Lebih Jauh tentang SOP Rekrutmen Karyawan, Ini Ulasannya!

sop rekrutmen karyawan

Perusahaan yang bekerja dengan optimal tentu adalah perusahaan yang dapat memperoleh tenaga kerja yang sesuai dengan value yang dimilikinya. Dengan panduan SOP rekrutmen karyawan yang solid, Anda dapat memperoleh talenta paling sesuai, untuk setiap pos di perusahaan Anda.

Sederet fungsi mendasar jelas dimiliki SOP ini, karena menjadi acuan dan panduan pihak HR dalam melakukan rekrutmen di perusahaan Anda. Untuk memahami sederet fungsi dan apa saja SOP rekrutmen karyawan yang dapat dijadikan acuan, Anda bisa menyimaknya dalam penjelasan di poin berikut ini.

Baca Juga: Pentingnya Verifikasi Nomor Telepon User untuk Bisnis Agar Terhindar dari Penipuan

Fungsi SOP Rekrutmen Karyawan di Perusahaan

sop rekrutmen karyawan
Sumber: freepik.com

SOP rekrutmen karyawan sendiri akan berfungsi secara mendasar dalam rangka kelancaran proses ini. Setiap variabel yang berkaitan dengan beban kerja dan nilai perusahaan jelas harus dicantumkan, sehingga karyawan yang didapatkan dari proses rekrutmen memiliki kesesuaian pandangan dan nilai kerja.

1. Pertama, Memberikan Standarisasi pada Proses Rekrutmen

Dengan adanya SOP yang jelas, maka proses penerimaan karyawan baru akan memiliki matriks yang jelas. Mulai dari jumlah karyawan yang dicari, tingkat kemampuan yang diperlukan, hingga kualifikasi lain yang berkaitan dengan posisi yang akan diisi karyawan tersebut, semua menjadi jelas ukurannya.

2. Mengurangi Tingkat Kesalahan Proses

SOP ditujukan agar semua proses berjalan dengan benar. Dengan demikian fungsi keduanya adalah agar proses rekrutmen berjalan dengan baik, tanpa adanya kesalahan teknis. Lebih lanjut, tingkat kesalahan juga bisa ditekan setelah karyawan baru bekerja, karena memahami apa yang harus dilakukannya.

3. Efisiensi Proses Rekrutmen

Jelas dengan acuan dan panduan yang tepat, maka proses rekrutmen akan berjalan dengan efisien. Tanpa panduan yang direncanakan dengan baik proses ini bisa saja berjalan terlalu lama di satu atau beberapa pos, sehingga merugikan dari segi waktu. Bisa dibayangkan misalnya Anda harus menghabiskan banyak waktu hanya untuk proses verifikasi identitas calon karyawan saja bukan? Padahal sebenarnya hal ini bisa dilakukan dalam hitungan detik saja.

4. Memudahkan HR dalam Proses

Dengan adanya matriks dan kualifikasi yang jelas dari setiap pos, maka bagian HR akan lebih mudah melaksanakan tugasnya dalam melakukan rekrutmen. Seleksi didasarkan pada ukuran yang jelas, sehingga penilaian yang diberikan juga akan semakin objektif.

5. Memberikan Gambaran tentang Apa yang Harus Dilakukan

SOP rekrutmen juga memberikan gambaran pada pelaksanaan rekrutmen mengenai apa yang harus dilakukan. Untuk menghadapi berbagai situasi yang mungkin muncul secara profesional, HR perlu panduan yang jelas. Dengan adanya SOP ini, maka HR akan lebih siap menghadapi berbagai situasi hingga yang tak terduga sekalipun.

Apa Saja SOP yang Harus Diperhatikan dalam Rekrutmen?

sop rekrutmen karyawan
Sumber: freepik.com

Untuk menjalankan beberapa fungsi dasar di atas, ada beberapa poin yang harus dicermati dan masuk ke dalam SOP rekrutmen yang Anda buat. Beberapa diantaranya adalah keberadaan tujuan yang jelas, ruang lingkup rekrutmen, tolok ukur atau matriks yang jelas, hingga prosedur pelaksanaan.

  • Tujuan rekrutmen, poin pertama adalah mengenai apa yang ingin dituju dalam proses rekrutmen ini. Memperoleh karyawan sesuai standar yang diperlukan, proses yang efektif, hingga meningkatkan hasil kerja perusahaan di masa yang akan datang.
  • Ruang lingkup rekrutmen, meliputi penentuan jumlah karyawan yang akan turut dalam proses dan jumlah yang ingin dicari, pengumuman rekrutmen karyawan, pelaksanaan, hingga penentuan karyawan baru yang telah lolos tahap seleksi.
  • Tolok ukur rekrutmen, tolok ukur ini dapat berkaitan dengan keberhasilan proses rekrutmen dan penjagaan durasi rekrutmen yang telah dilaksanakan.
  • Prosedur, melingkupi seluruh proses rekrutmen dari penyusunan tim, perencanaan proses, eksekusi, hingga evaluasi hasil yang diperoleh.

Pemanfaatan Sistem Verifikasi Digital untuk Membantu Rekrutmen

sop rekrutmen karyawan
Sumber: freepik.com

Dalam proses rekrutmen karyawan ini, keberadaan sistem verifikasi digital menjadi satu hal yang cukup penting. Hal ini karena sistem tersebut dapat membantu Anda memastikan identitas dari calon karyawan, dan memvalidasi berbagai informasi yang ada di dalam berkas yang dikirimkan.

Employer background check, menjadi salah satu metode untuk membantu meningkatkan efisiensi proses rekrutmen ini. Dengan penggunaan fitur ini, Anda dapat menyaring kandidat yang mendaftar dan mencari kandidat paling cocok dengan perusahaan secara cepat.

Pengecekan ini sangat penting untuk dilakukan dalam proses dan SOP rekrutmen karyawan, karena perusahaan kemudian dapat memperoleh informasi jelas mengenai riwayat pekerjaan, pendidikan, catatan kriminal, dan lain sebagainya terkait ranah profesional dari seorang calon karyawan.

Baca Juga: Pentingnya Data Dukcapil untuk Proses Verifikasi Online Bisnis Fintech 

Untuk membantu Anda dalam urusan verifikasi identitas ini, sebenarnya Anda tak lagi perlu khawatir. Verihubs telah hadir di Indonesia dan memiliki banyak produk yang dapat membantu proses rekrutmen Anda menjadi lebih modern, efektif, dan optimal.

Verifikasi Identitas Calon Karyawan dengan Verihubs

Verihubs memiliki produk ID Check yang dapat memeriksa keaslian identitas yang karyawan miliki, serta fitur fraud check yang dapat membantu Anda memeriksa sejarah kriminal seseorang yang tercatat oleh negara. Jelas, hal ini akan menjadi penguat dari SOP rekrutmen karyawan yang Anda miliki, sehingga memberikan hasil yang jauh lebih optimal. Segera hubungi layanan pelanggan kami sekarang, dapat dapatkan informasi lengkap mengenai produk Verihubs!

Artikel Terbaru Kami

biometrik inklusif

Biometrik Inklusif: Memperkuat Keamanan Industri Keuangan

Mengenal Apa Itu CFT dalam Melawan Pendanaan Terorisme

modus penipuan terbaru

Waspada! 5 Modus Penipuan Terbaru Salah Satunya dari WA!