SMS Spam, Bagaimana Cara Mencegah dan Melaporkannya?

December 5, 2022
SMS Spam, Bagaimana Cara Mencegah dan Melaporkannya?

Apa itu SMS spam? Secara umum, arti spam adalah aktivitas mengirimkan pesan kepada orang lain dengan menggunakan perangkat elektronik secara terus-menerus, dan dengan jumlah yang masif tanpa dikehendaki oleh si penerimanya. Aktivitas spam ini juga disebut dengan spamming, sedangkan pelakunya disebut dengan spammer.

Pada umumnya, pesan yang dikirim oleh spammer berisi iklan atau informasi yang sebenarnya tidak dibutuhkan oleh penerima. Namun, pengirim spam tetap melakukannya karena memiliki tujuan tertentu yang ingin didapatkan dari si penerima.

Kegiatan spamming banyak dilakukan di internet karena adanya anggapan bahwa spam adalah cara yang mudah dan murah untuk memasarkan sesuatu atau untuk kepentingan lainnya di internet. Dari sisi si penerima pesan, tentu saja spam menjadi momok yang sangat mengganggu karena dapat menyita waktu, hingga menguras sumber daya perangkat elektronik.

Alasan Dibalik Kegiatan Spamming di Internet

sms spam
Sumber: Freepik

Lantas, mengapa hingga saat ini banyak sekali yang melakukan kegiatan spamming di internet? Sebetulnya ada beberapa alasan mengapa para spammer tetap melakukan spamming meskipun dapat merugikan orang lain. Mengacu pada arti spam yang telah dijelaskan sebelumnya, adapun beberapa tujuan spam adalah sebagai berikut:

1. Spam untuk Keperluan Promosi

Ada banyak pihak yang ingin memasarkan sesuatu di internet dengan cara-cara yang tidak etis, salah satunya adalah dengan mengirimkan spam kepada orang lain. Isi pesan yang terdapat dalam pesan spam inj biasanya penawaran barang atau layanan jasa. Pelaku spam bisa dari mana saja, baik itu perorangan atau perusahaan, bahkan ada juga perusahaan yang menjadikan pesan spam melalui email dan SMS sebagai kanal pemasarannya.

Dari sisi penerima spam tentunya akan merasa terganggu setiap kali menerima spam berisi pesan komersial. Alih-alih terjadi penjualan, pada umumnya spam promosi tidak menghasilkan penjualan. Jikapun terjadi penjualan, maka hal itu hanya kebetulan dan sangat jarang terjadi.

2. Spam yang Bertujuan untuk Penipuan

Selain untuk tujuan promosi penjualan, spam untuk tujuan penipuan juga sangat marak ditemukan, baik melalui email, SMS, dan media lainnya. Modus penipuannya sangat beragam, seperti mengambil alih akun online (phishing), pencurian data, meminta uang, dan lain sebagainya.

Salah satu modus penipuan yang sangat sering terjadi saat ini adalah pencurian akun online (phishing). Biasanya, pelaku akan mengirimkan email spam secara random di mana isi pesan menyebutkan bahwa si penerima telah memenangkan hadiah undian. Di dalam email spam tersebut akan disisipkan link ke situs tertentu di mana si penerima spam harus login menggunakan akun email. Ketika korban mengetikkan email dan password, maka setiap ketukan keyboard telah direkam sehingga si penipu mengetahui alamat email dan password email korban.

3. Spam yang Hanya Sekadar Iseng

Spam untuk tujuan iseng ini adalah bentuk spam yang cukup mengganggu pengguna internet. Meskipun tidak bermaksud melakukan tindakan penipuan atau tindakan kejahatan lainnya, tapi si penerima spam akan mendapatkan kerugian dan spammer akan mendapatkan keuntungan jika korban merespon. Salah satu contoh keisengan dalam kegiatan spam yaitu menyebarkan link website tertentu di bagian komentar blog orang lain. Ada juga yang membagikan gambar tidak senonoh atau link situs porno di bagian komentar status media sosial orang lain.

Apa Dampak Buruk Spam bagi Perorangan dan Bisnis

Fakta bahwa tidak ada bentuk spam yang memberikan manfaat kepada penerimanya menunjukkan bahwa spam bisa membawa dampak buruk. Mengacu pada pengertian spam, beberapa dampak buruk spam bagi perorangan maupun bisnis adalah sebagai berikut:

  • Menghabiskan waktu untuk menghapus dan membersihkan spam dari perangkat elektronik si penerima. 
  • Menghabiskan sumber daya perangkat elektronik sehingga tidak dapat digunakan secara optimal.
  • Menghabiskan bandwidth karena penggunaan internet untuk menghapus spam akan menjadi lebih banyak.
  • Dapat mengakibatkan sebuah website atau blog menjadi lambat karena memproses terlalu banyak komentar spam.
  • Perangkat elektronik menjadi rentan terhadap kemungkinan terjangkit virus atau malware yang menyusup di dalam spam.

Baca juga: 9 Keunggulan Phone Number Verification

Bagaimana Cara Mencegah dan Melaporkan SMS Spam

sms spam
Sumber: Freepik

Ada beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah dan melaporkan SMS spam. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

1. Manfaatkan Fitur Blokir Bawaan Perangkan Seluler

Beberapa perangkat seluler baik Andriod maupun iPhone telah menyertakan fitur blokir SMS spam. Caranya cukup mudah, tinggal masuk ke menu pesan, lalu tekan dan tahan pada pesan yang ingin diblokir. Lalu, pilih opsi “Tambahkan ke Daftar Hitam”, dan selesai! Sementara, untuk iPhone, tinggal buka teks dari nomor yang ingin diblokir dan ketuk nomor pengirim. Klik ikon info (i) dan klik nomor telepon, lalu pilih opsi “Blokir Penelepon” atau “Blokir Kontak”, dan selesai.

2. Gunakan Pengaturan Rahasia di Perangkat Seluler

Sebenarnya, ini bukan pengaturan rahasia, hanya saja masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Fitur ini dapat menghilangkan pesan spam dan teks robot dengan memfilter spam di perangkat seluler. Untuk perangkat iPhone, silakan klik Pengaturan > Pesan > pilih Memfilter Pengirim Tidak Dikenal dan aktifkan pengaturan. Sementara untuk para pengguna Android, silakan pilih menu Telepon > ketuk ikon tiga titik di sebelah kanan atas > Pengaturan > Blokir > Blokir Pesan > pilih Blokir Pesan dari Nomor tidak Dikenal. Pengguna juga bisa mengatur kata kunci untuk pesan spam dan memasukkan kata-kata yang ingin disaring.

4. Install Aplikasi Spam Blocker

Langkah pertama, Anda bisa menghentikan SMS spam dengan meng-install aplikasi spam blocker, di mana aplikasi semacam ini akan secara otomatis memblokir SMS spam dari pengirim yang tidak dikenal. Kecerdasan buatan yang ditanamkan mampu membedakan mana nomor pribadi dan nomor yang digunakan oleh scammer atau telemarketer. Selain itu, sebagian aplikasi spam blocker juga dapat memblokir panggilan dari nomor yang tidak dikenal. 

5. Laporkan Nomor SMS Spam ke Otoritas yang Berwenang

Jika sudah muak menerima SMS spam yang tidak bisa ditolerir, silakan adukan nomor spam ke otoritas yang berwenang. Per Desember 2018 lalu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) telah membuka layanan aduan nomor telepon yang melakukan penipuan atau dianggap menyebar pesan spam.

Adukan nomor tersebut ke akun Twitter @aduanBRTI dan nomor tersebut akan diblokir oleh Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI). Caranya, cukup mengunggah screenshot pesan beserta nomor yang dianggap melakukan spam, lalu mention ke @aduanBRTI. Prinsipnya, semakin banyak aduan, maka akan semakin cepat nomor tersebut diblokir.

Baca juga: Cara Kerja Fraud Detection dan Benefitnya untuk Bisnis

Jangan Anggap Remeh SMS Spam, Pakai Fitur Canggih pada Bisnis Anda!

Pastikan bisnis Anda telah menerapkan sistem verifikasi berbasis teknologi agar terhindar dari penipuan. Anda bisa memilih sistem verifikasi yang paling unggul seperti Verihubs, yang menawarkan fitur Phone Number Verification. Fitur ini memungkinkan Anda dapat melakukan verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.

Anda bisa melakukan verifikasi, notifikasi, mass alert, hingga promosi ke pelanggan secara massal dengan Programmable Messaging API Verihubs. Bisnis Anda juga dapat terhindar dari label SMS spam karena ID pengirim dapat di custom sesuai dengan nama bisnis Anda.

Dapatkan informasi selengkapnya dengan menghubungi kontak layanan Verihubs sekarang juga!