Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

Pahami Pentingnya Data Security untuk Kelangsungan Bisnis

data security

Bisnis yang Anda jalankan saat ini tentu memiliki sejumlah besar data dan informasi penting yang sifatnya krusial. Data ini menjadi aset berharga milik perusahaan, dan harus senantiasa dijaga keamanannya. Data security, adalah istilah yang kemudian digunakan untuk menyebutkan konsep keamanan data yang dimiliki perusahaan.

Data yang dimiliki ini tentu tak terbatas pada data operasional atau data penting terkait transaksi atau rahasia perusahaan, namun juga data dari user yang menggunakan produk atau layanan Anda. Tanpa perlindungan yang baik, kebocoran data ini bisa terjadi dan akan menjadi petaka untuk bisnis.

Keamanan data atau data security sendiri merupakan sebuah prosedur yang dilakukan dengan dukungan dari regulasi dan teknologi, guna memberikan perlindungan data dari kerusakan, modifikasi tanpa kewenangan, manipulasi, atau penyebaran data secara sengaja atau tidak.

Baca Juga: Penggunaan WhatsApp OTP 101: Cara Kerja dan 5 Keunggulannya

Memahami Pentingnya Data Security di Era Modern

data security
Sumber: freepik.com

Pada era modern seperti sekarang ini, hampir setiap orang menggunakan layanan aplikasi pada smartphone yang dimilikinya. Layanan yang digunakan juga beragam, mulai dari pengelolaan aktivitas harian, penjadwalan, pembayaran, transportasi, dan masih banyak lagi.

Dengan informasi sebanyak ini, tentu nilai yang dimiliki dari data-data tersebut sangatlah besar. Beberapa data juga harus diinput untuk menjadi syarat penggunaan layanan, salah satunya adalah data pribadi.

Dapat dibayangkan bukan jika data-data yang menyangkut informasi pribadi dan sensitif ini bocor atau diambil pihak tidak bertanggungjawab?

Nilai kerugian yang muncul akan sebanding dengan tingkat kerahasiaan data tersebut. Nomor Induk Kependudukan misalnya, akan dapat disalahgunakan untuk berbagai keperluan. Nomor PIN atau akses pada mobile atau internet banking, dapat digunakan untuk mengeruk keuntungan dari akun yang dimiliki. Dna masih banyak lagi risiko lain yang mengintai.

Beberapa alasan mendasar mengapa data security ini penting untuk diperhatikan adalah sebagai berikut.

  • Pertama, mencegah adanya potensi kerugian materiil dan non-materiil
  • Kedua, mengurangi risiko adanya penyalahgunaan data atau informasi milik user yang bersifat sensitif guna kepentingan dan keuntungan pribadi
  • Ketiga, memperkecil adanya peluang tindakan kriminal yang memanfaatkan data-data pribadi ini sebagai informasi dasar untuk mengincar sasaran kejahatan
  • Keempat, nilai dari informasi yang dipercayakan pada lembaga, layanan, atau perusahaan tertentu sangat besar untuk user atau pelanggannya, sehingga sudah menjadi tanggung jawab layanan untuk menjaga data-data tersebut secara maksimal
  • Kelima, terdapat regulasi ketat yang mengatur kerahasiaan data, dan hukuman pidana untuk penyalahgunaan data, pemalsuan, atau pembocoran data

Setelah Mengetahui Pentingnya SIstem Keamanan Tersebut, Simak Caranya di Sini!

data security
Sumber: freepik.com

Terkait dengan proteksi terhadap data yang dimiliki, ada dua perspektif yang dapat digunakan untuk melihatnya. Pertama dari sisi user sebagai pengguna layanan, dan kedua dari sisi Anda, selaku penyelenggara layanan.

Dari sisi user, hal-hal seperti penggunaan incognito mode, kemudian menghapus data-data yang tidak digunakan, penggunaan layanan VPN yang kredibel, aktivasi otentikasi dua faktor, penggunaan password manager, hingga rutin membersihkan cookies pada browser bisa jadi cara sederhana menjaga keamanan data.

Dari sisi penyedia layanan, Anda dalam hal ini, hal yang bisa dilakukan adalah menggunakan produk verifikasi yang terpercaya, mengatur akses informasi pada data-data penting dengan layering, mengawasi pengelolaan data yang dimiliki, hingga secara rutin melakukan audit pada data-data yang ada, akan menjadi langkah yang tepat dalam rangka memberikan proteksi pada data yang dimiliki terkait bisnis dan data pelanggan atau user Anda.

Penggunaan Produk Verifikasi, Tingkatkan Data Security Bisnis Anda

data security
Sumber: freepik.com

Data security tidak akan lepas bahasannya dari perlindungan pada akses terhadap informasi yang dimiliki. Ketika akses yang dimiliki tidak terlindung, maka kemungkinan besar terjadi akses ilegal akan muncul. Dari sini awal mula banyak masalah terkait dengan penyalahgunaan data terjadi.

Namun hal ini tidak akan terjadi jika Anda menggunakan produk verifikasi yang ketat pada bisnis yang dimiliki. Produk verifikasi ini secara praktis mampu meningkatkan perlindungan pada akses akun atau data yang dimiliki, sehingga perusahaan dapat menjaga keamanan data dengan baik.

Verifikasi sendiri bentuknya akan sangat beragam. Mulai dari penggunaan kode OTP, kemudian penggunaan verifikasi kartu identitas, penggunaan fitur biometrik di wajah, hingga metode-metode lain yang tersedia dalam produk verifikasi yang Anda gunakan.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Perusahaan Perlu Menjaga Keamanan Aplikasi

Tapi apakah ada produk verifikasi dengan fitur lengkap dan mudah disesuaikan dengan kebutuhan bisnis?

Verihubs adalah jawaban yang Anda cari untuk produk verifikasi ini.

Verihubs, Verifikasi Solid dengan Metode yang Beragam

Verihubs kemudian hadir menjadi jawaban atas kebutuhan Anda pada produk verifikasi yang handal, solid, dan adaptif. Ragam produk yang disediakan Verihubs dapat digunakan sesuai kebutuhan industri, dalam rangka meningkatkan kualitas data security yang dimiliki. Mulai dari Phone Number Verification, Identity Verification, Biometric Verification, hingga Business Verification, semua dapat terintegrasi dengan sempurna bersama dengan sistem bisnis Anda. Segera gunakan produk terbaik dari Verihubs dengan hubungi layanan pelanggan kami, dan dapatkan setiap benefit yang ditawarkannya!