Akurasi Data dalam Proses Verifikasi, Ini 4 Manfaatnya!

akurasi data

Data, menjadi entitas krusial yang dibutuhkan dalam banyak proses kehidupan modern. Hal ini karena setiap matriks dapat diperoleh dalam bentuk sajian data yang komprehensif, sehingga dapat digunakan sebagai acuan utama penyusunan dan pengambilan keputusan penting. Jelas, akurasi data menjadi hal yang penting dalam hal ini, sebab tanpanya data yang disajikan tidak akan memiliki nilai validitas yang tinggi.

Untuk Anda yang mungkin belum mengetahui mengenai pengertian dari akurasi data itu sendiri, Anda dapat memperoleh penjelasan lengkapnya dalam artikel ini. Sekaligus akan dijelaskan mengenai manfaat akurasi data dalam proses verifikasi data user yang dimiliki oleh bisnis Anda.

Baca Juga: Mengenal Perbedaan Active dan Passive Biometric Verification

Pertama, Mari Kenali Apa Itu Akurasi Data

akurasi data

Sumber: freepik.com

Akurasi data secara sederhana merupakan derajat kebenaran suatu data atas apa yang ada di dunia nyata. Data merupakan hasil ekstraksi yang dilakukan pada fakta yang ada di dunia nyata, dan disimpan dalam bentuk tertentu yang memudahkan proses pengolahan fakta tersebut.

akurasi juga terkait dengan kelengkapan dari sebuah data, bukan hanya kebenarannya saja. Data yang akurat berarti data yang lengkap, dalam artian sesuai dengan kebutuhan yang dimiliki, dan sesuai dengan apa yang menjadi kondisi nyata dari data tersebut.

Misalnya dalam konteks inventarisasi, akurasi data akan berarti bahwa data yang disajikan di dalam pencatatan sesuai dan benar-benar sama dengan apa yang ada pada kondisi persediaan yang dimiliki perusahaan.

Dalam konteks data user, maka akurasi akan berarti data yang tercatat di dalam sistem bisnis Anda sesuai dengan data identitas yang dimiliki oleh user, yang diekstrak secara manual ataupun otomatis, untuk menjadi acuan data dalam berbagai keperluan bisnis.

Data yang akurat perlu prosedur input, pengelolaan, dan penjagaan informasi yang berstandar, sehingga database yang ada benar-benar solid serta konsisten. Semakin sedikit kesalahan pada database, maka semakin tinggi nilai akurasi dari sekumpulan data tersebut.

Dalam Konteks Verifikasi Data User, Ini Manfaatnya

akurasi data

Sumber: freepik.com

Verifikasi data kemudian adalah sebuah proses yang akan mengandalkan data akurat sebagai acuan pada data input yang dilakukan user. Kecocokan akan dinilai, dan menjadi salah satu metode perlindungan akun yang sangat aman untuk pengguna dan sistem Anda.

Manfaat akurasi data dalam konteks verifikasi data user, antara lain adalah sebagai berikut.

1. Acuan Perbandingan Data yang Solid

Data yang akurat tentu akan jadi acuan perbandingan yang solid, terhadap proses verifikasi yang dilakukan. Tanpa adanya data yang akurat, maka proses perbandingan bisa saja mengalami kesalahan pencocokan, atau bahkan tidak dapat menemukan data yang cocok, padahal user pernah memasukkan data diri pada layanan yang Anda sediakan.

Ini mengapa, akurasi data yang diekstrak oleh sistem wajib dapat dipertanggungjawabkan, sebab akan menjadi pijakan bagi proses verifikasi yang dilakukan untuk mengetahui identitas pasti dari user.

2. Terkait Langsung dengan Kualitas Data

Data pelanggan akan banyak digunakan dalam berbagai macam pertimbangan strategis. Maka dari itu, kualitasnya harus benar-benar tinggi dan handal. Di sini akurasi data menjadi salah satu indikator baik atau tidaknya kualitas data pelanggan yang dimiliki.

Jika akurasi dari data pelanggan tinggi, maka kualitas data yang dimiliki oleh sistem juga tinggi. Hal tersebut berlaku sebaliknya, ketika akurasi dari data yang dimiliki rendah, maka kualitas data juga dapat dikatakan rendah.

3. Kecepatan Proses Verifikasi

Sejatinya akurasi sebuah data tidak hanya dilihat dari proses pengumpulannya saja, namun juga pada proses ekstraksi saat akan dicocokkan. User yang ingin melakukan transaksi atau perintah pada layanan mungkin saja diminta untuk melakukan verifikasi, dengan data dari KTP atau data dari ciri biometrik yang dimiliki.

Dengan sistem yang akurat dan canggih, Anda dapat melakukan ekstraksi data yang diperlukan dengan akurat, sehingga proses perbandingan data juga berjalan cepat. Terlebih ketika proses ini dibantu teknologi AI, semua akan berjalan hanya dalam hitungan detik saja.

4. Perlindungan pada Akses yang Lebih Baik

Dengan akurasi yang baik, maka catatan di database akan benar-benar sesuai dengan apa yang menjadi kondisi nyata dari user. Hal ini memungkinkan perlindungan akses yang diberikan pada data milik user akan semakin baik, sebab sistem tidak mungkin salah melakukan pencocokan data.

Data yang akurat, baik saat proses ekstraksi awal ketika menyusun database, atau pada proses selanjutnya saat verifikasi, memungkinkan identifikasi yang mendekati sempurna pada user. Upaya pembobolan dapat dikurangi, sebab data akan secara mudah dicocokkan antara masukan dengan data di database.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menggunakan Sistem Face Recognition API? 

Pada dasarnya, akurasi data merupakan sebuah hal yang mutlak dimiliki setiap sistem yang akan melakukan verifikasi pada user miliknya. Tanpa akurasi yang jelas, maka verifikasi dapat dikatakan kurang berkualitas, dan wajib dievaluasi. Salah satu perangkat yang dapat menunjang proses verifikasi dengan akurasi tinggi adalah produk  milik Verihubs.

Verihubs, Verifikasi Akurat dengan Sistem Solid Terpercaya

Verihubs menyediakan berbagai produk verifikasi dengan tingkat akurasi data yang tinggi. Mulai dari Identity Verification, hingga ke Face Recognition, semua didukung teknologi sistem yang solid dan handal untuk proses verifikasi data user. Sebagai tambahan, produk Face Recognition dari Verihubs ini telah memiliki sertifikat NIST FRVT 1:1 dan NIST FRVT 1:N. Sertifikat ini sendiri diberikan pada sistem pengenalan wajah secara komersial yang independen oleh National Institute of Standard and Technology, lembaga standarisasi dan laboratorium bidang sains serta teknik tertua yang ada di Amerika Serikat. Segera hubungi layanan pelanggan kami, dan dapatkan informasi lengkapnya sekarang juga!

Artikel Terbaru Kami

biometrik inklusif

Biometrik Inklusif: Memperkuat Keamanan Industri Keuangan

Mengenal Apa Itu CFT dalam Melawan Pendanaan Terorisme

modus penipuan terbaru

Waspada! 5 Modus Penipuan Terbaru Salah Satunya dari WA!