Bisnis Butuh OCR, Pastikan Anda Pilih Penyedia OCR Terbaik!

penyedia ocr

Jika saat ini Anda masih menggunakan kertas dan ingin memindahkannya ke dalam komputer supaya dokumen tersebut tidak menumpuk di sudut ruangan, berarti Anda sedang mencari program yang mampu mengubah dokumen nyata menjadi dokumen digital. Software yang mampu bekerja seperti ini adalah OCR, dan Anda bisa memilih penyedia OCR yang paling unggul.

Mengubah text dengan OCR sebetulnya merupakan hal yang sudah sering dilakukan saat ini, bahkan smartphone sekarang telah dibekali dengan aplikasi ini. Tapi bagaimana dengan komputer?

Sekarang ini, teknologi OCR juga telah banyak berkembang, ada banyak software OCR yang  ditawarkan di luar sana. Tapi Anda mungkin bingung, manakan penyedia jasa OCR yang terbaik?

OCR (Optical Character Recognition) adalah sebuah teknologi yang dapat membedakan dan mengenali bentuk tulisan pada sebuah gambar. Sebagian orang mungkin menganggap OCR ini sama saja seperti scanner. Fungsinya memang hampir mirip, hanya saja teknologi OCR ini memiliki cara kerja dan teknis yang cukup berbeda dari sebuah scanner.

Untuk mengetahui lebih jauh lagi mengenai OCR, dan rekomendasi penyedia jasa OCR terbaik, Anda harus baca artikel ini sampai akhir.

Bagaimana Cara Kerja Teknologi OCR?

penyedia ocr
Sumber: Freepik

Teknologi atau software OCR bekerja dengan menggunakan langkah-langkah seperti di bawah ini. Simak satu per satu!

1. Akuisisi Gambar

Pemindai akan membaca dokumen dan mengkonversinya menjadi data biner. Kemudian perangkat lunak OCR akan menganalisis gambar yang dipindai dan mengklasifikasikan area terang sebagai latar belakang dan area gelap sebagai teks.

2. Pra Pemprosesan

Perangkat lunak OCR pertama-tama akan membersihkan gambar dan menghilangkan kesalahan untuk mempersiapkannya agar dapat dibaca. Di bawah ini adalah beberapa teknik pembersihannya:

  • Sedikit memutar atau memiringkan dokumen yang dipindai untuk memperbaiki masalah penyelarasan selama pemindaian gambar.
  • Menghilangkan noda, menghapus setiap titik gambar digital, atau menghaluskan tepi gambar teks.
  • Membersihkan kotak dan garis pada gambar.
  • Pengenalan skrip untuk teknologi OCR multibahasa.

3. Pengenalan teks

Dua tipe utama algoritma OCR atau proses perangkat lunak yang digunakan oleh perangkat lunak OCR dalam pengenalan teks, yang disebut pencocokan pola dan ekstraksi fitur.

  • Pencocokan pola: bekerja dengan cara mengisolasi gambar karakter dan membandingkannya dengan gambar karakter serupa yang tersimpan. Pengenalan pola ini hanya berfungsi jika gambar karakter yang disimpan memiliki font dan skala yang serupa dengan gambar input. Metode ini akan bekerja dengan baik saat digunakan pada pemindaian gambar dokumen yang telah diketik dalam font yang dikenal.
  • Ekstraksi fitur: menguraikan gambar karakter menjadi fitur seperti garis, loop tertutup, arah garis, dan juga perpotongan garis. Ekstraksi fitur ini kemudian akan menggunakan fitur-fitur ini untuk menemukan kecocokan terbaik atau kecocokan terdekat di antara berbagai gambar yang tersimpan.

4. Pasca Pemrosesan

Setelah analisis, kemudian sistem akan mengkonversi data teks yang diekstraksi menjadi file yang terkomputerisasi. Beberapa teknologi OCR bahkan bisa membuat file PDF beranotasi yang menyertakan versi dokumen sebelum dan sesudah dipindai.

Baca juga: 3 Cara Membuat & Mengelola Pesan Group Broadcast WhatsApp

Apa Saja Manfaat dari OCR?

penyedia ocr
Sumber: Freepik

Berikut ini adalah manfaat utama yang akan Anda dapatkan, jika Anda menggunakan penyedia jasa OCR.

  • Teks yang dapat dicari. Anda bisa mengkonversi dokumen baik yang sudah ada maupun yang baru, menjadi arsip pengetahuan yang bisa dicari sepenuhnya. Selain itu, Anda juga bisa memproses basis data teks secara otomatis dengan menggunakan perangkat lunak analitik data untuk pemrosesan pengetahuan lebih lanjut.
  • Efisiensi operasional. Anda dapat meningkatkan efisiensi dengan menggunakan software OCR untuk mengintegrasikan alur kerja dokumen dan juga alur kerja digital dalam bisnis Anda secara otomatis. 
  • Solusi kecerdasan buatan. OCR sering menjadi bagian dari solusi kecerdasan buatan lain yang bisa diterapkan oleh bisnis, misalnya OCR mendeteksi logo merek di unggahan media sosial, mengidentifikasi kemasan produk dalam gambar iklan, atau lainnya. Teknologi kecerdasan buatan semacam ini jelas saja akan membantu bisnis Anda untuk membuat keputusan pemasaran dan operasional lebih baik yang dapat mengurangi pengeluaran serta meningkatkan pengalaman pelanggan.

Industri Apa Saja yang Membutuhkan Penyedia OCR?

Berikut ini adalah beberapa kasus penggunaan OCR yang paling umum di berbagai industri yang perlu Anda ketahui:

  1. Perbankan: teknologi OCR digunakan untuk memproses dan memverifikasi dokumen untuk dokumen pinjaman, cek deposito, dan juga transaksi keuangan lainnya. Verifikasi ini telah terbukti dapat meningkatkan pencegahan penipuan dan juga mampu meningkatkan keamanan transaksi. 
  2. Pemeliharaan Kesehatan: teknologi OCR digunakan untuk memproses catatan pasien, termasuk di antaranya adalah perawatan, tes, catatan rumah sakit, dan pembayaran asuransi. OCR juga dapat membantu menyederhanakan alur kerja serta dapat mengurangi pekerjaan manual di rumah sakit sembari tetap memperbarui catatan. 
  3. Logistik: teknologi OCR digunakan untuk melacak label kemasan, tagihan, kuitansi, dan juga berbagai dokumen lainnya secara lebih efisien.

Baca juga: Mengenal Perbedaan Active dan Passive Biometric Verification

Penyedia Jasa OCR Terbaik, Pilih Verihubs Saja!

Salah satu produk andalan Verihubs dalam mendukung perkembangan berbagai industri modern, adalah Identity Verification yang menawarkan fitur OCR for ID Card. Dengan fitur ini, maka Anda dapat meningkatkan user experience dan menghemat waktu untuk urusan input data. OCR for ID Card dari Verihubs akan dengan mudah mengekstrak semua data teks dari sebuah dokumen secara otomatis. 

OCR for ID Card dari Verihubs mampu mengorganisasi dan menyusun data menjadi terstruktur, di mana data seperti ini akan lebih mudah diolah sehingga memudahkan proses onboarding atau verifikasi pelanggan.

Dengan sistem berbasis teknologi, Verihubs akan menjadi partner terbaik untuk bisnis Anda. Segera hubungi kontak layanan Verihubs untuk mendapatkan penjelasan selengkapnya mengenai produk Verihubs!

Artikel Terbaru Kami

watchlist screening

Watchlist Screening: Solusi Identifikasi Pelanggan Anda!

income check

Income Check: Verifikasi Data & Gaji Secara Akurat!

bisnis pencucian uang

Hindari! Contoh Bisnis Pencucian Uang dengan Risiko Besar