Pentingnya Software untuk Cek Identitas bagi Bisnis Anda

software untuk cek identitas

Kenapa software untuk cek identitas diperlukan dalam bisnis? Pengecekan identitas atau verifikasi identitas adalah proses memverifikasi bahwa identitas seseorang benar-benar milik orang tersebut dan bahwa informasi yang tercantum pada identitas tersebut benar.

Verifikasi identitas sering diperlukan saat seseorang ingin melakukan transaksi bisnis atau administrasi, terutama untuk pemerintahan, yang membutuhkan identitas yang valid. Pengecekan identitas bisa dilakukan melalui berbagai cara, tergantung pada jenis identitas yang akan diverifikasi.

Salah satu cara yang paling umum digunakan adalah memeriksa keaslian dokumen milik yang bersangkutan, dengan meminta yang bersangkutan untuk menunjukkan dokumen asli kepada pihak yang berwenang. Selain itu, pengecekan identitas juga dapat dilakukan dengan mengecek informasi yang tercantum pada identitas tersebut melalui sistem informasi pemerintah atau lembaga terkait lainnya.

Software untuk cek identitas juga bisa diandalkan untuk memverifikasi identitas seseorang. Ada berbagai jenis dokumen yang bisa diverifikasi menggunakan software untuk cek identitas, mulai dari KTP (Kartu Tanda Penduduk), paspor, SIM (Surat Izin Mengemudi), atau bahkan kartu keanggotaan.

Manfaat Penggunaan Software untuk Cek Identitas dalam Bisnis

software untuk cek identitas
Sumber: Freepik

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan, jika bisnis Anda menggunakan software untuk cek identitas pelanggan. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Identitas Pelanggan Dapat Dipastikan Keasliannya

Verifikasi identitas dengan software adalah proses yang mutlak diperlukan sehingga Anda dapat memastikan, bahwa pembawa kartu identitas adalah pemilik sah kartu tersebut.

2. Tindak Penipuan dan Penyalahgunaan Data Dapat Dicegah

Manfaat selanjutnya dari penerapan software untuk cek identitas adalah melakukan pencegahan pada tindak penipuan atau penyalahgunaan kartu identitas beserta datanya. 

3. Fraud atau Penyelewengan Dapat Terdeteksi dengan Mudah

Setiap orang pasti memiliki nama, NIK, dan nomor telepon yang berbeda, yang menjadikannya unik dalam database sebuah sistem. Pada saat terjadi upaya fraud menggunakan data ini, maka pengguna yang asli dapat segera diberikan notifikasi, sehingga deteksi dini pada ancaman tersebut dapat dilakukan.

Tanpa software, maka data yang ada di KTP akan lolos begitu saja dari proses pencocokan dengan data yang ada di dalam database. Saat kartu identitas digunakan oleh orang lain, maka ancaman kerugian akan mengintai pemilik asli dari KTP atau kartu identitas tersebut.

Baca juga: Apa Saja Keuntungan Menggunakan WhatsApp Multi Admin?

Tips Memilih Software untuk Cek Identitas

software untuk cek identitas
Sumber: Freepik

Bagaimana, sudah terbayang bukan betapa pentingnya penerapan software untuk cek identitas bagi bisnis Anda? Jika diterapkan secara ideal, maka software ini dapat benar-benar menekan tindak penyalahgunaan KTP oleh pihak yang tidak bertanggungjawab sehingga segala macam kerugian dapat dihindari.

Di bawah ini ada beberapa tips memilih software untuk cek identitas yang bisa Anda perhatikan:

1. Pilih Software yang Menggunakan Sumber Data Resmi

Anda membutuhkan software verifikasi pelanggan yang menggunakan sumber data otoritatif, seperti database pemerintah atau kantor registrar universitas. Software yang menggunakan berbagai sumber data akan semakin meningkatkan akurasi dan keandalan verifikasi.

2. Memiliki Kemampuan Meninjau Dokumen Hingga 100%

Untuk memberikan pengalaman layanan pelanggan terbaik, software yang akan Anda pilih harus mengetahui dokumen apa yang dianggap sebagai bentuk tanda pengenal yang valid di berbagai negara. Selain itu juga harus mendukung kemampuan untuk segera mengunggah dokumen 24/7 online. Serta memberikan tinjauan dokumen yang efisien dalam beberapa menit atau jam (bukan hari atau minggu).

3. User-Friendly dan Tidak Mempersulit Pelanggan

Jika pelanggan harus berpindah ke banyak laman, atau memberikan informasi identitas pribadi seperti nomor jaminan sosial, yang ada mereka akan meninggalkan aplikasi tersebut dan mengabaikannya. Jadi, pilih software yang memberikan kemudahan sehingga akan meningkatkan konversi. Biasanya, software yang menggunakan sumber data otoritatif tidak memerlukan banyak data untuk memverifikasi pelanggan.

4. Pilih Desain yang Responsif

Software verifikasi Anda harus memiliki desain web yang responsif dan cocok dengan layar apa pun. Hal ini penting untuk tetap kompetitif dan memenangkan bisnis audiens Anda. 

5. Memiliki Perlindungan Terhadap Penipuan

Perlu diketahui bahwa penipu selalu ada di luar sana dan mencoba mencari cara untuk mengeksploitasi penawaran Anda. Mereka akan membuat institusi pendidikan palsu, memalsukan dokumen, identitas palsu, dan masih banyak lagi. Maka untuk meminimalisir hal ini, software verifikasi pelanggan Anda perlu menyertakan lapisan tambahan perlindungan untuk penipuan.

6. Pilih Software yang Aman

Pastikan software untuk cek identitas pelanggan Anda tidak mengumpulkan informasi identitas pribadi invasif, seperti nomor jaminan sosial atau lainnya.

Baca juga: Bagaimana Cara Menggunakan Sistem Face Recognition API?

Penggunaan software untuk cek identitas menjadi hal yang sangat krusial dalam bisnis Anda. Dalam hal ini, Anda bisa memilih  Identity Verification dari Verihubs. Dengan fitur ID Check yang ada, Anda dapat memastikan keaslian identitas dengan verifikasi data dari KTP, mengacu pada database valid milik pihak pemerintah.

Dengan begitu, bisnis Anda akan terlindungi dari ancaman pemalsuan identitas, dan pelanggan yang Anda miliki juga akan menjadi pengguna yang sah dan taat hukum demi kenyamanan bersama. Tunggu apa lagi? Segera gunakan produk Verihubs dengan menghubungi layanan pelanggan Verihubs sekarang juga.

Artikel Terbaru Kami

ikd digital

Apa Itu IKD Digital? Verifikasi Identitas dengan Mudah!

pemasaran digital

Pemasaran Digital (Digital Marketing): Strategi dan Jenisnya

absensi digital sekolah

Studi Kasus: 4 Peranan Absensi Digital Sekolah dan Contohnya