Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

Kenapa Verifikasi Digital Penting bagi Keamanan Bisnis?

verifikasi digital

Pesatnya kemajuan teknologi saat ini telah menjadikan identitas digital menjadi salah satu aspek paling penting dalam kehidupan manusia. Dari sekadar mengisi formulir KYC hingga perbankan online atau melamar pekerjaan, identitas digital diuji setiap hari di beberapa platform. Dapat dikatakan, bahwa verifikasi digital merupakan sebuah kunci keberadaan seseorang sebagai individu atau perusahaan yang ingin berbisnis dengan pelanggan.

Verifikasi identitas memang menjadi tindakan keamanan yang diperlukan dalam memerangi penipuan akun. Lebih dari itu, verifikasi identitas juga berperan penting dalam proses KYC dan Anti Pencucian Uang (AML) di lembaga keuangan, di mana keduanya digunakan untuk penilaian dan pemantauan risiko pelanggan.

Mengapa Verifikasi Identitas Digital Diperlukan?

verifikasi digital
Sumber: Freepik

Verifikasi digital menjadi salah satu hal yang sangat relevan dan penting untuk dilakukan oleh setiap bisnis. Pasalnya, sebagai sebuah entitas bisnis, Anda memerlukan user dan pelanggan yang riil.

Di tengah digitalisasi yang terjadi saat ini, bukankah sangat mudah untuk membuat akun palsu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaran dan validitasnya? Nah, hal semacam itulah yang dapat merugikan bisnis yang tengah Anda kelola.

Sebagai salah satu upaya untuk mencegahnya, muncul kebijakan know your customer (KYC), yang mengharuskan Anda untuk mengenal pelanggan yang Anda miliki. Khususnya pada industri perbankan atau industri fintech, KYC wajib dilakukan karena dalam transaksinya melibatkan banyak data sensitif yang bersifat rahasia dan nilai uang yang tidak kecil.

Tanpa adanya proses verifikasi digital, Anda bisa saja mendapatkan user dengan data yang tidak jelas, hingga dapat menimbulkan fraud. Jelas saja hal ini akan mengancam kenyamanan pengguna lain dan kelangsungan bisnis Anda. Pasalnya, jika sampai terjadi fraud, maka kredibilitas bisnis Anda akan menurun. Itulah mengapa, proses verifikasi digital perlu dilakukan untuk memperoleh data pelanggan yang valid dan jelas.

Selain meningkatkan kenyaman bertransaksi, hal itu juga dapat menjadi acuan penyusunan strategi pemasaran jangka panjang untuk bisnis Anda, bukan?

Baca juga: Sistem Biometrik adalah Upaya Verifikasi Digital yang Aman, Ini 4 Keunggulannya

Kini Saatnya Memanfaatkan Sistem Verifikasi Digital!

verifikasi digital
Sumber: Freepik

Verifikasi identitas asli seseorang adalah tujuan dari manajemen risiko, yang artinya dibutuhkan layanan verifikasi identitas digital yang cukup pintar untuk memvalidasi individu. Verifikasi identitas digital dapat didefinisikan sebagai proses yang mengkonfirmasi ciri-ciri identifikasi individu sambil memverifikasi siapa yang mereka klaim menggunakan teknologi yang modern.

Sistem verifikasi digital dianggap dapat membantu mencegah penipuan dengan beberapa cara. Pertama, ada baiknya memastikan bahwa orang yang menggunakan akun digital tertentu adalah orang asli, di mana hal ini penting dalam mencegah pencurian identitas, yang dapat menyebabkan penipuan keuangan. Selain itu, verifikasi digital juga dapat membantu mencegah jenis penipuan lainnya, seperti pengambilalihan akun, di mana penipu mendapatkan akses ke akun pengguna dan menggunakannya untuk melakukan penipuan.

Terdapat beberapa jenis verifikasi digital yang perlu dipahami, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Verifikasi Dokumen

Verifikasi Dokumen merupakan sebuah proses peninjauan dokumen untuk memastikan keaslian dan keakuratannya. Ini dapat mencakup verifikasi identitas orang yang menyerahkan dokumen, hingga mengonfirmasi bahwa informasi yang terkandung di dalamnya benar.

Verifikasi dokumen ini akan memungkinkan pengguna untuk diverifikasi melalui pemindaian elektronik dari dokumen identitas yang dikeluarkan pemerintah, di mana dokumen identitas yang dikeluarkan pemerintah (seperti paspor atau KTP) digunakan untuk memverifikasi identitas. Terutama karena dokumen ini menjalankan langkah peraturan atau kepatuhan penting selama proses pengenalan digital.

2. Verifikasi Wajah Biometrik

Verifikasi wajah biometrik merupakan sistem yang menggunakan teknologi pengenalan wajah untuk memverifikasi identitas seseorang. Solusi biometrik wajah akan memberikan pengalaman verifikasi identitas yang hampir sepenuhnya otomatis.

3. Liveness Detection

Deteksi keaktifan digital merupakan sebuah proses memverifikasi apakah gambar atau video digital adalah orang yang nyata dan hidup. Hal ini dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti pengenalan wajah atau menganalisis gerakan tubuh.

Baca juga: Memahami Apa Itu Verifikasi pada Akun Digital, Simak di Sini!

Verihubs Menawarkan Solusi End-to-End Verifikasi dan Autentikasi

Pada dasarnya, verifikasi digital memang wajib dilakukan pada setiap jenis bisnis modern yang ingin memiliki perlindungan pada akun fiktif, user dengan potensi fraud yang tinggi, atau kesalahan penyusunan database di masa depan. 

Tentunya, Anda juga wajib memilih produk verifikasi digital yang handal dan kredibel untuk urusan penting yang satu ini. Serahkan saja pada Verihubs!

Verihubs merupakan sebuah perusahaan berbasis SaaS yang membantu perusahaan untuk solusi satu atap bagi kepatuhan dan keamanan dalam bisnis digital. Dengan sistem Know Your Customer dan Know Your Business yang dimilikinya, Verihubs mampu memeriksa dan melakukan validasi pelanggan prospektif sehingga menjadi penyedia infrastruktur back-end lengkap berbagai jenis bisnis.Jika masih merasa ragu kenapa harus memilih Verihubs sebagai partner bisnis Anda, langsung saja kunjungi website Verihubs untuk mendapatkan informasi selengkapnya!