Mengenal SMS Blast, Strategi ‘Offline’ untuk Pemasaran Anda

sms blast

Penggunaan SMS blast sekarang ini menjadi perhatian cukup banyak brand. Tidak hanya karena banyak data yang menunjukkan demikian (misalnya pada salah satu artikel di accurate.id yang menyebutkan bahwa tingkat potensi SMS dibuka sampai 98%, dan 91% diantaranya dibuka dalam waktu kurang dari 3 menit setelah diterima). Tapi sebenarnya apa itu SMS blast?

Menjadi salah satu metode pemasaran yang dapat digunakan oleh brand atau produk Anda dalam menyebarkan pesan pemasaran, cara ini menggunakan dasar media pesan singkat sebagai penyampainya.

Untuk mengenal lebih jauh mengenai metode pemasaran ini, serta manfaat dan tips penggunaannya, Anda bisa simak penjelasan berikut ini.

Baca Juga: Bermanfaat! Ini 5 Kegunaan Flash Call Verification bagi Bisnis

Pertama, Mari Kenali Apa Itu SMS Blast

sms blast
Sumber: freepik.com

SMS blast dapat dipahami sebagai pengiriman pesan singkat melalui kanal SMS dengan menggunakan nama perusahaan sebagai pengirimnya. Pesan singkat kemudian dikirimkan ke banyak orang secara bersamaan dari satu sumber.

Pesan yang dikirimkan sendiri biasanya berisi promosi yang memberikan benefit pada pelanggan, atau berupa penawaran tertentu. Sifatnya lebih personal dan dapat menjangkau lebih banyak user dalam satu waktu yang sama.

Pesan singkat yang dikirimkan dengan metode ini juga dapat berisi tautan yang bisa diklik, dan terhubung dengan kanal lain milik bisnis Anda. Kode promo atau potongan harga, hingga rilisan produk terbaru, menjadi isi dari pesan yang dikirimkan secara luas ini.

Manfaat Penggunaan Strategi Ini dalam Pemasaran’

sms blast
Sumber: freepik.com

Penggunaan SMS blast kemudian memiliki beberapa manfaat, berangkat dari sifat pesan singkat yang dikirimkan langsung ke nomor seluler dari pelanggan yang dimiliki. Beberapa manfaatnya antara lain adalah sebagai berikut.

1. Prosesnya Cepat, Mudah, dan Praktis

Penyusunan pesan yang cepat, mudah, dan praktis dapat meningkatkan efisiensi pemasaran yang Anda miliki. Anda dapat dengan mudah menggunakan jasa dari pihak ketiga atau vendor yang menyediakan layanan ini.

Penyusunan copy yang jitu jadi kunci dari pengiriman SMS ke pelanggan yang Anda miliki. Cermati tujuan pengiriman SMS, dan sesuaikan dengan copy yang akan jadi konten utamanya.

2. SIfatnya Pribadi dan Langsung ke Nomor Seluler

Tidak dikirimkan sebagai unggahan publik atau dipampang pada media tertentu, pesan singkat yang digunakan akan secara langsung masuk ke nomor seluler milik user Anda. Jelas, sebelumnya Anda wajib melakukan verifikasi nomor telepon user yang digunakan, agar pesan ini sampai ke user yang diinginkan.

Anda juga dapat membuat pesan terasa lebih personal, dan disesuaikan dengan karakter dari user yang telah Anda ketahui sebelumnya. Dengan penggolongan user, maka pesan yang dikirimkan akan terasa lebih relate, dan memberikan efek yang lebih baik.

3. Sasaran Pengiriman Global

Tidak hanya dalam artian cakupan wilayah, namun juga pada cakupan perangkat yang digunakan. Mungkin beberapa orang masih tidak memiliki media sosial sekarang ini, atau secara langsung melakukan pemblokiran pada konten tertentu di media sosialnya.

Namun untuk nomor seluler, dapat dipastikan sebagian besar orang di dunia memilikinya. Hal ini yang menjadikan penggunaan SMS blast salah satu media pemasaran yang memiliki cakupan sangat luas. SMS bisa dikirimkan ke berbagai jenis perangkat, selama memiliki nomor seluler sebagai tujuannya.

4. Biayanya Lebih Terjangkau

Metode blasting atau pengiriman SMS secara masif ini ternyata memiliki biaya yang jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan metode pemasaran lainnya. Media promosi offline, terlebih, memiliki biaya yang tidak kecil dan akan memerlukan perencanaan sangat cermat.

Meski bukan berarti cara ini bisa dilakukan dengan asal-asalan, tapi setidaknya Anda tak perlu ragu ketika akan menggunakan metode tersebut. Selama semua direncanakan dengan baik dan terukur, idealnya metode ini juga akan memberikan efek yang sesuai harapan.

7 Tips Jitu Melakukan SMS Blast untuk Bisnis

sms blast
Sumber: freepik.com

Sebenarnya penerapan SMS blast ini tidak jauh berbeda dengan pembahasan di artikel terkait mengenai SMS marketing. Beberapa tips melakukannya secara jitu adalah sebagai berikut.

1. Specific, Measurable, Achievable, Relevant, Time Specific

Atau biasa dikenal dengan SMART, harus diterapkan pada setiap metode pemasaran yang Anda gunakan. Dengan lima prinsip ini, SMS blast dapat menjadi metode pemasaran yang efektif dan terukur, sehingga hasilnya dapat dilihat secara gamblang.

2. Gunakan Copy yang Tepat

Tidak selalu harus bernada formal, terkadang SMS blast juga dapat menggunakan nada casual sesuai dengan user yang menjadi sasaran Anda. Akan lebih baik jika Anda melakukan penggolongan user terlebih dahulu berdasarkan karakternya, dan membuat beberapa format teks yang berbeda sesuai dengan user ini.

3. Cermati Aturannya, Taati Semua

Terkait dengan regulasi yang berlaku, pastikan Anda memahami semua dan menaatinya. Tindakan blasting yang menyalahi aturan bisa membawa Anda pada masalah baru yang sebenarnya tidak perlu muncul. Jika diperlukan, Anda bisa berkonsultasi dengan pihak terkait yang lebih ahli.

4. Kirim ke Pelanggan Terdaftar dan Terverifikasi

Memastikan pengiriman dilakukan pada user yang sudah terdaftar dan terverifikasi menjadi penting demi efisiensi dan akurasi pengiriman pesan. Meski mudah dan cepat, namun jika dilaksanakan dengan gegabah hal ini dapat membuat Anda menemukan banyak masalah.

5. Rangkai Pesan dalam 160 Karakter

Format umum dalam pesan singkat adalah 160 karakter saja. Maka dari itu, pastikan SMS yang Anda kirimkan tidak lebih dari jumlah karakter tersebut, sebab bisa jadi pesan yang Anda kirimkan akan terbagi menjadi dua atau lebih bagian karena terlalu panjang.

6. Perhatikan Zona Waktu

Zona waktu yang digunakan oleh pemilik nomor telepon juga harus jadi perhatian. Sebab hal ini bisa berhubungan dengan promo yang Anda berikan. Dengan kesamaan zona waktu, atau pengamatan zona waktu yang jelas, Anda bisa memperoleh respon yang diharapkan dari pesan yang dikirimkan tersebut.

7. Jangan Lupakan CTA

Sebagai pemasar yang baik, Anda juga tak boleh lupa menyematkan call to action yang menjadi pemicu user melakukan aksi yang diharapkan. Meski terdengar klasik, namun penyematan CTA ini tetap penting untuk membangkitkan keinginan user dalam melakukan tindak lanjut atas promo yang diberikan.

Baca Juga: Cara Mencegah Pemalsuan Identitas dan Regulasi Hukumnya 

Pengiriman SMS blasting wajib dilakukan dengan cermat dan terukur, pada pelanggan yang nomornya telah terverifikasi. Dengan Verihubs, Anda dapat melakukan keduanya dengan cepat, efektif, dan akurat.

SMS Global OTP Verihubs untuk Membantu SMS Blasting Anda

Anda dapat memanfaatkan produk Verihubs ini untuk membantu eksekusi SMS blast yang Anda inginkan. Tidak hanya bisa membantu verifikasi nomor telepon dengan menggunakan SMS Global OTP, namun produk ini juga menawarkan tarif API terbaik untuk pengiriman pesan promosi, pengiriman notifikasi dan mass alert dan bebas melakukan modifikasi ID pengirim untuk bisnis Anda. Lebih dekat dengan pelanggan dengan kirim SMS Global OTP dengan layanan pelanggan kami sekarang juga, dan dapatkan informasi lengkapnya!

Artikel Terbaru Kami

manfaat sertifikat elektronik

Manfaat Sertifikat Elektronik: Jenis & Contohnya!

cara cek ktp asli atau palsu

Terbukti! Cara Cek KTP Asli atau Palsu dengan Cepat!

cloud computing

Cloud Computing: Contoh & Implementasi Untuk Perusahaan