Verihubs, Perusahaan AI Indonesia untuk Mengembangkan Bisnis

perusahaan ai indonesia

AI adalah istilah yang sedang populer di media sosial selama beberapa waktu terakhir. Bahkan, kini mulai bermunculan perusahaan AI Indonesia yang bergerak di berbagai bidang. Hal ini tentunya tidak terlepas dari manfaat teknologi tersebut bagi kehidupan manusia sekarang ini.

Meski sebagian orang sudah familiar dengan teknologi terbaru ini, tetapi masih ada sebagian lainnya yang belum paham seperti apa kerja AI. Pada dasarnya, kehadiran teknologi ini memang tidak terlepas dari perkembangan internet yang semakin masif. Lantas, sebenarnya apa itu AI dan mana saja perusahaan yang sudah menerapkannya?

Apa Itu AI?

Jadi, sebenarnya AI singkatan dari apa? Artificial Intelligence atau biasa disingkat AI merupakan teknologi berupa simulasi kecerdasan manusia yang diterapkan dalam sistem komputer atau perangkat lain. Nantinya, perangkat ini akan memiliki cara berpikir layaknya manusia.

Secara umum, tujuan adanya teknologi AI ini adalah agar teknologi tersebut dapat meniru aktivitas kognitif manusia. Contohnya seperti dari sisi cara belajar, melakukan penalaran, mengoreksi diri, hingga mengambil keputusan.Lantas, seperti apa kerja AI? Sederhananya, cara kerja Artificial Intelligence ini adalah dengan memanfaatkan data yang seseorang input untuk ia pelajari. Di sini, umumnya programmer menjadi pihak yang akan memberikan data sebagai sumber pengetahuan

untuk AI.

Setelah Artificial Intelligence berhasil mengidentifikasi data serta menganalisis pola dan hubungan antar data, maka ia bisa segera mengambil keputusan berdasarkan apa yang ia pelajari.

Tentu saja, semakin banyak berlatih dengan big data tersebut, maka kemampuan Artificial Intelligence akan semakin meningkat. Hal inilah yang membuat teknologi tersebut mirip dengan cara kerja otak manusia.

Manfaat Penerapan Teknologi AI bagi Bisnis

Sekarang ini sudah semakin banyak perusahaan yang menggunakan AI. Bukan hanya di luar negeri, tetapi juga di Indonesia. Hal ini tentu tidak terlepas dari banyaknya manfaat yang bisa diperoleh pelaku bisnis dari teknologi tersebut. Berikut adalah berbagai manfaat penerapan teknologi AI bagi suatu bisnis yang perlu Anda ketahui:

1. Mengotomatisasi Operasional Bisnis

Artificial Intelligence memungkinkan seorang pebisnis untuk mengotomatisasi operasional bisnis mereka, mulai dari tugas ringan hingga berat yang perusahaan rutin lakukan.

Hal inilah yang dapat membuat perusahaan menjadi lebih fokus pada bidang yang lainnya. Dengan kata lain, teknologi Artificial Intelligence ini dapat membantu mempercepat waktu proses tugas maupun layanan bisnis.

Contohnya, memanfaatkan layanan WhatsApp Business Messaging yang di dalamnya juga terdapat teknologi chatbot yang kini mulai banyak digunakan oleh perusahaan AI Indonesia. Melalui chatbot tersebut, perusahaan bisa menggantikan manusia dalam menjawab pertanyaan konsumen terkait kebutuhan atau masalah mereka.

Berbeda dengan penggunaan SDM yang memiliki risiko human error, sehingga akan mempengaruhi performa layanan. Teknologi yang satu ini justru akan membuat pekerjaan jadi lebih cepat dan efisien secara otomatis.

2. Adanya Peningkatan Produksi dan Pelayanan Bisnis

Manfaat penerapan teknologi Artificial Intelligence selanjutnya adalah adanya peningkatan produksi dan pelayanan bisnis. Sudah menjadi rahasia umum bahwa penggunaan sistem komputer atau robot dapat membuat sebuah pekerjaan jadi lebih efektif dan efisien.

Dalam hal ini, perusahaan bisa menganalisis data secara real-time hanya dengan menggunakan teknologi Artificial Intelligence. Hal inilah yang nantinya akan membuat perusahaan jadi memiliki kontrol yang lebih baik terhadap kinerja teknologi.

Bukan cuma itu, kehadiran teknologi ini dalam sebuah bisnis juga dapat mengurangi human error sekaligus mempercepat proses produksi. Dengan begitu, performa pelayanan bisnis Anda akan semakin meningkat. 

3. Memudahkan Pencarian Keyword

Manfaat yang satu ini bisa Anda rasakan ketika sedang mencari potential customers. Biasanya, data tentang potential customers ini diperlukan untuk mencari tahu apa yang konsumen inginkan dan subjek produk bisnis yang paling mereka minati. 

Hal ini tentunya tidak terlepas dari manfaat Artificial Intelligence yang dapat memudahkan Anda saat mencari keyword untuk mendapat data potential customers melalui ChatGPT

Jadi, nantinya proses pengambilan keputusan bisa berlangsung lebih cepat dan bisnismu bisa lebih dekat dengan konsumen.

4. Lebih Mengenal Konsumen

Selanjutnya, teknologi Artificial Intelligence juga dapat membuat pelaku bisnis lebih mengenal konsumen mereka. Makanya, tidak heran jika kini sudah banyak perusahaan AI Indonesia yang menggunakan teknologi ini.

Pada dasarnya, setiap pelaku bisnis tentu membutuhkan konsumen untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis mereka. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan agar konsumen terus membeli produk bisnis adalah melalui penggunaan teknologi Artificial Intelligence ini.

Alasannya karena teknologi ini bisa mengenal perilaku selera hingga gaya hidup konsumen. Kemudian, data tersebut akan dianalisis untuk menciptakan pola dan juga tren yang saat itu sedang diminati konsumen.

Artinya, AI dapat memberikan pilihan sesuai rekomendasi keinginan konsumen. Teknologi yang sudah terotomatisasi ini tentunya sangat bermanfaat bagi

keberlangsungan bisnis Anda. Khususnya perihal pengumpulan data kebutuhan konsumen untuk menciptakan produk dan/atau layanan bisnis yang sesuai.

5. Membantu Proses Pembuatan Konten

Jika bisnis Anda bergerak di bidang digital dan kerap membuat konten di berbagai platform media sosial, maka menggunakan teknologi Artificial Intelligence adalah pilihan yang tepat, namun beresiko terkena penalty dari Google. 

Contohnya seperti berbagai software berteknologi Auto Generated Content yang dapat membantu mengeksekusi ide-ide kreatif sesuai perintah Anda.

Jadi, Anda bisa memanfaatkan teknologi untuk membuat konten marketing bisnis. Selain ChatGPT, ada juga Digital Intelligence Assistant atau DIA, yakni asisten penulisan email berbasis AI.

Perusahaan yang menggunakan fitur tersebut pada dashboard email akan terbantu dalam penulisan subjek, preheader, hingga body email. Sedangkan Anda cukup memasukkan perintah dan menyunting hasil yang DIA berikan.

6. Meningkatkan Pengalaman Konsumen

Manfaat teknologi Artificial Intelligence yang terakhir adalah dapat meningkatkan pengalaman konsumen. Hal ini tidak terlepas dari peran AI yang dapat menjadi asisten virtual untuk bantu menanggapi pertanyaan dan keluhan konsumen dengan cepat. Jadi, situasi ini bisa teratasi dengan lebih efisien.

Misalnya, penggunaan chatbot yang menggabungkan dua teknologi sekaligus, yakni teknologi AI percakapan dan teknologi Natural Language Processing atau NLP. 

Gabungan kedua teknologi ini akan menghasilkan pesan yang dipersonalisasi, sehingga dapat membantu pelanggan untuk menemukan solusi terbaik dari permasalahan mereka.

Tidak hanya itu saja, teknologi ini juga dapat mengurangi beban kerja tim customer service. Dengan begitu, produktivitas mereka bisa meningkat dan dapat mengerjakan tugas lainnya yang tidak bisa dilakukan oleh teknologi AI.

Verihubs, Perusahaan AI Indonesia untuk Tingkatkan Efisiensi Bisnis

Berbicara masalah perusahaan AI di Indonesia, tentu tidak terlepas dari Verihubs yang menjadi salah satu perusahaan Artificial Intelligence terbesar di Indonesia. Perusahaan berbasis SaaS ini menyediakan solusi lengkap bagi keamanan bisnis digital perusahaan di Indonesia.

Terdapat sejumlah layanan produk yang ditawarkan, seperti Face Biometrics Identity Verification dan OCR. Dengan adanya layanan tersebut, perusahaan akan terbantu dalam melakukan sejumlah aktivitas.

Misalnya, mengidentifikasi identitas calon rekan bisnis maupun pelanggan bisnis Anda, baik melalui gambar wajah, KTP, maupun foto selfie. Sehingga, Anda bisa memastikan keaslian dari data yang mereka berikan dan menghindari fraud di dunia digital. Agar, kerugian bisnis dapat Anda minimalisir.

Selain itu, Anda juga tak perlu ragu akan kualitas produk dari Verihubs. Karena sudah Tersertifikasi ISO 27001, NIST 1:1, 1:N, dan PAD (Presentation Attack Detection) nomor 1 di Indonesia. 

Kemudian, teknologi kamu juga mampu mendeteksi gambar dengan kualitas blur sekalipun, menggunakan teknologi biometrik terbaik, hingga bersinergi dengan Liveness Detection.

Artikel Terbaru Kami

ikd digital

Apa Itu IKD Digital? Verifikasi Identitas dengan Mudah!

pemasaran digital

Pemasaran Digital (Digital Marketing): Strategi dan Jenisnya

absensi digital sekolah

Studi Kasus: 4 Peranan Absensi Digital Sekolah dan Contohnya