Menilik Manfaat Robotic Process Automation dan Penerapannya

robotic process automation

Apa yang dimaksud dengan robotic process automation (RPA)? Robotic process automation adalah suatu perangkat lunak dalam sebuah sistem komputer untuk melakukan tugas-tugas dasar manusia yang repetitif dan terstruktur, seperti memproses invoice, mengisi pembagian kerja bagi karyawan, hingga melakukan proses audit, dan lain sebagainya.

Sebetulnya, keberadaan robotic process automation ini sudah diterapkan dalam dunia industri sejak beberapa dekade silam. Dan kemudian seiring berjalannya waktu dalam dunia IT yang terus mengalami perkembangan, dunia industri juga menggunakannya untuk optimalisasi kerja. Keberadaan robotic process automation ini juga sudah mulai digunakan perusahaan sejak awal dekade 2000-an, dan bahkan di masa mendatang penggunaannya diprediksi akan semakin tumbuh pesat.

Apa Manfaat Penggunaan Robotic Process Automation?

robotic process automation
Sumber: Freepik

Manfaat yang bisa dirasakan oleh perusahaan berkat adanya teknologi baru sangatlah besar dalam berbagai sektor. Secara umum, ada beberapa manfaat utama yang didapatkan perusahaan jika menggunakan RPA. Berikut ini adalah ulasannya yang perlu Anda ketahui:

1. Hasil Audit Menjadi Lebih Akurat

Proses audit keuangan merupakan satu hal yang paling melelahkan dalam sebuah perusahaan. Selain dibutuhkan ketelitian dan juga kejelian, setiap perusahaan tentunya juga memerlukan tenaga ahli dalam menghitung arus keuangan yang ada. Dan jika perusahaan memutuskan untuk menggunakan jasa konsultan keuangan, bisa jadi akan mengeluarkan biaya yang banyak. Nah, hal ini akan lebih mudah jika perusahaan menggunakan robotic process automation.

RPA terdiri dari sistem komputasi yang canggih dalam melakukan proses audit secara otomatis, sehingga hasilnya pun bisa lebih akurat dan waktu yang diperlukan dapat dipangkas. Begitu juga dengan pengeluaran-pengeluaran lainnya seperti menggunakan jasa konsultan keuangan.

2. Dapat Mempermudah Divisi HR Saat Input Data Karyawan

Sebagaimana yang telah diketahui bersama, bahwa divisi HR memegang peranan penting dalam sebuah perusahaan. Pasalnya, divisi HR-lah yang mengatur jalannya proses produksi dalam sebuah perusahaan, begitu juga dengan pencatatan data karyawan, hingga absensi. Termasuk juga menyortir dokumen-dokumen digital dari pelamar kerja.

Sebelumnya, pekerjaan-pekerjaan itu hanya bisa dilakukan secara manual dan dibutuhkan proses ketelitian dan kejelian. Dan tentu saja hal semacam itu akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Lain halnya dengan adanya robotic process automation, yang membuat divisi HR dapat bekerja dengan cepat dan lebih baik sehingga dapat menyelesaikan pekerjaan lainnya.

3. Efisiensi dalam Produksi

Manfaat dan keuntungan berikutnya ketika perusahaan Anda menggunakan robotic process automation yaitu bisa meningkatkan efisiensi produksi. Produksi yang dikerjakan secara otomatis juga akan berpengaruh pada kapasitas barang yang dihasilkan dengan baik, dan bahkan RPA mampu meningkatkan efisiensi antara 45-75%.

4. Dapat Meningkatkan Pelayanan pada Konsumen

Salah satu hal yang tidak kalah pentingnya dari keuntungan menggunakan RPA adalah mampu mengetahui tren yang terjadi di pasaran dan meningkatkan pelayanan konsumen. Perusahaan Anda mungkin tidak bisa melayani pertanyaan maupun keluhan konsumen, jadi RPA bisa menjadi salah satu solusi yang bisa Anda terapkan. Dengan menggunakan RPA, maka perusahaan Anda bisa menggunakan fitur chatbot yang mampu menjawab pertanyaan konsumen secara cepat dalam waktu 7×24 jam. Dengan begitu, semua pertanyaan hingga berbagai keluhan dari para konsumen akan terjawab dengan baik dan konsumen juga akan merasa lebih puas.

Baca juga: 3 Teknik Validasi Data yang Akurat, Kolaborasi dengan AI

Penerapan Robotic Process Automation

robotic process automation
Sumber: Freepik

Robotic process automation memiliki banyak keuntungan dan manfaat. Kira-kira, perusahaan apa saja yang perlu menerapkan teknologi RPA ini?

1. RPA untuk Perusahaan Keuangan

Bagi perusahaan yang bergerak di bidang keuangan (finance) seperti bank dan lembaga keuangan lainnya, ketelitian adalah sebuah hal penting. Baik itu dalam melihat transaksi keuangan, pembuatan akun bagi para nasabah, hingga melihat arus keuangan dalam jumlah besar.

Bisa dibayangkan jika tidak menggunakan RPA, maka proses tersebut akan berjalan cukup lambat dan akan memakan waktu. Dengan adanya RPA, data-data keuangan akan diproses dengan baik dan bahkan dapat mengurangi risiko. Di samping itu, fitur ini pun dilengkapi dengan sistem keamanan termutakhir sehingga semua data yang ada akan terjaga dengan baik, hingga dapat mencegah terjadinya tindakan fraud.

2. RPA untuk Perusahaan Manufaktur

Selain bank dan lembaga keuangan lainnya, perusahaan berikutnya yang perlu untuk menggunakan RPA adalah perusahaan manufaktur. Keberadaannya dalam dunia industri manufaktur akan sangat membantu dalam hal produksi barang, mengecek kondisi barang atau memonitor ketersediaan material yang dibutuhkan. Dengan kata lain, RPA ini juga akan membantu dalam proses quality control dan inventory control sehingga akan memudahkan para karyawan agar mereka dapat bekerja secara optimal dan perusahaan dapat menciptakan produk dengan kualitas terbaik. 

3. RPA untuk e-Commerce

Saat ini, bisnis e-commerce telah menjadi salah satu primadona bisnis yang menguntungkan. Nah, penggunaan RPA untuk bisnis e-commerce sangat penting sebab bisa diandalkan untuk menunjang promosi produk, penghitungan keuangan, hingga pembayaran. Dengan begitu, semua proses transaksi akan berjalan secara lebih baik dan lancar.

Baca juga: AI Face Recognition, Kini dan Nanti

Jika Anda ingin mulai membangun ekosistem digital bisnis Anda, pastikan Anda memilih partner yang tepat. Verihubs hadir menawarkan sistem teknologi berbasis AI yang canggih dan mudah digunakan. Verihubs akan memberikan berbagai solusi untuk membuat customer journey yang lebih simpel dan dengan standar keamanan yang lebih unggul.

Dapatkan service terbaik, silakan Anda menghubungi kontak layanan Verihubs sekarang.

Artikel Terbaru Kami

ikd digital

Apa Itu IKD Digital? Verifikasi Identitas dengan Mudah!

pemasaran digital

Pemasaran Digital (Digital Marketing): Strategi dan Jenisnya

absensi digital sekolah

Studi Kasus: 4 Peranan Absensi Digital Sekolah dan Contohnya