Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

WhatsApp Blast, Dapatkan 7 Keuntungnnya bagi Bisnis Digital

whatsapp blast

Dewasa ini, kebanyakan bisnis menggunakan WhatsApp (WA) untuk berinteraksi dengan pelanggan secara efektif, karena aplikasi ini dapat membuat bisnis menjadi terhubung secara personal dan langsung dengan para pelanggan. Dengan semakin meningkatkan minat pelanggan terhadap interaksi langsung dua arah ini, maka menggunakan WhatsApp Business menjadi salah satu cara yang sangat bagus untuk mengembangkan bisnis, salah satunya pemanfaatan fitur Whatsapp Blast. 

Jika WA biasa hanya dapat mengirimkan pesan kepada penggunanya secara tertentu, seperti person to person atau by group, lain halnya dengan WA Blast. WhatsApp Blast adalah sebuah fitur WhatsApp Business API yang memungkinkan Anda untuk mengirimkan pesan massal secara bersamaan, tanpa harus menyimpan nomor pengguna di kontak. Fitur ini tentunya menjadi salah satu cara yang sangat efektif dan efisien bagi bisnis untuk menjangkau banyak pelanggan sekaligus. 

WhatsApp Blast for Business, Banyak Benefit-nya! 

whatsapp blast
Sumber: Freepik

Dibandingan dengan WA biasa yang harus menyimpan daftar contact satu per satu, membuat group, atau mengirim broadcast terlebih dahulu jika ingin mengirimkan pesan marketing dengan partai besar, menggunakan WhatsApp Blast dapat menjadi solusi yang tepat dan efisien, apalagi jika memiliki bisnis yang sedang dikelola. Bayangkan saja betapa repotnya, jika Anda harus menyimpan satu per satu contact pelanggan, dilanjut harus membuat broadcast jika data pelanggan yang ada lebih dari 200 data? Tidak hanya itu, fokus pun juga akan terpecah belah, karena selain harus memikirkan konten promosi yang menarik untuk bisnis yang sedang dijalankan, Anda pun harus memastikan seluruh pelanggan menerima pesan promosi yang dikirimkan.

Jangankan menjalankannya, membayangkannya saja sudah sangat melelahkan, bukan? Dengan menggunakan WA Blast, Anda dapat berfokus pada satu hal saja seperti memikirkan isi konten yang tepat dan sesuai untuk promosi bisnis, atau memikirkan strategi bagaimana caranya agar pelanggan yang mendapatkan blast promosi tersebut tertarik dan dapat melakukan repeat order. Lantas, apa saja keuntungannya?

1. Lebih Hemat Space di Gadget

WA Blast adalah tools aplikasi pihak ketiga yang dibantu dengan adanya para developer creator yang menciptakan sistem itu sendiri, sehingga menggunakan WA Blast tidak perlu install bermacam-macam aplikasi WA. Selain itu, Anda juga tidak perlu repot menyimpan data nomor ponsel seluruh pelanggan, sehingga hal ini akan lebih menghemat space pada ponsel maupun komputer yang Anda gunakan, bukan?

2. Data Lebih Terorganisir

Tidak perlu repot mengelompokan pelanggan secara manual, dengan WA Blast data yang Anda miliki bisa terorganisir secara lengkap dan rapi. Bahkan Anda juga dapat mempromosikan 2-3 bisnis secara sekaligus dalam satu aplikasi saja hanya dengan satu klik. Dengan sangat mudah, semua pesan akan otomatis terkirim.

3. Kirim Pesan Lebih Cepat, Tepat, dan Hemat

Selain cepat dalam mengirimkan semua pesan, pesan yang dikirimkan juga tepat sesuai sasaran. Anda pun akan hemat tenaga, waktu, serta biaya, karena menggunakan WA Blast sebagai solusi bisnis artinya Anda tidak perlu dua kali kerja atau bahkan merekrut orang kembali, melewati panjangnya proses interview, test bahkan onboarding hanya untuk mencari orang yang tepat, yang dapat membantu handling marketing produk yang Anda miliki. Dengan WA Blast, baik bisnis kecil maupun besar Anda bahkan dapat meng-handle-nya seorang diri.

4. Isi Pesan dapat Dipersonalisasi

Keuntungan mengirimkan pesan dari WhatsApp Blast adalah Anda dapat personalisasi pesan, di mana hal ini cukup penting terutama bagi bisnis untuk menghormati pelanggan. Para pelanggan yang merasa terpanggil akan membaca pesan yang masuk meskipun belum disimpan nomor pengirimnya.

Kemudian, mereka yang menerima pesan juga akan mudah untuk membalasnya karena memakai koneksi internet, bukan pulsa. Jadi ketika ada yang tertarik dan membalas chat, maka Anda bisa langsung berkomunikasi dengan calon pembeli serta melakukan edukasi agar orang tersebut menjadi tertarik dan melakukan pembelian.

5. Mengirim Pesan Tanpa Ada Batasan Kontak

Dengan WA Blast, Anda bisa mengirim ke banyak nomor sekaligus, tidak ada batasan jumlah kontak, semakin banyak semakin bagus. Mengirimkan pesan menggunakan WhatsApp Blast memang tidak dibatasi oleh jumlah kontak, berbeda dengan WhatsApp Broadcast yang terbatas hanya pada 256 kontak saja. Selain itu, sebagai pebisnis Anda juga tidak perlu menyimpan nomor kontak orang yang ingin dikirimi pesan, karena Anda bisa mengirimkan pesan ke kontak yang sudah pernah melakukan interaksi sebelumnya, atau bisa juga membuat daftar nomor yang ingin dikirimi pesan.

Menariknya lagi, Anda pun bisa melihat report pesan, yaitu jumlah pesan yang terkirim, tidak terkirim, sudah atau belum dibaca.

6. Peluang Menjelajahi Pasar Baru yang Belum Dikenal Sebelumnya

Benefit lain yang juga bisa didapatkan dari penggunaan fitur WhatsApp Blast adalah memungkinkan Anda untuk menyebarkan pesan ke pasar baru atau pasar yang belum dikenal sebelumnya. Anda bisa menyebarkan teks dan gambar sebagai selebaran ke kontak yang tidak dikenal, sehingga Anda bisa meningkatkan kesadaran pengguna terhadap bisnis Anda dengan read-rate hingga 90% pada pesan yang Anda kirimkan. 

7. Dapat Mengetahui Feedback dari Pelanggan secara Langsung

Feedback dari pelanggan adalah hal yang sangat penting, karena dapat membuat bisnis menjadi lebih baik. Menyampaikan pesan promosi bisnis melalui WhatsApp Blast akan membuat Anda sebagai pelaku bisnis bisa mengetahui keinginan dan feedback dari pelanggan, karena pesan yang dikirimkan lebih personal dan membuat Anda sebagai pebisnis bisa berinteraksi dengan pelanggan lebih akrab dan menambah wawasan bisnis, hingga akhirnya juga akan membantu meningkatkan penjualan bisnis.

Tahapan Menggunakan WhatsApp Blast

whatsapp blast
Sumber: Freepik

Kebanyakan pebisnis menganggap bahwa WhatsApp Blast lebih menguntungkan dan lebih mudah digunakan untuk melakukan promosi dibandingkan dengan WhatsApp biasa. Namun, sebagai pebisnis Anda harus mengetahui cara menggunakan WhatsApp Blast, karena fitur dan aplikasi WA Blast ini adalah fitur yang dibuat oleh pihak ketiga yang artinya, WA Blast bukan merupakan fitur dan aplikasi resmi dari WhatsApp.

Nah, berikut ini adalah cara menggunakan WhatsApp Blast yang wajib dipahami dan diperhatikan:

  • Pertama, Anda perlu mendaftarkan nomor yang aktif di WhatsApp lalu pilih salah satu Official Business Partner WhatsApp untuk mendaftarkan WhatsApp Business API.
  • Kemudian Anda perlu memilih satu nomor WhatsApp yang diaktifkan untuk menjadi nomor bisnis, di mana nomor ini tidak dapat diganti dan nomor inilah yang akan memperoleh verified badge atau centang hijau sebagai tanda resmi bisnis.
  • Tahapan berikutnya, Anda harus melengkapi profil bisnis pada WhatsApp dengan data yang sesuai dan usahakan terlihat profesional.
  • Jika akun terverifikasi menjadi WhatsApp API, berarti Anda sudah bisa mulai menggunakan WhatsApp Blast dengan cara masuk ke Official Business Partner yang sudah Anda pilih sebelumnya, lalu Anda bisa membuat daftar nomor yang akan kirimi pesan blast.

Baca juga: Mengenal OTP WhatsApp dan Perbedaannya dengan OTP SMS

Kabar baiknya, Verihubs mampu mengelola WhatsApp Blast untuk berbagai keperluan bisnis Anda dengan sistem yang terintegrasi. Selain aman dan terpercaya, mengandalkan layanan dari Verihubs untuk urusan ini dijamin hemat biaya dan transaksi lebih transparan. Anda hanya perlu membayar sesuai kebutuhan Anda, karena Verihubs menghitung sesuai penggunaan dan hanya akan mengenakan biaya pada pengiriman WhatsApp yang berhasil saja. Silakan hubungi kontak layanan Verihubs sekarang juga dan dapatkan informasi lebih lanjut.