Pentingnya Aplikasi Pengenal Wajah, Pilih yang Paling Juara!

aplikasi pengenal wajah

Di era modern seperti sekarang ini, apakah bisnis Anda butuh aplikasi pengenal wajah? Aplikasi pengenal wajah atau yang juga dikenal dengan istilah face recognition biasa digunakan untuk mengenali seseorang melalui gambar dengan menggunakan foto wajah. Sistem ini bisa digunakan untuk mengidentifikasi orang yang telah teridentifikasi sebelumnya atau untuk melacak orang yang belum dikenal dalam sistem.

Aplikasi pengenal wajah biasanya juga dilengkapi dengan berbagai fitur seperti pencarian wajah, pengenalan pola wajah, dan deteksi gerakan (motion detection). Pencarian wajah akan memberi kemudahan kepada pengguna dalam menemukan foto-foto individu berdasarkan kriteria tertentu, seperti usia, jenis kelamin atau ras.

Sedangkan pengenalan pola wajah memungkinkan aplikasi untuk mendeteksi pola-pola tertentu dalam sebuah foto dan memberikan informasi tentang apakah pola itu unik atau tidak. Sementara itu, deteksi gerakan memungkinkan untuk aplikasi agar dapat mengenali gerakan seperti mendeteksi gerakan tangan untuk memainkan musik atau untuk mengontrol perangkat, mendeteksi gerakan tubuh saat aktivitas olahraga seperti lari, bersepeda dan sebagainya. Serta mendeteksi gerakan mata apakah pengguna sedang melihat perangkat atau tidak, dan mendeteksi ada pergerakan atau tidaknya di sebuah ruangan.

Selain sebagai aplikasi pengenal wajah, aplikasi ini juga bisa digunakan sebagai aplikasi untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan, membuka dan mengontrol akses masuk ke suatu tempat, mengontrol akses ke suatu data, pengamanan sistem data pelanggan, hingga keamanan perangkat dalam bisnis.

Bagaimana Cara Kerja Aplikasi Pengenal Wajah?

aplikasi pengenal wajah
Sumber: Freepik

Proses analisa pada aplikasi pengenal wajah berjalan dengan melakukan ekstraksi pada data citra yang berhasil ditangkap oleh  mesin pemindai atau citra yang dimasukkan ke dalam sistem, dari bentuk gambar atau visual ke bentuk yang dikenali oleh sistem. Bentuk ini bisa berupa deret angka dan juga kode yang unik, yang akan merepresentasikan karakter serta profil wajah pengguna.  Itu artinya, hasil analisa yang muncul dipastikan selalu berbeda, bahkan pada pengguna yang kebetulan memiliki saudara kembar sekalipun.

Data yang dianalisa lalu diubah ke bentuk deret angka dan kode unik, untuk disimpan di database. Kemudian nantinya, data ini digunakan kembali pada proses otentikasi dan verifikasi, saat pengguna mengajukan transaksi yang membutuhkan kedua hal tersebut.

Berikut ini adalah tahapan face recognition yang digunakan pada berbagai sistem atau aplikasi pengenal wajah yang ada saat ini:

  1. Tahap Deteksi: Sistem akan melakukan deteksi dan identifikasi pada bentuk atau objek wajah yang dimasukkan oleh pengguna. Kemudian, sistem akan memeriksa sebuah citra yang dimasukkan.
  2. Tahap Penglihatan Komputer: Penglihatan komputer akan melakukan proses identifikasi orang, tempat, benda, hingga objek yang ada pada citra tersebut. Tahap ini memungkinkan sistem dalam mengenali dan memisahkan citra dari setiap objek, sehingga analisa wajah bisa dilakukan dengan optimal di tahap berikutnya.
  3. Tahap Analisa: Setelah diperoleh citra wajah milik pengguna, kemudian sistem akan melakukan analisa wajah tersebut untuk memetakan, membaca, dan mengkodekan geometri dan profil dari wajah pengguna. Data yang dihasilkan lalu akan diubah menjadi kode, dan bisa dikenali oleh sistem.
  4. Tahap Pengenalan: Dari kode yang sudah disusun dan diekstrak sebelumnya, maka sistem dapat mengenali identitas pengguna yang memasukkan citra tersebut. Proses pencocokan akan terjadi secara cepat, dan otentikasi atau verifikasi berjalan lancar jika ditemukan kecocokan pada database.

Baca juga: 7 Manfaat Aplikasi Identifikasi Wajah dalam Bisnis

Implementasi Aplikasi Pengenal Wajah

aplikasi pengenal wajah
Sumber: Freepik

Implementasi dari sistem pengenal wajah ini dapat digunakan dalam ragam aplikasi, misalnya untuk sistem absensi, monitoring sistem pengunjung di pusat perbelanjaan dan di tempat-tempat keramaian, bahkan bisa juga untuk mengenali statistik perilaku konsumen bagi industri retail. Sistem ini tentunya bisa menggantikan kartu dan sidik jari untuk aplikasi absensi dan gate system karena dinilai jauh lebih canggih dan praktis dalam segi penerapannya.

Memangnya, apa saja manfaat dari penerapan sistem pengenal wajah secara online?

Mari lihat kelebihan atau keuntungan yang bisa Anda peroleh jika Anda menerapkan aplikasi pengenal wajah online pada perusahaan Anda:

  • Keamanan menjadi lebih baik, karena sistem deteksi wajah akan menambah taktik pengawasan dan menjadi dasar proses identifikasi teroris dan juga penjahat.
  • Sistem mudah diintegrasikan, karena sebagian besar solusi deteksi wajah kompatibel dengan perangkat lunak atau software keamanan.
  • Proses identifikasi bisa dilakukan secara otomatis sehingga dapat meningkatkan efisiensi di samping tingkat akurasi yang tinggi.

Baca juga: Cara Kerja Tes Kemiripan Wajah dalam Urusan Otentikasi

Aplikasi pengenal wajah memang menjadi semakin umum di lingkungan online, misalnya untuk memverifikasi identitas pengguna yang masuk ke situs website dan aplikasi, untuk mengautentikasi pengguna saat hendak melakukan pembelian, hingga mengamankan informasi pribadi seperti kata sandi, dan lainya.

Jika Anda membutuhkan sistem ini, Anda bisa memilih Verihubs yang menwarakan fitur Face Recognition. Selain Face Recognition, Verihubs juga memiliki beberapa fitur lain yang tidak kalah menarik. Untuk menghindari upaya penipuan identitas dengan mendeteksi wajah pengguna secara langsung misalnya, Anda bisa mengandalkan fitur Liveness Detection. Dengan fitur ini, Anda bisa mendeteksi objek di depan kamera secara akurat dan dapat memastikan objek tersebut merupakan identitas asli yang hidup, bukan representasi dari foto ataupun topeng.

Anda bisa mendapatkan informasi lebih detail mengenai verifikasi berbasis teknologi yang canggih dari Verihubs, silakan hubungi kontak layanan Verihubs dan jadwalkan demo secara GRATIS!

Artikel Terbaru Kami

biometrik inklusif

Biometrik Inklusif: Memperkuat Keamanan Industri Keuangan

Mengenal Apa Itu CFT dalam Melawan Pendanaan Terorisme

modus penipuan terbaru

Waspada! 5 Modus Penipuan Terbaru Salah Satunya dari WA!