5 Tips Memilih Software Verifikasi Pelanggan, Coba Terapkan!

software verifikasi

Memilih software untuk keperluan verifikasi pelanggan tentunya tidak boleh sembarangan. Setidaknya, harus ada beberapa komponen yang perlu diperhitungkan, di antaranya adalah keamanan, jaminan perlindungan data, serta user-friendly.

Hal ini tidak boleh disepelekan karena sekali pelanggan Anda kehilangan kepercayaannya kepada produk Anda, maka bisa jadi mereka akan mempertanyakan kredibilitas Anda sebagai perusahaan.

Sebelum mengetahui bagaimana tips memilih software verifikasi yang terbaik, sebaiknya kenali dulu jenis-jenis verifikasi pelanggan berdasarkan metodenya yang telah dirangkum di bawah ini.

Jenis-Jenis Verifikasi Pelanggan Berdasarkan Metodenya

software verifikasi
Sumber: Freepik

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk melakukan verifikasi pelanggan, yang secara garis besar dibedakan menjadi tiga, yaitu menggunakan nomor telepon, kartu identitas, dan biometrik.

Ketiga jenis verifikasi ini bisa digunakan dan disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda, sehingga cukup fleksibel untuk dipilih. Langsung saja simak perbedaan ketiganya:

1. Verifikasi Nomor Telepon (Phone Number Verification)

Verifikasi nomor telepon pada dasarnya akan menjadikan nomor milik pengguna atau pelanggan sebagai acuan utamanya. Nantinya, nomor milik pelanggan yang aktif dan masih memiliki masa berlaku akan dimasukkan ke dalam sistem, kemudian dikirimkan kode OTP di mana kode OTP ini dimasukkan ke dalam kolom yang telah diminta, untuk proses verifikasi dari pelanggan. 

Jenis verifikasi ini kemudian dapat dibedakan menjadi beberapa cara, mulai dari SMS OTP dengan memanfaatkan layanan pesan singkat, WhatsApp OTP dengan memanfaatkan akun WhatsApp milik pelanggan, dan Flash Call yang menggunakan jaringan telepon untuk melakukan verifikasi.

2. Verifikasi Kartu Identitas (Identity Verification)

Jenis verifikasi yang kedua adalah menggunakan informasi pada kartu identitas yang dimiliki oleh pelanggan. Dari kartu identitas ini akan diperoleh data seperti nama lengkap, nomor induk kependudukan, tempat tanggal lahir, tanda tangan, hingga alamat, dan lainya. Data ini kemudian akan dipindai oleh sistem, lalu dicek pada database yang lebih besar milik pemerintah.

Verifikasi jenis ini kemudian dibagi menjadi dua cara yang berbeda, di antaranya adalah penggunaan perangkat OCR (memindai kartu identitas secara langsung), dan pengecekan kartu identitas dengan wajah dari pelanggan yang memegangnya. Sistem verifikasi yang canggih akan melakukan pencocokan data yang dimasukkan dengan data yang sudah ada di database.

3. Verifikasi Biometrik (Biometric Verification)

Ciri biometrik yang banyak digunakan untuk proses verifikasi adalah bagian wajah, di mana fitur ini juga dikenal dengan nama face recognition, face identification, face match, serta dilengkapi dengan dengan teknologi liveness detection.

Pada dasarnya, face recognition ini akan melakukan verifikasi pada profil wajah seseorang yang dipindai oleh perangkat yang digunakan oleh sistem. Kemudian, pemindaian akan mencatat fitur wajah dan menjadikannya ke dalam data berbentuk angka yang spesifik, sehingga dapat dicocokkan dengan database yang sudah dimiliki sebelumnya.

Sementara pada liveness detection, deteksi profil wajah akan dilakukan dengan tambahan verifikasi ekspresi, sehingga memastikan objek yang ada di depan perangkat pemindai adalah wajah asli dan bukan berupa citra atau foto, dan sejenisnya.

Baca juga: Memahami Cara Kerja dan 5 Kelebihan Missed Call Verification

Tips Memilih Software Verifikasi Pelanggan

software verifikasi
Sumber: Freepik

Beberapa tips dalam memilih perangkat lunak atau software yang berfungsi sebagai verifikasi pelanggan di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Harus Menggunakan Sumber Data Resmi

Untuk kepentingan verifikasi pelanggan, Anda akan membutuhkan software yang menggunakan sumber data otoritatif. Software ini harus mengandalkan informasi yang komprehensif, akurat, terkini yang diambil dari sistem sumber, seperti database pemerintah atau kantor registrar universitas. Software yang menggunakan berbagai sumber data semakin meningkatkan akurasi dan keandalan verifikasi.

2. Memiliki Kemampuan untuk Meninjau Dokumen Hingga 100%

Sebaiknya pilih software verifikasi yang memiliki tinjauan dokumen cadangan. Untuk memberikan pengalaman layanan pelanggan terbaik, penyedia software verifikasi pelanggan Anda harus mengetahui dokumen apa yang dianggap sebagai bentuk tanda pengenal yang valid di berbagai negara. Selain itu, juga harus mendukung kemampuan untuk segera mengunggah dokumen 24/7 online, serta memberikan tinjauan dokumen yang efisien dalam beberapa menit atau jam (bukan hari atau minggu).

3. Memiliki Desain Website yang Responsif

Software verifikasi pelanggan Anda harus memiliki desain website yang responsif dan cocok dengan layar apapun. Hal ini sangat penting untuk tetap kompetitif dan memenangkan bisnis audiens Anda. 

4. Adanya Jaminan Perlindungan Terhadap Penipuan

Untuk meminimalisir terjadinya penipuan, software verifikasi pelanggan Anda perlu menyertakan lapisan tambahan perlindungan untuk penipuan. Contohnya, memiliki kemampuan untuk mendeteksi gambar dan kredensial yang dipalsukan, dan memeriksa ulang identitas pembeli untuk memastikan itu tidak terkait dengan identitas penipuan.

5. Wajib User-Friendly

Agar tidak mempersulit pelanggan Anda untuk menemukan berbagai penawaran menarik yang Anda miliki, Anda harus memastikan bahwa software verifikasi yang Anda gunakan user-friendly. Hal ini sangat penting, sebab jika pelanggan harus berpindah ke banyak laman, atau memberikan informasi identitas pribadi seperti nomor jaminan sosial, yang ada mereka akan meninggalkan aplikasi tersebut dan mengabaikannya. Ingat, memberikan kemudahan artinya akan meningkatkan konversi. Solusi terbaik yang menggunakan sumber data otoritatif tidak akan memerlukan banyak data untuk verifikasi pelanggan.

Baca juga: Mengenal Perbedaan Active dan Passive Biometric Verification

Pada dasarnya, verifikasi pelanggan memang wajib dilakukan pada setiap jenis bisnis. Tentunya, Anda wajib memilih software verifikasi yang handal dan kredibel. Untuk urusan penting yang satu ini, serahkan saja pada Verihubs!

Kenapa Anda perlu memilih Verihubs? Sebab, Verihubs menawarkan solusi Software-as-a-Service (SAAS) yang terintegrasi. Beberapa produk yang ditawarkan oleh Verihubs di antaranya adalah:

  • Phone Number Verification
  • Identity Verification
  • Biometric Verification
  • Business Verification
  • Employee Verification

Dapatkan berbagai kemudahan dalam sistem verifikasi dan otentikasi yang terintegrasi di sistem perusahaan Anda. Hanya dengan 1 API untuk berbagai sistem verifikasi, dan tentunya dengan sumber data yang aman dan terpercaya. Selain itu, proses integrasi juga akan berlangsung dengan cepat dan mudah. Jadi, Anda bisa mempersingkat bisnis proses Anda dengan sistem verifikasi otomatis.Jadwalkan DEMO GRATIS, langsung saja klik di sini!

Artikel Terbaru Kami

cara login whatsapp dengan nomor yang hilang

Cara Login WhatsApp ke Nomor yang Hilang atau Tidak Aktif

kode verifikasi whatsapp

Kenapa Kode Verifikasi WhatsApp Tidak Muncul? 7 Cara Ampuh!

sumber pendapatan tambahan karyawan

Ketahui 7 Contoh Sumber Pendapatan Tambahan Karyawan!