Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

Whatsapp Customer Onboarding, Bagaimana Cara Melakukannya?

whatsapp customer onboarding

Pada saat pelanggan baru mendaftar ke layanan Anda atau membeli produk Anda, Anda tentu ingin langsung terlibat dengan mereka, bukan? Nah, Anda dapat menerapkan Whatsapp Customer Onboarding.

Customer onboarding memang menjadi salah satu langkah penting keberhasilan perusahaan, yaitu memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan di setiap tahapan customer journey maupun customer lifecycle. Mulai dari menyebarkan brand awareness, memberikan solusi dan menciptakan produk/jasa yang dibutuhkan oleh pelanggan, kemudahan dalam proses pembelian, hingga menjalin komunikasi selepas pembelian.

Onboarding sendiri menjadi tahap pertama dari customer journey yang wajib diperhatikan oleh setiap perusahaan. Pasalnya, customer onboarding berperan penting dalam menentukan apakah hubungan perusahaan dengan pelanggan akan terus berlanjut setelah proses pembelian atau tidak. Dengan adanya customer onboarding pula, maka perusahaan akan memiliki kesempatan lebih besar untuk menaikkan angka retensi dan sales growth. Lantas, bagaimana cara menerapkan Whatsapp Customer Onboarding yang efektif untuk perusahaan?

Pentingnya Melakukan Customer Onboarding

whatsapp customer onboarding
Sumber: Freepik

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai Whatsapp Customer Onboarding, alangkah baiknya Anda mengetahui alasan mengapa customer onboarding perlu dilakukan.

Sebagaimana yang telah disebutkan di atas, bahwa customer onboarding adalah tahap penting dalam keseluruhan customer journey sekaligus memengaruhi growth rate perusahaan. Itu artinya, melakukan customer onboarding akan mendatangkan beberapa manfaat. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Dapat Meningkatkan Customer Loyalty

Jika pelanggan tidak benar-benar mengenal produk atau jasa yang Anda tawarkan, maka mereka akan dengan mudah meninggalkan brand Anda. Jadi, Anda perlu melakukan customer onboarding demi meningkatkan conversion rate sekaligus mendapatkan pelanggan yang loyal. Dengan pelanggan yang setia pada brand, maka angka retensi atau customer retention juga akan meningkat.

Kemudian, meningkatnya customer retention akan menjadi peluang besar bagi perusahaan untuk terus mempertahankan serta mengembangkan bisnis. Sebuah penelitian menunjukan bahwa mempertahankan pelanggan lama jauh lebih menguntungkan dibanding membuang biaya untuk menggaet calon pelanggan baru. Dengan pelanggan lama pula, peluang untuk mendapatkan calon pelanggan lewat advocacy atau rekomendasi akan terbuka lebar. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk melakukan marketing campaign atau kampanye pemasaran.

2. Dapat Meningkatkan Pendapatan

Manfaat selanjutnya jika Anda melakukan customer onboarding adalah meningkatkan angka penjualan dan pendapatan atau revenue bisnis. Dengan adanya pelanggan tetap yang terus tertarik untuk menggunakan produk/jasa Anda, maka tentunya sales growth akan terus mengalami peningkatan.

Kebanyakan marketer mengatakan bahwa pelanggan tetap memiliki pengaruh yang lebih besar untuk meningkatkan angka penjualan daripada pelanggan baru. Hal ini dikarenakan perusahaan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya lagi untuk beriklan dan melakukan kampanye pemasaran demi meningkatkan kesadaran merek dan menunjukkan product value pada pelanggan lama. Jika pelanggan merasa puas dengan produk atau jasa Anda, dan mereka merasa mendapatkan nilai atau manfaat dari brand, maka secara alami mereka juga akan tergerak untuk terus menggunakan brand Anda.

3. Dapat Mengurangi Beban Customer Service

Manfaat lainnya yang akan perusahaan dapatkan adalah mengurangi beban staf customer service. Apabila pelanggan sudah mengenal betul produk atau jasa dari brand Anda, maka mereka tidak akan bertanya atau mengeluhkan banyak hal tentang brand pada tim customer service. Bukan hanya itu saja, Anda pun akan lebih mudah untuk mendapatkan feedback dari pelanggan setia, di mana feedback tersebut akan sangat bermanfaat sebagai bahan untuk evaluasi perusahaan. Baik dalam product development, atau strategi business development ke depannya.

4. Memicu Terjadinya Word-of-Mouth Marketing

Strategi worth-of-mouth marketing memang masih menjadi salah satu strategi pemasaran yang efektif untuk menggaet pelanggan. Nah, salah satu manfaat dari customer onboarding adalah dapat meningkatkan peluang word-of-mouth dari pelanggan setia Anda. Ketika pelanggan sudah mengenal dan menyukai brand Anda, maka secara alami mereka juga akan merekomendasikannya pada orang lain. Entah melalui advocacy atau memberikan testimoni, sehingga perusahaan Anda akan turut mendapat keuntungan dari adanya customer onboarding tersebut.

Baca juga: Penggunaan Chatbot sebagai Personal Customer Service Terbaik

Bagaimana Cara Melakukan Whatsapp Customer Onboarding?

whatsapp customer onboarding
Sumber: Freepik

Customer onboarding bisa dilakukan atau diterapkan melalui berbagai bentuk, yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Salah satu yang paling direkomendasikan akan Whatsapp Customer Onboarding.

Menerapkan Whatsapp Customer Onboarding, artinya Anda menyambut pelanggan baru dengan mengirimi mereka pesan untuk mengumumkan produk baru yang menarik dan tersedia untuk mereka melalui aplikasi Whatsapp.

Mari, tinggalkan percakapan yang kaku dan ubah menjadi lebih menyenangkan! Bagaimana caranya? Anda bisa memanfaatkan teknologi Veriflow pada bisnis Anda. Dengan teknologi yang canggih ini, Anda bisa melakukan Whatsapp Customer Onboarding yang lebih efisien dan efektif.

Sudah saatnya untuk membangun kedekatan dengan pelanggan menggunakan percakapan yang lebih atraktif dengan Veriflow! Sistem Veriflow memungkinkan Anda untuk mengubah flow dengan low-code, serta dapat sesuaikan chatbot sendiri sesuai kebutuhan bisnis Anda.

Menariknya lagi, fitur ini juga terintegrasi dengan teknologi AI sehingga bisa langsung dilakukan verifikasi ID verification, KYC Face Match, dan OCR for ID di Whatsapp sehingga Anda tidak perlu membangun sistem verifikasi lagi. Penawaran yang sangat menarik, bukan?

Baca juga: 6 Cara Chat dengan Customer, Harus Cepat dan Tepat!

Mari meningkatkan bisnis Anda lebih cepat dengan Veriflow. Verihubs siap membantu bisnis Anda untuk mendapatkan sistem yang lebih cepat dan optimal. Dapatkan kesempatan demo secara gratis untuk menemukan solusi yang terbaik, langsung saja klik di sini!