Pentingnya Verifikasi Nomor Telepon User untuk Bisnis Agar Terhindar dari Penipuan

verifikasi nomor telepon

Mengingat saat ini hampir setiap orang memiliki ponsel, maka tak heran jika penggunaan ponsel juga telah mengubah cara interaksi antara bisnis dan pelanggannya. Perusahaan atau bisnis Anda tentu ingin menjangkau para pelanggan potensial secara real-time, tepat waktu, dan efisien dari sisi biaya, bukan? Maka, verifikasi nomor telepon atau phone number verification sangat penting Anda terapkan pada bisnis Anda!

Kenapa? Sebab, teknologi verifikasi nomor telepon sangat berguna untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan peningkatan produktivitas kegiatan marketing perusahaan Anda.

Mengapa Verifikasi Nomor Telepon Itu Penting?

Ternyata, ada banyak sekali perusahaan yang mengalami kerugian akibat kesalahan data, dan sebagian besar percaya bahwa laba mereka dipengaruhi oleh informasi kontak yang tidak valid. Inilah pentingnya penerapan sistem phone number verification.

Penerapan sistem verifikasi nomor telepon pada perusahaan/bisnis tentunya dapat membantu perusahaan menghindari biaya yang tidak perlu dan waktu yang terbuang sia-sia. Nomor telepon user atau pelanggan yang tidak valid harus dihapus dari sistem basis data perusahaan ketika dikumpulkan dan diidentifikasi. Hal ini penting untuk dilakukan, sebab nomor telepon akan berperan besar dalam strategi penjualan, layanan pelanggan atau kegiatan branding dan pemasaran.

Baca juga: Menilik Fungsi Phone Verification, Penunjang Keamanan Bisnis Masa Kini

Manfaat Penerapan Sistem Verifikasi Telepon untuk Bisnis

verifikasi nomor telepon
Sumber: Freepik

Meskipun sebetulnya ada banyak sekali manfaat verifikasi nomor telepon, namun berikut ini adalah beberapa manfaat dasar yang perlu Anda ketahui:

  1. Manfaat yang paling signifikan adalah verifikasi nomor telepon akan membantu mengonfirmasi identitas seseorang. Verifikasi telepon akan membantu Anda mengetahui apakah pelanggan baru itu asli atau palsu. Setelah melakukan pemesanan, Anda pun dapat memeriksa apakah informasi mereka benar dengan bantuan sistem verifikasi telepon. Dengan cara ini, maka Anda dapat memastikan bahwa nomor telepon pelanggan valid. 
  2. Mampu mencegah dan memerangi tindak penipuan. Anda dapat mengonfirmasi bahwa sebuah akun bukanlah spammer atau bot. Selain itu, Anda pun dapat memverifikasi nomor telepon untuk melihat setiap pelanggan, mencegah scammers di database Anda. 
  3. Dapat menghemat waktu. Misalnya ketika seseorang menelepon perusahaan atau bisnis Anda, layanan pelanggan dapat mengumpulkan data mereka dengan bantuan sistem verifikasi telepon. Setelah pelanggan nyata diverifikasi, maka ada pengurangan risiko penipuan, sehingga Anda akan menghabiskan lebih sedikit waktu untuk melacak akun palsu dan scammers.  
  4. Mengurangi biaya dan memastikan pemulihan akun secara aman.
  5. Dengan bantuan sistem verifikasi telepon, maka Anda dapat mengetahui apakah nomor tersebut adalah nomor ponsel atau telepon rumah. Selain itu, Anda pun dapat memeriksa status jaringan nomor itu serta negara asalnya. Data ini tentunya dapat membantu bisnis Anda dalam membuat keputusan yang tepat mengenai prospek dan kepuasan pelanggan.
  6. Dapat meningkatkan layanan pengiriman, dan membuat komunikasi tentang status pesanan lebih mudah. Hal ini lebih cepat daripada email, memungkinkan pelanggan untuk tetap mendapatkan informasi tentang paket mereka. 

Baca juga: 3 Metode Meningkatkan Keamanan Digital di Era Kekinian

Pilih Sistem Verifikasi Nomor Telepon yang Paling Unggul!

verifikasi nomor telepon
Sumber: Freepik

Verifikasi nomor telepon memang sangat penting untuk memastikan bahwa angka atau nomor telepon yang sudah dikumpulkan di dalam database sudah benar-benar akurat, sebelum Anda menghubungi para pelanggan melalui panggilan telepon maupun pesan teks.

Untuk keperluan bisnis, pastikan Anda memilih sistem verifikasi yang paling unggul seperti Verhubs. Verihubs menawarkan fitur Phone Number Verification, yang memungkinkan Anda dapat melakukan verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time. Apa saja yang didapat di Phone Number Verification?

1. SMS Global OTP

Dengan fitur ini, Anda bisa verifikasi nomor telepon pengguna secara global melalui pengiriman SMS yang andal. Andalkan SMS OTP Verihubs yang simple untuk verifikasi hingga berbagai keperluan promosi. Dijamin, kirim pesan ke semua pelanggan dapat dilakukan dengan tarif API terbaik untuk pengiriman one-time password (OTP), notifikasi, ataupun pesan promosi.

Keunggulan SMS Global OTP Verihubs adalah sebagai berikut:

  • Hemat Biaya dengan Deteksi Anomali. Verihubs akan mendeteksi anomali (spam request) SMS, serta menonaktifkan pengiriman OTP ke nomor yang tidak aktif sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang tidak diperlukan.
  • Diciptakan untuk Jangkauan Global. Anda dapat mengoptimalkan keamanan akun dengan OTP untuk verifikasi pengguna dengan verifikasi API yang dibuat untuk jangkauan skala global.
  • Pilihan Paket SMS yang Fleksibel. Verihubs menawarkan dua pilihan layanan SMS, yaitu SMS Premium untuk pengiriman OTP dan SMS Reguler untuk pengiriman dalam satu waktu dengan cakupan wilayah di seluruh Indonesia hingga Internasional.
  • >95% Delivery Rate. SMS OTP Verihubs akan menjamin bahwa hampir setiap SMS yang disebarkan ke berbagai pelanggan di berbagai daerah, akan sukses diterima.
  • Verifikasi, Notifikasi, Mass Alert, dan Promosi. Anda dapat mengirimkan konfirmasi log-in user, memberikan real-time notifications, hingga memasarkan produk ke pelanggan secara massal dengan Programmable Messaging API Verihubs.
  • ID Pengirim yang Dapat Disesuaikan. Kirimkan SMS OTP, promosi ataupun notifikasi menggunakan ID pengirim sesuai dengan nama bisnis Anda.

2. WhatsApp Global OTP

Proses verifikasi lebih cepat dan hemat via Whatsapp dengan integrasi API yang sederhana. Dengan fitur ini, Anda dapat mengirim pesan secara otomatis dan melakukan verifikasi via WhatsApp. Tidak lagi bergantung dengan provider telekomunikasi, kirim OTP dan notifikasi akan menjadi lebih efektif dan efisien dengan WhatsApp, aplikasi messaging terpopuler di dunia.

Keunggulan WhatsApp Global OTP Verihubs adalah sebagai berikut:

  • Hemat Biaya dengan Transaksi Transparan. Silakan bayar sesuai dengan kebutuhan Anda karena Verihubs akan menghitung sesuai penggunaan dan hanya akan mengenakan biaya pada pengiriman WhatsApp yang berhasil.
  • Tetap Aman dan Terpercaya. Keamanan tetap terjaga, bahkan lebih terpercaya dengan akun resmi WhatsApp bisnis Anda.
  • Tingkat Pengiriman yang Lebih Tinggi. WhatsApp akan mengirimkan OTP serta notifikasi dengan tingkat keberhasilan yang lebih tinggi dibandingkan SMS dan panggilan seluler.
  • Verifikasi, Notifikasi, Mass Alert, Promosi hingga CRM. Memaksimalkan keamanan melalui verifikasi, kirim real-time notifications, pasarkan produk ke pelanggan secara massal, dan tingkatkan hubungan dengan pelanggan lewat program CRM via WhatsApp.
  • ID Pengirim yang Dapat Disesuaikan. Kirimkan WhatsApp OTP, promosi, maupun notifikasi menggunakan ID pengirim sesuai dengan nama bisnis Anda dan centang hijau resmi dari WhatsApp.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, silakan hubungi kontak layanan Verihubs atau langsung jadwalkan demo sekarang juga!

Artikel Terbaru Kami

insurance fraud

Mengenal Apa Itu Insurance Fraud dan Cara Mencegahnya

10 Perkembangan Teknologi Asuransi Beserta Pemanfaatannya

ikd digital

Apa Itu IKD Digital? Verifikasi Identitas dengan Mudah!