4 Keunggulan AI Text Recognition dan Manfaatnya untuk Bisnis

ai text recognition

Banyak di antara bisnis yang kini menggunakan teknologi dengan dukunan AI atau artificial intelligence dalam layanan yang diberikannya. Salah satunya adalah pada penggunaan teknologi AI text recognition, yang dapat membantu proses input berbagai berkas dan data secara cepat dan akurat.

Secara mendasar, AI text recognition merupakan teknologi OCR atau optical character recognition yang didukung dengan teknologi AI. Cara kerja yang digunakan mirip, hanya saja lebih canggih dan menawarkan banyak keunggulan dalam prosesnya.

Baca Juga: Menerapkan Digital Identity Verification pada Bisnis

Cara Kerja dari AI Text Recognition

ai text recognition

Cara kerja dari teknologi ini dapat dibagi ke dalam empat tahapan berbeda, yakni akuisisi citra, pemrosesan, pengenalan teks, dan terakhir pasca pemrosesan teks. Keempat tahapan ini kemudian menghasilkan data yang dapat dibaca oleh sistem sebagai data yang memiliki makna, dari citra yang dihadapi oleh perangkat pemindaian.

1. Akuisisi Citra

Langkah pertama yang terjadi adalah pemindaian pada dokumen dan melakukan konversi ke data biner. Perangkat lunak atau sistem AI text recognition yang digunakan akan menganalisis citra yang dipindai, mengeliminir variabel yang bukan diidentifikasi sebagai huruf atau karakter, kemudian mengidentifikasi seluruh karakter huruf, angka, dan sejenisnya sebagai objek teks.

2. Pemrosesan

Sistem kemudian akan membersihkan kembali citra dan menghilangkan kesalahan untuk mempersiapkan agar dapat dibaca dengan baik. Metode yang digunakan untuk pembersihan citra adalah dengan memutar atau memiringkan dokumen yang dipindai, sehingga sesuai dengan apa yang dibutuhkan sistem, menghilangkan noda, mengapus titik citra digital, menghaluskan tepi citra teks, membersihkan kotak dan garis pada citra, dan pengenalan script untuk teknologi AI text recognition multibahasa.

3. Pengenalan Teks

Pada tahap ketiga, peran AI masuk. Identifikasi pada karakter atau huruf yang ada di dalam citra akan dilakukan. Pertama dengan pencocokan, yakni dengan mengisolasi citra karakter yang disebut dengan glyph, dan membandingkannya dengan karakter serupa yang sudah disimpan di dalam sistem. Pencocokan akan terjadi secara akurat saat database yang dimiliki sudah mencakup karakter yang ada di citra. Pada sistem lebih lanjut, AI juga dapat mengidentifikasi tulisan tangan dengan membandingkannya pada data yang paling mirip.

Kemudian kedua dilakukan ekstraksi fitur dengan memecah atau mengurangikan glyph yang diperoleh dan menjadi fitur garis, loop tertutup, arah garis, dan perpotongan garis. Ekstraksi akan menggunakan fitur terkait untuk menemukan kecocokan terbaik dengan direktori data yang ada.

Selesai, teks yang dipindai akan bisa dikenali oleh sistem dalam bentuk data yang disajikan di dalam display atau tampilan.

Apa Manfaatnya?

ai text recognition

Sebenarnya manfaat dari penerapan AI text recognition sendiri sangat luas. Namun hal ini dapat dikelompokkan secara sederhana ke dalam dua manfaat besar, yakni manfaat untuk perusahaan Anda sebagai penyedia layanan, dan manfaat untuk user yang Anda miliki.

  • Untuk perusahaan, manfaatnya adalah memberikan banyak kemudahan dan meningkatkan efisiensi kerja dari proses pengumpulan data. Data yang diperoleh dari citra yang diambil dapat diproses dengan cepat, sehingga efisiensi waktu lebih baik.  Akurasinya juga dapat diandalkan, sehingga kesalahan minim terjadi.
  • Untuk user sendiri, manfaatnya adalah untuk mempercepat proses input data yang diperlukan. User tinggal menampilkan data di depan perangkat pemindai, atau memasukkan gambar dokumen ke dalam sistem, menunggu beberapa detik, dan selesai, data yang diperlukan sudah berhasil di-input. User akan merasa dimudahkan dan dipercepat urusannya berkat keberadaan AI dalam sistem text recognition yang digunakan layanan Anda.

Sederet Keunggulan yang Ditawarkan Sistem Berbasis AI Ini

ai text recognition

Sistem text recognition yang berbasis AI seperti ini menawarkan cukup banyak kelebihan daripada sistem text recognition pada umumnya. Beberapa keunggulan yang ditawarkannya untuk bisnis Anda adalah sebagai berikut.

1. Proses yang Cepat

Karena secara progresif AI akan terus ‘belajar’ dari semua proses yang dikerjakannya, maka sistem yang disediakan untuk mengenali dan mengidentifikasi text akan berjalan lebih cepat. Hal ini tidak hanya membantu kinerja bisnis, namun juga mendukung kepuasan pelanggan.

2. Akurasi yang Terjamin

Direktori yang lengkap pada jenis font dan karakter yang dimiliki juga akan membantu proses pencocokan dan pembacaan teks lebih cepat. Dengan akurasi yang tinggi, akan sangat membantu mengurangi terjadinya kesalahan identifikasi teks yang dilakukan.

3. Kinerja yang Lebih Optimal

Dengan kombinasi proses cepat serta akurasi tinggi, hanya akan ada satu hal yang diperoleh perusahaan Anda, yakni kinerja yang lebih optimal ketika semua data dapat dipindai dengan cepat dan akurat, maka tidak diperlukan pengecekan berulang kali guna memastikan kebenaran data.

4. Biaya Ekonomis untuk Jangka Panjang

Karena sistem ini digunakan dalam jangka waktu yang panjang, maka total biaya yang diperlukan menjadi lebih masuk akal dan ekonomis. Minimnya biaya maintenance, kemudian berkurangnya biaya dari proses pengecekan akibat kesalahan, dan banyak lainnya, membuat efisiensi nilai ekonomis dari AI text recognition menjadi lebih baik. Memang biaya pemasangan yang diperlukan sedikit lebih besar, namun jika melihat skema jangka panjang, hal ini akan terasa lebih ringan.

Baca Juga: Ini 5 Cara Tepat Memilih Identity Verification Service 

Produk AI text recognition nyatanya menjadi salah satu pendukung signifikan pada kinerja perusahaan secara umum, dalam upaya meningkatkan akurasi input data dan pengolahan data teks. Untuk itu, Verihubs juga menyediakan produk sejenis, dengan nama OCR for ID Card yang didukung penuh dengan sistem AI yang canggih. Produk ini dapat membantu Anda mengekstrak data identitas user dengan cepat dan akurat, sehingga proses bisnis berjalan lebih cepat. Optimasi artificial intelligence yang optimal dan sesuai dengan aturan menjadi hal utama bagi Verihubs. Segera hubungi layanan pelanggan kami sekarang, dan dapatkan informasi lengkapnya!

Artikel Terbaru Kami

insurtech adalah

Memahami Insurtech: Inovasi Digital dalam Asuransi

cara membuat chatbot ai mudah

Terlengkap! Bagaimana Cara Membuat Chatbot AI Mudah?

peranan kecerdasan buatan dalam pendidikan

10 Manfaat & Peranan Kecerdasan Buatan dalam Pendidikan