Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

Mengenal Jenis dan Kelebihan Teknologi Biometrik Masa Kini

teknologi biometrik

Seiring meningkatnya mobilitas masyarakat modern, penggunaan layanan online dan berbasis cloud menjadi sebuah kewajaran. Aksesnya, kemudian dilindungi dengan teknologi biometrik yang disediakan oleh penyedia layanan, sehingga akun bisa tetap aman dan terlindung.

Secara praktis kemudian penggunaan teknologi biometrik ini bisa saja berbeda antara satu penyedia jasa dan penyedia jasa lainnya. Selain tergantung dengan anggaran yang dialokasikan, juga menyesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat perlindungan yang ingin diberikan oleh penyedia jasa pada akun yang dimiliki oleh user.

Mengenal Jenis-Jenis Teknologi Biometrik yang Dapat Menjadi Opsi

teknologi biometrik
Sumber: freepik.com

Sebenarnya dalam pembagian jenis teknologi ini ada beberapa acuan yang berbeda-beda. Ada yang menggolongkannya menjadi 3 kategori berbeda, ada pula yang menggolongkan dalam 6 jenis berbeda.

Baca Juga: Mengenal Teknologi Biometrik Authentication, Apa Kelebihannya dari Sistem yang Lalu?

Jenis Biometrik secara Umum

Secara umum teknologi ini dibagi menjadi tiga kelompok besar. Pertama teknologi biometrik biologis, morfologi, dan perilaku.

Biometrik biologis dapat dijelaskan sebagai penggunaan pengenalan biometrik pada tingkat genetik atau molekuler. Data yang menjadi acuan utama adalah DNA, darah, hingga cairan tubuh, yang memuat ciri-ciri unik dari setiap orang.

Biometrik morfologi, merupakan jenis kedua dalam pembagian secara umum. Basis data yang digunakan adalah ciri-ciri fisik seseorang, mulai dari bentuk mata, sidik jari, hingga profil dan struktur wajah seseorang.

Biometrik perilaku, jenis ketiga ini menggunakan basis data perilaku dari user yang Anda miliki, untuk mengidentifikasi user yang bersangkutan. Mulai dari cara berjalan, cara berbicara, ekspresi wajah, tulisan, dan lain sebagainya, menjadi data yang digunakan oleh sistem.

Jenis Biometrik secara Khusus

Dalam pembagian ini terdapat sedikitnya 6 jenis teknologi yang berbeda dan bisa digunakan. Keenamnya merupakan rincian dari masing-masing pembagian teknologi yang sebelumnya disebutkan.

  • Pemindai iris, teknologi ini menggunakan pemindaian iris untuk mengetahui pola unik melalui mata milik user. Kompleksitasnya tinggi, dan akurasinya benar-benar baik, namun memerlukan investasi yang cukup besar.
  • Pemindai retina, memiliki banyak kesamaan dengan teknologi pemindai iris, pemindai retina juga menggunakan bentuk unik pada bagian mata. Bedanya, bagian yang dipindai adalah retina dan bukan bagian iris mata.
  • Pemindai sidik jari, teknologi yang satu ini menggunakan pola sidik jari sebagai data untuk mengenali user layanan Anda. Cukup populer beberapa waktu yang lalu, akurasinya cukup baik dan biaya investasi awalnya tidak tinggi.
  • Pengenalan suara, jenis keempat adalah teknologi pengenalan suara. Jenis suara dan nada bicara yang unik menjadi acuan untuk mengakses akun atau informasi lain yang dimiliki user.
  • Pengenalan wajah, atau biasa disebut face biometric, merupakan sistem verifikasi user dengan menggunakan karakter dan profil wajah sebagai acuan utama. Dengan memindai alis, hidung, mulut, dan mata, sistem bisa mengenali seseorang dengan akurat.
  • Liveness detection, jenis keenam adalah liveness detection, atau deteksi kehidupan. Cara ini merupakan pengembangan dari pengenalan wajah, yang tak hanya memindai profil wajah saja, namun juga beberapa ekspresi yang ditunjukkan oleh wajah tersebut untuk memastikan citra yang dipindai benar-benar user yang hidup dan bukan gambar saja.

Cukup jelas bukan pembagian masing-masing jenis dari teknologi ini?

5 Kelebihan Teknologi Biometrik Kekinian

teknologi biometrik
Sumber: freepik.com

Pengembangan teknologi ini terus dilakukan untuk meningkatkan akurasi, perlindungan, dan kecepatan penggunaannya. Setiap penyedia produk verifikasi biometrik paham benar, bahwa semakin cepat user mendapatkan konfirmasi atas data yang dimasukkan, maka semakin nyaman pula user saat menggunakan layanan terkait.

Beberapa kelebihan dari teknologi ini sendiri antara lain adalah sebagai berikut.

1. Pertama, Sangat Sulit Dipalsukan

Karena basis informasi yang digunakan adalah karakter fisik dari user, maka data untuk masuk ke dalam akun akan benar-benar sulit dipalsukan. Artinya, proteksi yang diberikan pada akun akan benar-benar optimal, sehingga meminimalisir risiko keamanan pembobolan akun.

2. Mudah dan Praktis untuk User

Dari sisi user sendiri, verifikasi bisa dilakukan dengan praktis dan mudah. User tinggal berdiri di depan mesin pemindai, dan secara otomatis sistem akan mengambil data masukan. Verifikasi berjalan cepat dengan basis data yang solid, sehingga akses bisa diberikan sesegera mungkin.

3. Akurasi Tinggi

Karena menggunakan data dan profil unik setiap user, akurasi yang dimiliki teknologi biometrik benar-benar tinggi. Keunikan dan kekhasan yang dimiliki setiap orang akan terekam dengan baik dalam database, sehingga kemungkinan terjadinya kesalahan dalam identifikasi bisa ditekan. Terlebih ketika teknologi AI digunakan untuk urusan deteksi dan pemindaian ini, maka akurasinya akan semakin tinggi.

4. Tidak Perlu Melakukan Update

Dalam kondisi ideal, data yang digunakan sebagai acuan verifikasi tidak memerlukan update atau penggantian reguler. Hal ini disebabkan idealnya seorang manusia tidak mengalami perubahan masif secara cepat, tanpa adanya hal tertentu yang mengharuskan perubahan terjadi. Ketika terjadi perubahan fisik secara masif, maka user bisa melakukan pengajuan update untuk datanya.

5. Terhubung dengan Database Solid

Pada layanan yang telah terverifikasi dan bekerja sama dengan pihak pemerintah, produk teknologi biometrik ini akan memiliki akses pada database solid milik pemerintah. Dengan demikian, acuan data yang menjadi dasar verifikasi benar-benar valid.

Baca Juga: Tugas Front Office Hotel: Melayani dan Verifikasi Identitas Tamu 

Perkembangan teknologi ini akan menjadi hal basic dalam waktu dekat, yang digunakan pada semua urusan di kehidupan modern. Tentu, jika Anda ingin menggunakan produk terbaik untuk urusan biometrik, Anda bisa menggunakan produk dari Verihubs.

Teknologi Biometrik Terbaik dari Verihubs

Menjadi perusahaan dengan fokus pada penerapan teknologi biometrik untuk berbagai keperluan terbaik di Indonesia, Verihubs siap menjadi partner Anda dalam urusan ini. Aplikasi teknologi yang dimiliki Verihubs benar-benar fleksibel dan mudah disesuaikan, sehingga dapat mengakomodir berbagai keperluan. Biometric Verification yang tersedia sebagai salah satu produk unggulan dari kami bisa membantu Anda memindai wajah dan mendeteksi ekspresi dari wajah user. Untuk keterangan lebih lanjut, Anda bisa menghubungi layanan pelanggan kami sekarang juga!