi yang berguna.

4. Tindakan Otomatis: Berdasarkan analisis data, sistem Artificial Intelligence dapat membuat keputusan otomatis, seperti menyalakan lampu saat mendeteksi kehadiran seseorang atau mengirimkan notifikasi peringatan, jika ada aktivitas mencurigakan.

5. Feedback: Pengguna dapat memantau dan mengendalikan perangkat IoT melalui aplikasi atau antarmuka pengguna lainnya, meskipun berada di lokasi yang jauh. 

Studi Kasus IoT pada Sektor Keamanan

Di bawah ini adalah salah satu studi kasus IoT oleh Nashwan Adnan Othman yang dipublikasikan pada 2018 lalu. Mari simak bagaimana detailnya!

1. Latar Belakang

Studi kasus ini membahas implementasi sistem keamanan cerdas menggunakan teknologi IoT di sebuah kompleks perumahan yang terdiri dari beberapa blok apartemen. Fokus utamanya adalah meningkatkan pengawasan keamanan di area umum, seperti pintu masuk, lift, dan area parkir dengan memanfaatkan teknologi terbaru.

Sebelum implementasi IoT, kompleks perumahan menghadapi masalah dalam pengawasan keamanan yang efektif. Sistem keamanan tradisional yang hanya mengandalkan kamera CCTV tidak cukup responsif dan tidak memberikan informasi secara real-time

Selain itu, biaya operasional untuk mengelola sistem keamanan konvensional, termasuk pemeliharaan dan tenaga kerja, sangat tinggi.

2. Penerapan Solusi dengan IoT

Peneliti menerapkan penggunaan sensor gerak (PIR) dan kamera CCTV yang terhubung dengan Raspberry Pi sebagai pusat kontrol. Ketika sensor mendeteksi aktivitas mencurigakan, Raspberry Pi mengaktifkan kamera untuk menangkap gambar dan melakukan deteksi serta pengenalan wajah secara real-time menggunakan algoritma Haar-like features dan Local Binary Pattern (LBP). 

Data deteksi wajah kemudian dikirim melalui Wi-Fi ke aplikasi smartphone penghuni kompleks perumahan.

3. Manfaat dan Hasilnya

Implementasi solusi IoT dalam studi kasus ini memberikan berbagai manfaat, seperti peningkatan keamanan dan pengawasan di kompleks perumahan, pengurangan biaya operasional melalui otomatisasi, dan peningkatan responsivitas terhadap kejadian mencurigakan. 

Penghuni merasa lebih aman berkat pemberitahuan real-time melalui aplikasi smartphone. Keberhasilan tercermin dari peningkatan deteksi dan respons terhadap potensi ancaman keamanan.

Implementasi IoT di Kehidupan Sehari-hari

Tidak hanya studi kasus IoT seperti di atas, teknologi ini sebenarnya sudah mulai diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa contohnya.

1. Rumah Pintar (Smart Home)

Penerapan IoT yang paling umum ditemui dalam kehidupan sehari-hari adalah pada konsep rumah pintar. Mirip dengan kantor pintar, konsep ini memanfaatkan berbagai perangkat maupun sistem yang tersambung ke internet. 

Contohnya termasuk pencahayaan pintar yang dapat diatur otomatis, sistem keamanan melalui kamera pemantau serta sensor gerak, serta peralatan rumah tangga pintar seperti kulkas, TV, dan vacuum cleaner yang bisa dikendalikan dari jarak jauh.

Baca Juga: 10 Contoh Kecerdasan Buatan (AI) dalam Kehidupan Sehari-hari

2. Kota Pintar (Smart City)

Kota pintar adalah konsep pengembangan kota dengan mengaplikasikan teknologi IoT demi meningkatkan taraf hidup warga dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya. 

Salah satu contoh penerapannya adalah sistem transportasi cerdas yang mencakup pengaturan lalu lintas otomatis, e-tol, dan akses real-time ke sistem transportasi umum.

3. Perangkat Elektronik

Hampir semua perangkat elektronik terbaru mendukung teknologi IoT. Selama perangkat tersebut bisa terhubung ke internet, mereka bisa berkomunikasi dan menawarkan layanan yang lebih baik bagi pengguna. 

Contohnya termasuk TV pintar, speaker pintar dengan asisten virtual seperti Google Assistant, perangkat wearable seperti smartwatch dan fitness tracker, serta smartphone yang paling banyak digunakan.

4. Sistem Keamanan Biometrik

Sistem keamanan biometrik memakai teknologi IoT demi mengidentifikasi seseorang berdasarkan karakteristik unik mereka. Contohnya adalah pengenalan sidik jari, iris mata, gerak, suara,, atau wajah. 

Misalnya, sensor sidik jari dipakai demi mengenali dan mengautentikasi data diri seseorang, memungkinkan akses ke perangkat atau lokasi tertentu secara lebih aman dan efisien.

Baca Juga: Ini Dia Contoh OCR (Optical Character Recognition) & Cara Kerjanya!

IoT Berdampak Positif untuk Bisnis Anda

Dari penjelasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa Internet of Things (IoT) adalah teknologi inovatif yang menghubungkan berbagai perangkat fisik ke internet, sehingga memungkinkan mereka untuk terknoneksi dan bertukar data secara otomatis, tanpa campur tangan manusia. 

Dengan cara kerja yang melibatkan pengumpulan, pengiriman, dan pemrosesan data, teknologi telah diterapkan dalam berbagai studi kasus IoT dan kehidupan sehari-hari. 

Contohnya seperti studi kasus IoT keamanan kompleks perumahan, rumah pintar, kota pintar, perangkat elektronik, dan sistem keamanan biometrik. Implementasi IoT terbukti meningkatkan efisiensi, responsivitas, dan kualitas hidup, sekaligus mengurangi biaya operasional dan memperkuat keamanan.

Apakah Anda tertarik untuk menerapkan teknologi Face Recognition atau pengenalan wajah di bisnis atau proyek Anda? Kunjungi Verihubs untuk mendapatkan solusi biometrik terkini dan terbaik untuk kebutuhan identifikasi Anda.

Dengan sistem pendeteksi canggih, Verihubs menawarkan teknologi biometrik terbaik untuk memverifikasi wajah pengguna. Kami mampu memberikan notifikasi saat kondisi blur atau pencahayaan yang minim, sehingga menyarankan pengguna untuk menghasilkan gambar yang optimal. Jadi, keamanan informasi perusahaan Anda dijamin dengan sertifikasi ISO 27001 yang kami miliki.

Kami juga bersertifikasi NIST FRTE 1:1 & 1:N dengan tingkat akurasi verifikasi tertinggi. Dengan teknologi Liveness Detection, kami memberikan keamanan ekstra untuk mencegah tindakan penipuan. Tersedia dalam format API & SDK untuk integrasi yang mudah dengan aplikasi bisnis Anda. Jadi, tidak perlu ragu lagi untuk bekerja sama dengan kami!

Source:

https://www.linknet.id/article/internet-of-things
https://deriota.com/news/read/937/implementasi-internet-of-things-iot-di-berbagai-bidang.html
https://iotstudio.labs.telkomuniversity.ac.id/desain-perangkat-pembelajaran-iot-dengan-studi-kasus-pengontrolan-alat-untuk-guru-dan-siswa-smk-darussalam-tarogong-kaler-kabupaten-garut/
https://aws.amazon.com/id/what-is/iot/
https://www.oecd-ilibrary.org/sites/c4be2088-en/index.html?itemId=/content/component/c4be2088-en#snotes-d7e10254
https://smartoffices.id/blog/10-contoh-penerapan-iot-di-kehidupan-kita/

Artikel Terbaru Kami

biometrik inklusif

Biometrik Inklusif: Memperkuat Keamanan Industri Keuangan

Mengenal Apa Itu CFT dalam Melawan Pendanaan Terorisme

modus penipuan terbaru

Waspada! 5 Modus Penipuan Terbaru Salah Satunya dari WA!