Apa Itu OTP Bank? SImak di Sini dan Bedakan dengan PIN!

apa itu otp bank

Metode pengamanan yang diberlakukan pada era digital ini kian canggih, untuk membantu pengguna berbagai jenis layanan melindungi akun yang dimilikinya. Salah satu metode yang juga populer saat ini adalah OTP bank, yang seperti namanya, digunakan di industri perbankan. Tapi sebenarnya apa itu OTP bank? Apakah serupa dengan PIN yang digunakan untuk menggunakan produk perbankan pada umumnya?

Jika dilihat sekilas, sebenarnya dua kode yang digunakan ini jelas memiliki perbedaan yang mencolok. Untuk Anda pebisnis, terlebih yang bergerak di bidang fintech atau perbankan, paham betul apa bedanya.

Namun bagaimana dengan pelaku bisnis lain? Apakah memiliki pemahaman yang sama? Maka dari itu, Anda dapat menyimak pengertian apa itu OTP bank dan perbedaannya dengan PIN yang digunakan oleh user.

Baca Juga: Ternyata Begini Cara Kerja Kode Verifikasi berupa OTP, Simak Selengkapnya!

Mengenal Apa Itu OTP Bank

apa itu otp bank
Sumber: freepik.com

OTP bank pada dasarnya adalah serangkaian kode yang digunakan untuk melakukan verifikasi user atau nasabah bank saat akan menggunakan layanannya. Dapat digunakan ketika membuka rekening baru untuk memverifikasi nomor telepon, atau untuk melakukan transaksi lain.

OTP sendiri adalah kependekan dari one-time-password, yang digunakan hanya satu kali, dan memiliki masa berlaku tertentu. Ketika batas waktu yang disediakan habis, maka OTP ini tak lagi bisa digunakan. Pada perbankan, penggunaan OTP awam ditemukan saat pelanggan atau nasabah melakukan pendaftaran layanan mobile banking atau internet banking dan sejenisnya.

Mengapa demikian?

Karena sistem perbankan otomatis akan digunakan melalui perangkat nasabah melalui aplikasi yang tersedia. Jelas, karena sifatnya aplikasi perbankan, ada verifikasi yang harus dilakukan sehingga memastikan layanan yang disediakan benar-benar digunakan oleh user yang bersangkutan.

Lalu Apa Bedanya OTP Bank dengan Kode PIN?

apa itu otp bank
Sumber: freepik.com

Lalu apa perbedaannya dengan PIN? Bukankah sama-sama kode yang digunakan untuk menggunakan layanan perbankan ini?

Ada beberapa perbedaan mendasar yang dapat dilihat dari kedua jenis kode ini.

Dari Sisi Penggunaan

OTP bank, seperti namanya, hanya digunakan sebanyak satu kali saja. One-time-password ini akan dikirimkan oleh sistem pada nomor user, untuk kemudian dimasukkan ke kolom yang disediakan di aplikasi atau formulir guna melakukan verifikasi user dan memastikan kebenaran data yang diisikan. Setelah digunakan, OTP akan hangus dan tak lagi bisa digunakan. Jika diperlukan, kode ini dapat diminta kembali pada sistem yang digunakan.

PIN atau personal identification number, di sisi lain, digunakan secara berulang untuk dalam rangka berbagai akses dan transaksi. Kode PIN dapat diubah sesuai dengan keinginan user, namun sifatnya tetap dan tidak berubah secara otomatis.

Pembuat Kode

OTP dibuat oleh sistem yang digunakan perbankan atau layanan terkait secara acak dan terus menerus, selama terdapat permintaan atas kode ini. Jadi terdapat ‘mesin’ yang terus membuat OTP untuk digunakan, dan melakukan verifikasi.

PIN merupakan kode yang dibuat oleh user dengan sadar dan bersifat permanen. PIN dapat diubah sesuai dengan kehendak user sebagai salah satu upaya pencegahan pembobolan akun.

Jadi OTP di=generate oleh sebuah sistem, dan PIN dibuat oleh user.

Pemilik Kode

Pemilik kode OTP dan PIN jelas berbeda. OTP yang diciptakan oleh sistem perbankan dimiliki oleh bank, dan akan menjadi perangkat untuk verifikasi user. Kode OTP juga akan dikirimkan oleh sistem ke perangkat user melalui berbagai metode yang ada, mulai dari SMS, WhatsApp, flash call, hingga email.

PIN dimiliki oleh pelanggan, dan merupakan hak penuh dari pelanggan untuk menggunakan atau mengubahnya. PIN kemudian disimpan sendiri oleh pelanggan.

Cukup jelas bukan perbedaannya?

Memahami Cara Kerja OTP Bank dan Kode PIN

apa itu otp bank
Sumber: freepik.com

Cara Kerja OTP Bank

OTP bank dimiliki oleh layanan perbankan sebagai salah satu metode verifikasi nasabah yang menggunakan layanannya. Kode ini akan diciptakan oleh sistem, dan secara otomatis akan dikirimkan ke perangkat nasabah saat terjadi permintaan atau keperluan verifikasi.

Perangkat yang menerima kode OTP kemudian wajib memasukkan kode tersebut pada kolom yang telah tersedia, untuk membuat sistem bank mengenali perangkat tersebut sebagai perangkat yang benar.

Saat kode dimasukkan, layanan perbankan dapat digunakan karena sistem telah melakukan verifikasi pada perangkat yang digunakan oleh nasabah, dengan mengkonfirmasi kode OTP yang dimasukkan tadi. Ingat, kode OTP ini memiliki masa aktif yang harus segera dimanfaatkan. Jika tidak, nasabah harus meminta kode OTP baru untuk dimasukkan pada kolom yang tersedia.

Cara Kerja Kode PIN

Berbeda dengan kode OTP bank yang dibuat oleh sistem bank, kode PIN dibuat oleh nasabah saat akan membuat rekening bank. Kode PIN ini idealnya terdiri dari beberapa karakter angka, yang bersifat rahasia.

Seperti namanya, sistem akan mengenali nasabah dari PIN yang dimiliki. Data yang telah dimasukkan atau tersemat di dalam kartu debit dan kredit harus dikonfirmasi dengan input PIN yang benar, sehingga sistem dapat mengijinkan terjadinya transaksi menggunakan kaun nasabah tersebut.

PIN sendiri sebenarnya tidak memiliki masa aktif atau batas waktu penggunaan. Namun dari pihak perbankan biasanya akan menyarankan penggantian PIN secara berkala, guna meminimalisir terjadinya tindakan fraud atau pembajakan akun.

Baca Juga: Penggunaan WhatsApp OTP 101: Cara Kerja dan 5 Keunggulannya 

Memahami apa itu OTP bank sebenarnya menjadi pemahaman dasar bagi setiap pelaku bisnis, sebab dalam praktek bisnis nantinya kode-kode OTP akan terus digunakan. Untuk Anda yang bergerak di bidang perbankan atau fintech, tentu paham benar mengapa kode ini penting untuk sebuah sistem dan layanan. Maka dari itu, pemilihan produk pengelolaan kode OTP harus dilakukan dengan cermat.

Verihubs, Opsi SMS Global OTP dan WhatsApp Global OTP yang Solid

Verihubs menjadi salah satu perusahaan yang fokus di bidang produk verifikasi, dan telah terkenal memiliki kredibilitas tinggi. Dengan dua produk andalannya untuk urusan OTP, SMS Global OTP dan WhatsApp Global OTP, urusan pengelolaan kode unik sekali pakai ini akan berjalan dengan lancar dan efisien. Memahami apa itu OTP bank  jelas menjadi modal yang diperlukan agar seseorang dapat mengerti bagaimana sistem yang efisien berjalan. Jadi, segera hubungi layanan pelanggan kami, dan dapatkan produk verifikasi terbaik dari Verihubs!

Artikel Terbaru Kami

biometrik inklusif

Biometrik Inklusif: Memperkuat Keamanan Industri Keuangan

Mengenal Apa Itu CFT dalam Melawan Pendanaan Terorisme

modus penipuan terbaru

Waspada! 5 Modus Penipuan Terbaru Salah Satunya dari WA!