Apa Saja Keuntungan Menggunakan WhatsApp Multi Admin?

whatsapp multi admin

WhatsApp Business Multiple Admin adalah fitur terbaru dari WhatsApp yang dapat Anda manfaatkan sebagai pebisnis. WhatsApp memang telah meluncurkan aplikasi khusus yang dapat digunakan untuk pebisnis dalam mendorong usahanya. Tentunya, ada beberapa keuntungan menggunakan WhatsApp Multi Admin. Apa sajakah keuntungan tersebut?

Apa itu WhatsApp Multi Admin?

WhatsApp Business Multiple Admin atau yang biasa disebut WhatsApp Multi Admin adalah penggunaan satu nomor WhatsApp untuk banyak admin atau agen. Itu artinya, Anda dapat menambah agen tidak terbatas melalui perangkat berbeda sehingga dapat merespon pelanggan lebih cepat.

WhatsApp Multi Admin memiliki kemampuan untuk menyimpan data percakapan secara otomatis, meskipun perangkat utama tidak terkoneksi dengan internet. Data yang masuk juga akan tersimpan dalam satu panel terpadu. Selain itu, WhatsApp Multi Admin ini tidak memerlukan izin verifikasi ulang ke perangkat utama setiap akan digunakan di perangkat berbeda.

Jadi, mengapa bisnis atau perusahaan perlu menggunakan WhatsApp Multi Admin?

Pentingnya WhatsApp Multi Admin bagi Bisnis

whatsapp multi admin
Sumber: Freepik

Alasan perusahaan perlu menggunakan fitur ini adalah karena memungkinkan untuk berkomunikasi dengan pelanggan dengan pelanggan hanya dari satu nomor. Selain itu, pelanggan juga lebih mudah menemukan cara menghubungi bisnis Anda.

Kemudian, ada beberapa alasan lainnya mengapa bisnis Anda wajib menggunakan WhatsApp Business Multiple Admin. Anda mungkin akan membutuhkan aplikasi dan fitur ini jika Anda berada dalam salah satu kondisi di bawah ini:

  • Butuh solusi cepat untuk membalas semua pesan yang masuk dengan banyak admin atau agen customer service yang aktif bersamaan.
  • Admin atau customer service dapat menawarkan secara langsung kepada pelanggan produk-produk yang Anda miliki sebagai solusi masalah mereka.
  • Admin yang bertugas dapat mengirimkan pesan pengingat kepada pelanggan untuk melanjutkan percakapan, pembayaran, atau tahapan lainnya yang tertunda sebelum expired.
  • Sebelum mengakhiri percakapan dengan pelanggan, admin dapat menanyakan beberapa pertanyaan, seperti penilaian terhadap kualitas layanan atau masukkan lainnya tanpa repot. Feedback yang terkumpul tentunya akan membantu Anda dalam menyusun strategi bisnis.
  • Akun WhatsApp Business Multiple Admin yang dapat digunakan oleh banyak customer service dalam waktu bersamaan. Itu artinya, semakin banyak permintaan pelanggan yang terselesaikan, termasuk juga transaksi jual beli.

Baca juga: Kenali 7 Perbedaan WhatsApp Bisnis dengan Akun WA Biasa

Keuntungan dan Manfaat Menggunakan WhatsApp Multi Admin

whatsapp multi admin
Sumber: Freepik

Keuntungan dan manfaat menggunakan WhatsApp Multi Admin adalah mampu melayani banyak pelanggan lebih cepat. Selain itu juga akan memudahkan pelanggan untuk menghubungi bisnis karena hanya menyediakan satu nomor layanan pelanggan.

Berikut ini adalah manfaat lainnya menggunakan WhatsApp Multi Admin yang perlu Anda cermati:

1. Dapat Menjadi Sistem Customer Service yang Andal

WhatsApp Multi Admin hanya menggunakan satu nomor untuk berbagai kebutuhan, mulai dari ticketing customer service, pengingat dan konfirmasi pembayaran, OTP, melacak pembelian dan pengiriman barang, hingga berbagai notifikasi lainnya. Hal ini tentunya sangat berguna untuk customer service dalam melayani pelanggan. Pelanggan juga tidak perlu kebingungan untuk menentukan nomor mana yang harus dihubungi.

2. Cepat dalam Melayani Pelanggan atau Customer

WhatsApp Multi Admin adalah solusi terbaik untuk bisnis yang memiliki banyak pelanggan. Bisnis dapat menambahkan admin customer service tidak terbatas dengan WhatsApp Business Multiple Admin, sehingga respon yang diberikan lebih cepat. Pesan yang masuk juga akan terpusat di dalam satu platform yang mengurangi tumpang tindih permintaan yang sama.

3. Pembagian yang Adil pada Setiap Admin

WhatsApp Multiple Admin akan menyalurkan pesan yang masuk ke multi-channel chat panel. Kemudian pesan tersebut akan diterima oleh admin customer service. Pengaturan alokasi admin akan dilakukan secara adil sesuai kemampuannya baik secara manual atau otomatis melalui round robin. Dengan begitu, maka tidak ada admin yang kewalahan menangani pesan yang masuk.

4. Otomatisasi Database

WhatsApp Multiple Admin juga dilengkapi fitur canggih seperti pesan yang masuk akan tersimpan secara otomatis. Jadi, mereka tidak perlu melakukan backup data atau sinkronisasi riwayat percakapan antara satu dengan lainnya.

5. Laporan Kinerja Admin dan Pesan

WhatsApp Business Multiple Admin juga akan secara otomatis memperbarui data secara real-time seperti total percakapan yang dilakukan, rata-rata waktu respon admin, dan lain sebagainya. Hal ini tentu saja akan mempermudah bisnis untuk menilai KPI customer service, kinerja tiap admin dan menyusun strategi meningkatkan percakapan lebih baik.

6. Kemudahan dalam Integrasi

WhatsApp Business Multiple Admin juga dapat dihubungkan dengan aplikasi chatting populer lainnya. Hal ini juga kan membantu bisnis menciptakan interaksi yang mulus dengan para pelanggan, di mana seluruh percakapan keduanya dapat dilihat pada dashboard interaktif yang saling terhubung.

Baca juga: 6 Langkah Cara Merubah WhatsApp ke Akun Bisnis

WhatsApp Business Multiple Admin sangat cocok untuk bisnis yang lebih besar dengan volume pesan yang tinggi, sehingga dibutuhkan admin lebih banyak untuk membalas pesan cepat. Selain harus segera membalas semua pesan, tentunya Anda juga perlu melacak beban kerja tim dan kinerja mereka untuk memastikan semua berjalan lancar, bukan?

Nah, hal itu semua bisa dilakukan apabila Anda menggunakan WhatsApp Business API. WhatsApp Business API akan memberikan Anda keleluasaan untuk mengakses satu akun dengan admin yang tidak terbatas. Itulah mengapa, aplikasi WhatsApp jenis ini sangat cocok digunakan pada perusahaan menengah ke atas yang memiliki banyak pelanggan.

Fitur chatbot yang dimiliki oleh WhatsApp Business API bisa berperan sebagai asisten virtual. Hal ini terjadi karena kemampuannya dalam membalas pesan secara otomatis dalam hitungan detik. Tidak hanya itu, chatbot juga bisa langsung menjawab banyak pesan pelanggan sekaligus secara bersamaan.

Pilih Veriflow dari Verihubs!

Anda bisa memanfaatkan fitur dan layanan Veriflow dari Verihubs untuk bisnis Anda. Dengan teknologi canggih yang satu ini, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari penggunaan WhatsApp Multi Admin secara maksimal.

Artikel Terbaru Kami

ikd digital

Apa Itu IKD Digital? Verifikasi Identitas dengan Mudah!

pemasaran digital

Pemasaran Digital (Digital Marketing): Strategi dan Jenisnya

absensi digital sekolah

Studi Kasus: 4 Peranan Absensi Digital Sekolah dan Contohnya