5 Keuntungan Optimasi Text Recognition di Perusahaan

text recognition

Pengenalan teks saat ini juga menjadi salah satu teknologi yang banyak digunakan oleh perusahaan. Dalam rangka memberikan pengalaman user yang lebih baik dan proses yang efisien, text recognition diterapkan pada proses input data yang diperlukan.

Secara mendasar, fungsi dari teknologi ini adalah untuk dapat mendeteksi teks yang ada di hadapan mesin pemindai atau yang dimasukkan oleh user ke dalam sistem. Teks ini kemudian ‘dicerna’ oleh sistem, diidentifikasi, dan disusun kembali untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Jelas, penggunaannya bukan tanpa alasan sebab cukup banyak keuntungan yang dapat diberikan untuk bisnis dan user secara langsung.

Beberapa keuntungan tersebut, dapat Anda simak dalam penjelasan setiap poin berikut ini.

Baca Juga: Teknologi Biometrics NFC, Akurasi Verifikasi yang Solid!

1. Pengelolaan Data Cetak

text recognition
Sumber: freepik.com

Ketika digunakan dalam kegiatan di dalam perusahaan, maka perusahaan dapat mengoptimalkannya dalam rangka pengelolaan data cetak. Apa maksudnya?

Perusahaan selalu memiliki data  bentuk fisik yang dicetak pada kertas atau media lain. Data ini, pada konteks kekinian, akan dikonversi ke bentuk digital. Jelas akan memakan banyak waktu ketika dilakukan secara manual bukan?

Text recognition dapat digunakan untuk membantu mengubah data bentuk fisik tersebut ke data bentuk digital dengan pemindaian yang cepat. Dalam waktu singkat, data cetak yang ada telah dipindahkan ke bentuk digital, sehingga dapat diolah sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Efisiensi waktu dan tenaga ini akan membawa perusahaan pada performa yang lebih baik dalam hal pengelolaan data-data dalam bentuk cetak.

2. Akurasi Input Data Dokumen Lebih Baik

Input manual memang menjadi salah satu cara yang masih banyak digunakan, bahkan hingga saat ini. Harus disadari bahwa metode manual ini sangat rawan terjadi kesalahan karena faktor manusia. Pengenalan teks, yang diaplikasikan dengan teknologi OCR, kemudian menjadi solusi atas hal ini.

Akurasi input data yang diperlukan dapat ditingkatkan sedemikian rupa, sehingga kesalahan yang terjadi dapat ditekan hingga titik minimal. Jelas akurasi ini juga akan dipengaruhi oleh kualitas perangkat dan sistem pengenalan teks yang Anda gunakan, namun secara umum akurasi dengan sistem ini akan lebih baik.

Data yang telah dimasukkan secara otomatis akan disimpan ke dalam database setelah disusun kembali sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Dengan demikian proses pengelolaan data akan menjadi lebih efektif.

3. Peningkatan Pengalaman Pengguna

text recognition
Sumber: freepik.com

Dari sisi layanan pengguna, pemanfaatan text recognition juga akan sangat memudahkan dalam hal input data. Tentu Anda sudah tak asing dengan model input data dengan foto KTP atau kartu identitas lain bukan?

Metode ini memanfaatkan teknologi OCR untuk mengekstrak data yang ada di kartu identitas pelanggan, untuk dimasukkan ke kolom yang telah ditentukan. Dengan demikian, user tidak perlu membuang banyak waktu memasukkan data satu per satu, sehingga proses ini dapat dipercepat.

Proses input yang lebih cepat jelas akan membuat user lebih nyaman ketika akan mendaftar dan menggunakan layanan. Mereka dapat segera menyelesaikan masalah yang tengah dihadapi dengan layanan yang Anda sediakan, tanpa harus membuang banyak waktu untuk memasukkan data.

Nantinya user hanya perlu melakukan pengecekan pada data yang telah dimasukkan secara otomatis oleh sistem tadi.

4. Mengamankan Data dari Risiko Kerusakan

Seperti yang diketahui, data dalam bentuk fisik memiliki risiko yang besar dari kerusakan karena satu dan lain hal. Memang, ketika hanya tersedia satu salinan saja, perlindungan data dapat dimaksimalkan dengan fasilitas yang ada.

Namun ketika terjadi bencana alam atau kejadian yang diluar dugaan dan kuasa Anda, maka data ini bisa hilang secara permanen. Konversi data fisik ke data digital dapat dilakukan dengan cepat dengan OCR, sehingga data dapat terlindung dari risiko tersebut.

Anda dapat menggunakan layanan cloud atau database yang solid untuk membantu pengelolaan data-data penting ini, yang telah berbentuk digital. Jadi jika terjadi sesuatu yang buruk pada data fisik, Anda tetap memiliki data digital yang dapat dimanfaatkan.

5. Pencarian Data Mudah dengan Text Recognition

text recognition
Sumber: freepik.com

Tidak jarang data milik user akan tersimpan dalam format file JPG karena dimasukkan dengan menggunakan foto dari kamera perangkat. Meski mudah dikelola, namun ketika diperlukan pencarian data yang lebih cepat OCR akan membantu Anda menghemat banyak waktu.

OCR secara mendasar dapat mengubah data-data ini ke bentuk lain yang lebih mudah dikelola, sehingga pencarian pada data user bisa dilakukan lebih cepat. Misalnya saja, ketika akan dimasukkan ke format excell atau word, konversi dapat dilakukan dengan cepat sehingga pencarian data lebih mudah.

Baca Juga: Apa Keunggulan OCR untuk KTP? Temukan Jawabannya di Sini! 

Penting untuk menggunakan produk OCR yang handal, yang disediakan oleh perusahaan terpercaya. Verihubs, dalam hal ini, memiliki produk OCR atau text recognition yang solid dengan nama OCR for ID Card. Sistemnya dapat bekerja dengan efisien, mudah digunakan, dan menjamin akurasi input data yang dilakukan dari hasil pemindaian kartu identitas, membuat Anda dapat mempercayakan secara penuh urusan ini pada produk tersebut. Anda dapat menghubungi layanan pelanggan kami sekarang juga, dan mendapatkan informasi lengkap terkait produk tersebut. Maksimalkan setiap fiturnya, dan tingkatkan produktivitas perusahaan Anda bersama Verihubs!

Artikel Terbaru Kami

biometrik inklusif

Biometrik Inklusif: Memperkuat Keamanan Industri Keuangan

Mengenal Apa Itu CFT dalam Melawan Pendanaan Terorisme

modus penipuan terbaru

Waspada! 5 Modus Penipuan Terbaru Salah Satunya dari WA!