Terbaik! 10 Rekomendasi Aplikasi Absensi Online Karyawan

rekomendasi aplikasi absensi online

Perkembangan teknologi terus meningkat sampai saat ini, bahkan hampir seluruh sektor kehidupan sudah tersentuh teknologi. Sekarang ini pun, sudah muncul aplikasi absensi online karyawan yang sangat membantu HRD dalam proses manajemen karyawan perusahaan. 

Tidak tanggung-tanggung, aplikasi absensi pegawai yang muncul saat ini pun banyak sekali jenisnya. Namun, pada artikel ini, akan membahas secara detail 10 apps absensi daring Android gratis dan berbayar terbaik yang mungkin bisa juga Anda gunakan. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

10 Aplikasi Absensi Karyawan Gratis dan Berbayar Terbaik

Berikut ini beberapa aplikasi absensi online karyawan gratis yang bisa Anda gunakan. 

1. Biometric Verification Verihubs

Rekomendasi aplikasi terbaik yang tidak boleh Anda lewatkan dalam mengelola perusahaan adalah produk Biometric Verification dari Verihubs. Produk ini akan membantu Anda dalam melakukan verifikasi identitas karyawan maupun pelanggan secara akurat. Ini penting, mengingat fraud dari teknologi semakin mudah saat ini. 

absensi kehadiran karyawan
Produk Absensi dengan Fitur Face Recognition dari Verihubs

Cara kerjanya, yaitu dengan mencocokkan foto hasil selfie dan KTP pengguna dengan sumber data yang ada. Jika ada perbedaan identitas, maka secara otomatis teknologi ini akan mendeteksinya. 

Tidak hanya itu, teknologi biometrik yang digunakan pun sudah bersertifikasi Internasional dari NIST untuk kategori FRTE 1:1 & 1:N pada fitur Face Recognition nya.

absensi liveness detection
Produk Absensi dengan Fitur Liveness Detection dari Verihubs

Bahkan, teknologi ini menggunakan liveness detection yang mana bisa mendeteksi wajah asli atau yang menggunakan masker. Pasalnya, fitur ini akan meminta pengguna untuk melakukan gerakan manusia dan mampu memberikan notifikasi apabila wajah pengguna tertutup masker untuk melepasnya saat absen.

Jadi, tidak akan ada celah pelanggan atau karyawan untuk melakukan kecurangan dalam perusahaan Anda. Salah satu kekurangan dari produk ini adalah berbayar, tapi untuk konsultasi dan demo produknya gratis. 

2. Quickbooks Workforce

Aplikasi absensi online PNS ini sudah banyak digunakan, karena dengan aplikasi Quickbooks Workforce, perusahaan bisa tahu siapa saja karyawan yang bekerja dan dimana lokasinya mereka saat itu juga. 

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur memeriksa waktu, membuat jadwal kerja dan istirahat, hingga mampu melacak berapa lama pegawai tersebut bekerja. Namun, kekurangan dari aplikasi ini yaitu ada batasan jumlah pengguna dan data Anda tidak selalu di back-up, sehingga ada kemungkinan kehilangan data. 

3. Zoho People

Aplikasi absensi online karyawan gratis selanjutnya, yaitu Zoho People, yang mana aplikasi ini memiliki fitur check in dan check out. Tidak hanya itu, di aplikasi ini juga  sudah tersedia banyak fitur lainnya, seperti pengajuan absensi, izin sakit, cuti, jadwal meeting, hingga jadwal training untuk pegawai. 

Akan tetapi, ada satu kekurangan dari aplikasi ini, yaitu tampilan fiturnya yang tidak terlalu user friendly. Jadi, akan membutuhkan banyak waktu untuk pemula dalam mempelajari cara kerja dari aplikasi ini.

4. When I Work Team Scheduling

Selanjutnya, ada When I Work Team Scheduling, yang juga cukup populer sebagai aplikasi absensi karyawan online. Aplikasi ini menyediakan sistem absensi yang mudah, sehingga ramah untuk pemula sekalipun. 

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur pengelolaan shifting, jam lembur, hingga penjadwalan kerja. Namun, kekurangannya yaitu versi gratis terbatas untuk usaha kecil saja, dengan 75 karyawan. 

5. Mekari Talenta

Mekari Talenta merupakan aplikasi absensi online PNS yang sangat direkomendasikan. Karena ada banyak sekali fitur gratis yang aplikasi ini tawarkan, namun yang  paling penting adalah fitur geo tagging dan liveness validation

Dengan fitur ini, karyawan bisa melakukan clock in dan clock out dengan metode selfie dari manapun. Kemudian, nantinya HR bisa memverifikasi kebenaran data tersebut secara otomatis. 

Akan tetapi, kekurangan dari aplikasi ini, yaitu masih sering terjadi lags ketika dijalankan, sehingga kemungkinan bisa mengganggu pekerjaan.

6. Connecteam

Aplikasi absensi online gratis Android yang tidak kalah bagus selanjutnya adalah Connecteam, yang mana tidak hanya menyediakan fitur absensi, tetapi juga ada fitur pengaturan jam lembur dan shift

Menariknya lagi, aplikasi ini juga menyediakan teknologi GPS, yang mana bisa membantu HR dalam melacak aktivitas karyawan dari manapun.  Selain itu, ada juga yang terintegrasi dengan payroll system, yang bisa membantu perusahaan dalam mengelola gaji karyawan.

Namun, kekurangan dari aplikasi ini, yaitu ada pada versi gratisnya, yang mana tidak tersedia opsi pembuatan jadwal secara otomatis. Jika Anda ingin menggunakan fitur ini, Anda perlu berlangganan terlebih dahulu.

Baca Juga: 7+ Rekomendasi Aplikasi Absensi Online AI Terbaik

7. Clockify – Time Tracker

Clockify adalah aplikasi absensi online yang cukup populer. Apps absensi karyawan gratis ini menyediakan 2 fitur utama yaitu Time tracker dan Timesheet.

Dengan kedua fitur ini, bisa membantu perusahaan dalam mengetahui apakah karyawan, benar-benar bekerja atau tidak saat itu. Selain itu, ada juga fitur Performance and Project review report yang membantu perusahaan dalam pemantauan kinerja karyawan. 

Akan tetapi, dalam penggunaan aplikasi ini masih sering terjadi lag. Maka dari itu, Anda perlu ekstra bersabar untuk menunggu proses loading, jika masalah ini terjadi. 

8. Hadir

Hadir merupakan aplikasi absensi gratis android selanjutnya yang bisa membantu Anda dalam mencatat kehadiran karyawan dengan lebih mudah dan cepat. Ini karena aplikasi ini memanfaatkan sistem pengenalan wajah untuk melakukan absensi pada karyawan. 

Tidak hanya foto yang tercatat, namun juga lokasi dan waktu selfie, sehingga tentunya bisa meminimalisir kecurangan jam kerja. Kemudian, aplikasi ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur penunjang, seperti Timesheet, Pengaturan Shift Kerja, Pengaturan Jam Lembur, hingga Sistem Gaji.

Namun, kekurangannya yaitu sangat bergantung pada sinyal internet. Jika sinyal internet lemah, kemungkinan Anda tidak akan bisa menggunakannya. Anda juga tidak disarankan untuk menggunakan WiFi saat menjalankan aplikasi ini. 

9. Jibble

Aplikasi absensi gratis android selanjutnya ini menyediakan fitur yang cukup lengkap. Mulai dari GPS hingga absensi selfie, dihadirkan dalam aplikasi ini.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan rekapitulasi absensi yang memungkinkan Anda dalam merekap hasil absensi, sehingga ketika evaluasi perusahaan pun akan semakin mudah. Bahkan, aplikasi ini juga menyediakan berbagai format untuk rekap absensi tersebut. 

Akan tetapi, aplikasi ini tidak user friendly. Jadi, bagi Anda yang masih pemula, perlu belajar lebih banyak untuk mengerti cara menggunakan setiap fiturnya. 

10. Time Clock Wizard

Time Clock Wizard termasuk aplikasi absensi online yang juga memiliki fitur yang cukup lengkap. Mulai dari absensi karyawan, penggantian jadwal, hingga jam kerja juga bisa diatur dengan aplikasi ini. Bahkan, untuk aplikasi ini juga sudah menyediakan fitur penggajian karyawan melalui jadwal kerja dan lembur yang ada. 

Kekurangan utama dari aplikasi ini, yaitu tidak user friendly. Jadi, bagi pemula membutuhkan waktu untuk mempelajari setiap fiturnya. Selain itu, tidak semua fitur pada aplikasi ini gratis.  

Baca Juga: Contoh Absensi Kehadiran Karyawan dengan Teknologi AI

Mau Pakai Aplikasi Absensi yang Mana?

Jadi, 10 aplikasi absensi online versi gratis dan berbayar terbaik yang bisa Anda pertimbangkan mulai dari Biometric Verification dari Verihubs hingga Time Clock Wizard. Anda tinggal tentukan sendiri untuk menggunakan aplikasi yang mana untuk bisnis.

Namun, jika Anda membutuhkan yang ekslusif, mudah dalam pengaplikasiannya, menggunakan teknologi AI terbaik, serta bersertifikasi, maka produk absensi Biometric Verification dari Verihubs bisa menjadi pilihan. 

Pasalnya, Verihubs merupakan perusahaan berbasis SaaS yang mampu menjamin keamanan dan keakuratan data serta sudah dipercaya oleh banyak perusahaan besar di seluruh dunia.

Artikel Terbaru Kami

biometrik inklusif

Biometrik Inklusif: Memperkuat Keamanan Industri Keuangan

Mengenal Apa Itu CFT dalam Melawan Pendanaan Terorisme

modus penipuan terbaru

Waspada! 5 Modus Penipuan Terbaru Salah Satunya dari WA!