Penggunaan Akun Whatsapp Bisnis, Solusi Tepat untuk Promosi

akun whatsapp bisnis

Beberapa tahun lalu, Whatsapp telah merilis aplikasi dengan fitur khusus untuk para pemilik bisnis dan perusahaan, dengan tujuan untuk mempermudah komunikasi mereka dengan para pelanggan. Whatsapp Bisnis, menjadi salah satu fitur yang harus dimiliki para brand dan para pelaku bisnis lainnya. Jika saat ini Anda sedang merintis usaha, ada baiknya Anda segera membuat akun Whatsapp Bisnis untuk promosi dan berkomunikasi dengan para pelanggan.

Sebagaimana yang telah diketahui bersama, bahwa Whatsapp banyak digunakan oleh berbagai kalangan. Itu artinya, hampir dapat dipastikan bahwa pelanggan Anda memiliki akun Whatsapp yang dapat Anda hubungi untuk berbagai tujuan.

Kenalan dengan Whatsapp Bisnis, Yuk!

Whatsapp Bisnis merupakan sebuah aplikasi pengirim pesan yang dirancang secara khusus untuk mempermudah pemilik bisnis berinteraksi dengan para pelanggan. Sebagaimana dikemukakan Whatsapp dalam laman resminya, Whatsapp Bisnis ini telah dirancang sesuai kebutuhan para pemilik bisnis kecil untuk terhubung secara pribadi dengan para pelanggan.

Tak dipungkiri, Whatsapp Bisnis telah berhasil mendapatkan sambutan yang bagus, terutama bagi kalangan pemilik bisnis online. Sejak diperkenalkan dalam format beta-nya pada bulan September 2017 lalu, aplikasi ini mulai dilirik banyak pebisnis karena Whatsapp sendiri memang sudah menjadi platform komunikasi yang banyak digunakan.

Munculnya Whatsapp Bisnis tentunya bisa menjadi salah satu pilihan media komunikasi yang sangat tepat bagi pemilik bisnis, terlebih bagi para pebisnis online. Aplikasi ini akan membantu banyak calon pembeli untuk berkomunikasi ke penjual, membantu pebisnis mempromosikan produk dan layanan, hingga menjawab pertanyaan pelanggan dengan cepat.

Apa Saja Manfaat Penggunaan Whatsapp Bisnis?

akun whatsapp bisnis
Sumber: Freepik

Dengan segala macam fitur dan fasilitas yang ditawarkan, tentu saja Whatsapp Bisnis dapat memberikan berbagai manfaat untuk sebuah bisnis atau perusahaan. Berikut ini adalah kegunaan Whatsapp Bisnis yang perlu diketahui:

1. Komunikasi dengan Pelanggan Lebih Mudah

Manfaat paling utama dari penggunaan akun Whatsapp Bisnis adalah akan mempermudah jalannya komunikasi dengan para pelanggan. Dengan adanya aplikasi chat ini, maka calon pelanggan dapat terhubung secara langsung dengan pemilik bisnis.

Lebih dari itu, fitur-fitur dalam Whatsapp Bisnis yang dapat membalas pesan secara otomatis seperti greeting message dan quick replies juga akan sangat membantu dalam berkomunikasi dengan para pelanggan.

2. Meningkatkan Hubungan Baik dengan Para Pelanggan

Perlu digarisbawahi, bahwa kunci sukses suatu bisnis salah satunya adalah terjalinnya hubungan baik dengan para pelanggan. Dengan aplikasi Whatsapp Bisnis ini, maka komunikasi antara pemilik bisnis dan pelanggan menjadi lebih mudah dan cepat. Kontak bisnis juga akan membantu mengoptimalkan layanan kepada para pelanggan.

3. Lebih Dipercaya oleh Pelanggan

Dengan menggunakan Whatsapp Bisnis, maka citra bisnis Anda di mata pelanggan juga akan meningkat. Hal ini sangat penting, mengingat maraknya bisnis online yang ada sekarang membuat calon pelanggan juga lebih selektif dalam memilih.

Baik pembeli atau penjual memang harus berhati-hati sebelum melakukan transaksi. Salah satu cara untuk meningkatkan kepercayaan calon pelanggan yaitu dengan menggunakan Whatsapp Bisnis, yang memberikan citra lebih profesional dan kredibel kepada pelanggan.

4. Visibilitas Bisnis Akan Meningkat

Fitur Katalog dalam Whatsapp Bisnis akan memudahkan para pemilik bisnis untuk mempromosikan produk yang dijual. Hal ini sangat praktis, mengingat pelanggan yang mengirim pesan bisa langsung melihat produk-produk yang ada dalam katalog di platform yang sama. Hal ini juga dapat menunjang kebutuhan promosi bisnis.

5. Pekerjaan Menjadi Lebih Teratur dan Efisien

Apabila semua fitur yang ada dimanfaatkan semaksimal mungkin, maka dijamin kinerja operasional dalam bisnis juga akan semakin lancar. Sebagai contoh, dengan memanfaatkan fitur seperti Labels, pemilik bisnis juga dapat dengan mudah mengkategorikan pelanggan dalam suatu kelompok tertentu, sesuai dengan keinginan.

Jika Anda dapat lebih mudah melakukan follow up pelanggan yang diberi label “belum membayar”, atau Anda bisa mengecek orderan dengan melihat pelanggan dengan label “pre order”, atau lainnya maka pekerjaan akan menjadi lebih teratur dan efisien.

Baca juga: WhatsApp Blast, Dapatkan 7 Keuntungannya bagi Bisnis Digital

Cara Membuat Akun Whatsapp Bisnis

akun whatsapp bisnis
Sumber: Freepik

Lantas, bagaimana cara membuat akun Whatsapp Bisnis? Anda bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini dengan sangat mudah.

  • Silakan download aplikasi Whatsapp Bisnis dari App Store atau Google Play Store.
  • Langkah selanjutnya, registrasi nomor telepon yang akan digunakan untuk akun Whatsapp Bisnis. Sebaiknya gunakan nomor khusus yang berbeda dari akun Whatsapp personal sehingga mempermudah proses verifikasi. Setelah memasukkan nomor telepon, klik ‘Done atau Next’ lalu pilih ‘OK’ untuk menerima 6 digit kode verifikasi via SMS.
  • Selanjutnya, tambahkan kontak pada aplikasi dengan mengizinkan Whatsapp untuk mengakses daftar kontak dari ponsel, dan izin akses foto dan video untuk mempermudah penggunaan aplikasi untuk mengirim dan menerima foto, dokumen, atau video.
  • Lalu, buat profil akun bisnis dengan memberikan keterangan nama toko, kategori, dan pilih profile picture yang sesuai dengan bisnis Anda. Idealnya, akun bisnis harus menggunakan logo resmi perusahaan.
  • Terakhir, lengkapi profil bisnis dengan klik ‘Explore’ lalu pilih ‘Business Profile’. Di sini Anda perlu melengkapi informasi penting seperti alamat, deskripsi, jam operasional dan lain sebagainya.

Jika langkah-langkah di atas sudah selesai, itu artinya Anda sudah berhasil membuat akun Whatsapp Bisnis dan bisa dipergunakan sesuai kebutuhan.

Baca juga: Penggunaan WhatsApp API untuk Kelancaran Bisnis, Ini 7 Fungsinya!

Gunakan Teknologi Paling Canggih untuk Bisnis Anda!

Seiring dengan penggunaan akun Whatsapp Bisnis, Anda pun perlu memanfaatkan teknologi Veriflow pada bisnis Anda. Dengan teknologi yang canggih ini, Anda bisa memaksimalkan penggunaan Whatsapp untuk keperluan promosi dan membangun kedekatan dengan pelanggan menggunakan percakapan yang lebih atraktif.

Teknologi apakah itu? Sistem Veriflow memungkinkan Anda untuk mengubah flow dengan low-code dan Anda pun dapat menyesuaikan chatbot sesuai kebutuhan bisnis Anda. Menariknya lagi, fitur ini juga terintegrasi dengan teknologi AI sehingga verifikasi ID verification, KYC Face Match, dan OCR for ID di Whatsapp bisa langsung dilakukan. Sehingga Anda tidak perlu membangun sistem verifikasi lagi, sangat praktis!Anda bisa mendapatkan kesempatan demo secara gratis untuk menemukan solusi yang terbaik, silakan klik di sini!

Artikel Terbaru Kami

Kecerdasan Artifisial

Implementasi Kecerdasan Artifisial untuk Industri Finansial

Kecerdasan artifisial alias artificial intelligence (AI) memiliki banyak sekali kegunaan yang dapat dimanfaatkan oleh berbagai sektor industri, termasuk sektor finansial. Mengingat banyaknya data yang dimiliki, sektor finansial tentunya bisa memanfaatkan teknologi AI dan ML untuk memproses data yang banyak. Contohnya adalah, industri perbankan mulai melirik peluang ini dengan menggunakan chatbot dan robot pemberi saran. Kemudian, […]

robotic process automation

Menilik Manfaat Robotic Process Automation dan Penerapannya

Apa yang dimaksud dengan robotic process automation (RPA)? Robotic process automation adalah suatu perangkat lunak dalam sebuah sistem komputer untuk melakukan tugas-tugas dasar manusia yang repetitif dan terstruktur, seperti memproses invoice, mengisi pembagian kerja bagi karyawan, hingga melakukan proses audit, dan lain sebagainya. Sebetulnya, keberadaan robotic process automation ini sudah diterapkan dalam dunia industri sejak […]

AI Customer Experience

Bagaimana AI Dapat Memengaruhi Customer Experience?

Tahukah Anda, bahwa Artificial Intelligence (AI) adalah terminologi yang muncul tahun 1956 untuk pertama kali melalui konferensi iptek di Dartmouth, AS. Artificial Intelligence dianggap sebagai salah satu penemuan besar yang membawa dampak besar bagi perubahan kehidupan manusia. Dengan semakin berkembangnya Artificial Intelligence, penerapannya pun menjadi semakin luas, termasuk munculnya AI customer experience. Definisi Artificial Intelligence […]