Menggunakan Fitur WA Auto Respon, Ini Cara Membuatnya!

wa auto respon

Respon yang cepat pada pertanyaan pelanggan idealnya menjadi hal wajib yang dimiliki setiap bisnis. Hal ini karena secara langsung respon cepat ini dapat membantu pelanggan memperoleh pengalaman yang lebih baik dengan produk yang disediakan. Konsep WA auto respon menjadi hal yang banyak dilirik untuk hal ini.

Penggunaan WA auto respon ini dapat diterapkan dengan mudah ketika bisnis yang dikelola sudah memakai fitur WhatsApp Business Chatbot. Produk dari WhatsApp ini memungkinkan sebuah akun bisnis untuk memberikan respon otomatis pada pertanyaan atau feedback yang diberikan oleh pelanggan.

Baca Juga: Fast Respon, Wajib Disediakan untuk  Pengalaman Terbaik

Siapa yang Kira-Kira Membutuhkan Fitur Ini?

wa auto respon
Sumber: freepik.com

Sebenarnya jika pertanyaan ini muncul, jawabannya adalah setiap jenis bisnis yang ingin meningkatkan pengalaman pelanggan yang dimilikinya agar pelanggan merasa lebih puas. Hal ini karena WA auto respon akan secara langsung berpengaruh pada tingkat kepuasan pelanggan.

Mengapa demikian?

Ketika pelanggan menggunakan produk atau layanan yang disediakan, mungkin saja mereka bisa melewati tahap onboarding dengan lancar, namun mungkin juga mereka menemukan masalah. Ketika skenario kedua terjadi, pada siapa mereka akan bertanya agar memperoleh jawaban paling akurat?

Tentu pada layanan pelanggan yang Anda sediakan.

Namun ketika layanan pelanggan yang tersedia gagal memberikan respon cepat, pelanggan bisa jada kemudian kehilangan minat untuk menggunakan produk Anda dan mengabaikannya. Berbeda urusan jika respon yang diberikan cepat dan instan.

Meski memang, respon instan ini pasti akan mengacu pada pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan atau FAQ, namun setidaknya pelanggan memperoleh respon langsung atas apa yang jadi keluhannya. Diharapkan juga keluhan ini telah menemukan jawaban pada template yang tersedia, atau dapat pula diambil alih oleh staf layanan pelanggan yang bertugas.

Menilik Manfaat WA Auto Respon dari WhatsApp Business Chatbot

wa auto respon
Sumber: freepik.com

Sederet manfaat tentu akan diperoleh ketika bisnis yang Anda kelola menggunakan produk dari WhatsApp yang satu ini. Beberapa manfaat yang paling terasa untuk bisnis dan relasi dengan pelanggan Anda adalah sebagai berikut.

1. Efisiensi dari Segi Waktu

WA auto respon memungkinkan layanan pelanggan yang lebih efisien secara waktu, baik dari sisi perusahaan atau dari sisi pelanggan. Pelanggan tidak perlu menunggu lama untuk jawaban yang diperlukannya, dan perusahaan tidak perlu mengalokasikan waktu untuk pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan karena jawabannya telah diatur dalam jawaban template yang disesuaikan.

2. Menyimpan Data Pelanggan

Ketika ‘percakapan’ terjadi antara pelanggan dan chatbot yang Anda gunakan, Anda juga dapat menyimpan nama, nomor telepon, dan berbagai data lain yang dimiliki pelanggan. Cara ini cukup efektif untuk meningkatkan database pelanggan yang Anda miliki, sehingga dapat digunakan untuk berbagai aktivitas pemasaran berikutnya.

3. Menerapkan Sistem Ticketing Lebih Optimal

Ketika pertanyaan yang masuk tidak memiliki jawaban template, sistem dapat mengidentifikasinya dan segera meneruskannya pada staf layanan pelanggan. Di sini, keluhan juga dapat diberikan label dengan tepat, sehingga mengoptimalkan sistem ticekting pada penanganan keluhan dari pelanggan oleh staf yang lebih memahami teknis penyelesaian keluhan tersebut.

4. Dari Sisi Penjualan

Proses penjualan juga dapat terbantu dengan adanya otomatisasi respon pada pelanggan. Pelanggan yang ingin bertanya terkait produk dapat memperoleh jawaban cepat, sehingga informasi yang dibutuhkannya bisa didapatkan. Hal ini dapat membantu bisnis untuk melakukan penjualan lebih baik, dengan memanfaatkan momentum yang ada.

5. Jaminan Kerahasiaan Pesan

WhatsApp Business Chatbot memungkinkan Anda memiliki jalur komunikasi yang lebih aman, sebab produk ini memiliki verifikasi dan otentikasi yang jelas pada saat akan digunakan. Dengan demikian, perlindungan pada data yang dikomunikasikan dalam percakapan bisa lebih terjamin, sehingga kedua pihak dapat memperoleh jalur komunikasi yang lebih aman dan nyaman.

Berikut Cara Membuat Fitur Ini Aktif untuk Bisnis yang Anda kelola

wa auto respon
Sumber: freepik.com

Mungkin Anda akan menemukan banyak artikel terkait cara membuat fitur ini aktif di layanan yang Anda miliki. Namun secara umum, berikut caranya.

  • Daftarkan bisnis Anda ke Facebook Business Manager, dengan menggunakan nama bisnis, URL dari situs yang Anda miliki, emoil bisnis, dan dokumen bisnis resmi lain.
  • Kedua, Anda bisa menggunakan layanan dan kemitraan dari penyedia yang bergerak di bidang ini, di industri dikenal dengan sebutan business solution provider.
  • Ketiga, aktifkan nomor telepon yang dimasukkan. Proses ini bisa dilakukan setelah verifikasi bisnis disetujui. Ingat, nomor ini tidak dapat diganti atau diubah hke nomor WhatsApp biasa.
  • Keempat, lengkapi profil bisnis yang Anda miliki untuk membantu mengenal pelanggan pada bisnis Anda.
  • Masuk ke panel layanan yang Anda gunakan, dan pahami pembagian akses antara admin dan manajer dalam konteks ini. Admin memiliki kewenangan membalas pesan, sedangkan manajer dapat memantau pesan yang masuk dan melakukan pengaturan tertentu.
  • Keenam, lakukan pengaturan pada template yang akan muncul dan diterima oleh pelanggan. Di sini Anda juga dapat memasukkan kata kunci tertentu, dan memberikan respon spesifik terkait kata kunci tersebut.
  • Selanjutnya, lakukan uji coba pada fitur yang baru aktif ini dengan memasukkan kata kunci atau feedback pada layanan WhatsApp Business yang dimiliki.
  • Lakukan penyesuaian, dan kini Anda telah memiliki fitur auto respon pada WhatsApp Business Anda.

Baca Juga: Pahami Pentingnya Data Security untuk Kelangsungan Bisnis 

Jika cara di atas cukup sulit untuk dipahami, Anda dapat secara langsung menghubungi layanan pelanggan dari Verihubs, untuk mendapatkan salah satu produk terbarunya terkait WhatsApp Business Chatbot.

Veriflow dari Verihubs, untuk Otomatisasi Layanan Pelanggan Anda

Veriflow kemudian hadir dan menjadi bagian dari Verihubs dalam rangka menerapkan teknologi WhatsApp Business Chatbot. Di sini, Anda bisa memperoleh fitur WA auto respon yang diinginkan dengan kustomisasi yang diperlukan. Semua dapat diatur sedemikian rupa sehingga dapat mengakomodir kepentingan bisnis Anda. Segera hubungi layanan pelanggan kami, dan dapatkan informasi lengkap mengenai produk terbaru dari Verhubs ini!

Artikel Terbaru Kami

biometrik inklusif

Biometrik Inklusif: Memperkuat Keamanan Industri Keuangan

Mengenal Apa Itu CFT dalam Melawan Pendanaan Terorisme

modus penipuan terbaru

Waspada! 5 Modus Penipuan Terbaru Salah Satunya dari WA!