Software Pendeteksi Wajah Verihubs, Terapkan di Bisnis Anda!

software pendeteksi wajah

Sebagian orang masih bertanya, memangnya kenapa bisnis atau perusahaan perlu menerapkan software pendeteksi wajah?

Di era modern seperti sekarang ini, bisnis Anda memang butuh software pendeteksi wajah karena software ini mampu mengenali seseorang melalui gambar menggunakan foto wajah  dengan mudah dan praktis. Sistem ini juga bisa digunakan untuk mengidentifikasi orang yang sudah teridentifikasi sebelumnya atau untuk melacak orang-orang yang belum dikenal dalam sistem.

Selain sebagai software pendeteksi wajah, teknologi canggih ini juga bisa digunakan dalam hal memberikan pelayanan kepada pelanggan, membuka dan mengontrol akses masuk ke suatu tempat. Bahkan bisa juga untuk mengontrol akses ke suatu data, pengamanan sistem data pelanggan, hingga keamanan perangkat dalam bisnis.

Tahapan Software Pendeteksi Wajah

software pendeteksi wajah
Sumber: Freepik

Berikut ini adalah beberapa tahapan software pendeteksi wajah atau yang juga dikenal dengan istilah face recognition.

Tahap pertama adalah tahap deteksi, di mana sistem akan melakukan deteksi dan identifikasi pada bentuk atau objek wajah yang dimasukkan oleh pengguna. Setelah itu, sistem akan memeriksa sebuah citra yang dimasukkan.

Kemudian tahap berikutnya adalah penglihatan komputer, yang akan melakukan proses identifikasi orang, tempat, benda, hingga objek yang ada pada citra tersebut. Tahap ini juga memungkinkan sistem untuk mengenali dan memisahkan citra dari setiap objek, sehingga analisa wajah bisa dilakukan dengan optimal di tahap berikutnya.

Lalu ada tahap analisa, di mana setelah diperoleh citra wajah milik pengguna maka sistem akan melakukan analisa wajah tersebut untuk memetakan, membaca, dan mengkodekan geometri dan profil dari wajah pengguna. Data yang dihasilkan kemudian akan diubah menjadi kode yang bisa dikenali oleh sistem.

Terakhir adalah tahap pengenalan. Dari kode yang sudah disusun dan diekstrak sebelumnya, sistem akan mengenali identitas pengguna yang memasukkan citra tersebut, di mana proses pencocokan akan terjadi secara cepat, dan otentikasi atau verifikasi berjalan lancar jika ditemukan kecocokan dalam database.

Baca juga: AI Face Recognition, Kini dan Nanti

Penerapan Software Pendeteksi Wajah

software pendeteksi wajah
Sumber: Freepik

Software pendeteksi wajah terus dikembangkan, bahkan diprediksi di masa yang akan datang akan berorientasi pada penggunaan teknologi AI secara maksimal.

Software pendeteksi wajah dikembangkan supaya dapat membantu aparat penegak hukum dalam mengidentifikasi pelaku kriminal dan melakukan penangkapan dengan cepat. Hal ini juga termasuk pengenalan wajah yang menggunakan aksesoris, pengenalan wajah dari berbagai sisi secara sebagian, dan lainya.

Selain itu, software ini juga akan membantu aktivitas pemasaran menjadi lebih terarah. Optimasi software pendeteksi wajah juga akan dioptimalkan untuk pemasaran yang lebih terarah, di mana di titik-titik strategis media pemasaran dapat dipasang dan diintegrasikan dengan perangkat pemindai. Sehingga sistem akan lebih mudah dalam mengidentifikasi usia, jenis kelamin, hingga preferensi produk yang mungkin sudah terdata. Dengan begitu, konten-konten pemasaran yang disajikan bisa disesuaikan dengan hasil pengenalan yang dilakukan sistem, sehingga memicu efisiensi pemasaran yang lebih baik, dan hasil penjualan lebih meningkat. Bahkan, sistem ini juga mampu menyajikan percobaan produk yang lebih sesuai dengan pelanggan yang dideteksi.

Memangnya, apa kelebihan dari software pendeteksi wajah?

Teknologi ini memungkinkan pengamanan akses dengan cara yang mudah dan praktis. Jika dulu pengguna harus mengingat kombinasi username dan password, sekarang pengguna hanya perlu berdiri di depan mesin pemindai, dan akses akan dengan mudah diberikan ketika data terverifikasi. Hal ini juga berarti bahwa teknologi ini juga membawa banyak kemudahan pada setiap golongan masyarakat, mengingat prosesnya yang tidak rumit dan sangat sederhana untuk pengguna.

Kemudian, karena menggunakan basis data profil wajah yang akan dianalisis sebagai serangkaian kode dalam sistem, maka akurasi datanya sangat tinggi. Kesalahan akan berada pada titik minimal, pada bidang pencocokan dan verifikasi data, dan bahkan pada orang-orang yang memiliki kemiripan profil atau bentuk wajah, perbedaan akan tetap dapat diidentifikasi dengan baik.

Ekstraksi data pada profil wajah akan dilakukan secara berulang pada tahap awal, untuk mendapatkan data seakurat mungkin pada akun pengguna. Dengan begitu, sistem akan mengidentifikasi dengan identik seorang pengguna, dan aksesnya akan sulit diduplikasi. 

Kelebihan lainnya adalah sistem dapat terhubung dengan database solid seperti milik pemerintah. Selain itu, sistem ini memungkinkan permintaan akses dilakukan secara touchless karena face recognition hanya memerlukan pemindaian citra wajah secara mudah, tanpa menyentuh perangkat apapun.

Baca juga: Penerapan Teknologi Verifikasi Wajah di Berbagai Negara

Serupa dengan metode proteksi akses lain, penerapan software pendeteksi wajah dapat digunakan pada berbagai jenis industri berbeda. Mulai dari perbankan dan lembaga keuangan, fintech, aplikasi smartphone, kesehatan, pariwisata, pertambangan, hingga pengelolaan bisnis, dan lain sebagainya.

Anda bisa memilih Verihubs sebagai solusi autentikasi dan verifikasi yang terbaik. Memiliki fitur Face Recognition di dalam produknya, Verihubs dinilai lebih unggul dari berbagai aspek. Mudah, praktis, akurat, dan cepat, Verihubs akan menjadi andalan perusahaan Anda.

Langsung saja hubungi kontak layanan pelanggan Verihubs untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

Artikel Terbaru Kami

biometrik inklusif

Biometrik Inklusif: Memperkuat Keamanan Industri Keuangan

Mengenal Apa Itu CFT dalam Melawan Pendanaan Terorisme

modus penipuan terbaru

Waspada! 5 Modus Penipuan Terbaru Salah Satunya dari WA!