Authentication Software, Berperan dalam Menjamin Keamanan

authentication software

Apa itu authentication software? Authentication software atau yang juga dikenal dengan sebutan perangkat lunak autentikasi adalah cara mengautentikasi pengguna melalui aplikasi perangkat lunak atau aplikasi seluler, bukan perangkat perangkat keras.

Biasanya, ini juga dapat disebut sebagai autentikasi seluler, autentikasi token lunak, atau autentikasi telepon sebagai token. Authentication software digunakan untuk memvalidasi identitas seseorang saat masuk ke akun miliknya, baik di desktop atau perangkat seluler, atau saat ia melakukan transaksi perbankan. Ini membebaskan orang itu dari keharusan membawa autentikator perangkat keras.

Perangkat lunak autentikasi bisa digunakan sebagai bagian dari proses solusi autentikasi dua faktor (2FA) atau autentikasi multi faktor (MFA). Sebagian besar bank dan organisasi lain memerlukan 2FA atau MFA untuk keamanan login, di mana dua atau lebih faktor autentikasi akan digabungkan untuk verifikasi identitas, meliputi:

  • Sesuatu yang diketahui, seperti kata sandi sekali pakai atau pertanyaan rahasia.
  • Sesuatu yang dimiliki, seperti perangkat seluler.
  • Sesuatu tentang diri sendiri, termasuk sidik jari atau pemindaian wajah.

Perangkat Seluler Mendorong Penggunaan Authentication Software

authentication software
Sumber: Freepik

Popularitas aplikasi seluler secara keseluruhan memang telah meningkatkan ekspektasi pelanggan akan proses autentikasi yang sederhana, mudah, dan adaptif di perangkat seluler mereka. Sebuah studi baru-baru ini oleh Juniper Research menemukan bahwa jumlah total pengguna perbankan digital akan melebihi 3,6 miliar pada tahun 2024 mendatang, naik dari 2,4 miliar pada tahun 2020 lalu.

Perangkat lunak autentikasi bisa terjadi melalui aplikasi seluler bank atau melalui aplikasi autentikator seluler terpisah yang diunduh dari toko aplikasi resmi. Ponsel juga dapat digunakan untuk mengautentikasi login karena itu adalah sesuatu yang dimiliki, yang bisa digabungkan dengan cara autentikasi lain, seperti sidik jari atau pemindaian wajah, atau PIN sekali pakai yang dibuat oleh aplikasi autentikator di perangkat seluler untuk mencapai 2FA.

Hasilnya adalah pengalaman yang lancar bagi bisnis Anda, pelanggan, dan membebaskan pengguna dari pengelolaan kata sandi. Menggunakan ponsel menghilangkan ketidaknyamanan karena harus membawa-bawa hard token, seperti kartu pintar, untuk melakukan hal yang sama.

Selain itu, beberapa pengembang memilih untuk membangun perangkat lunak MFA mereka sendiri, namun beberapa menyematkan solusi perangkat lunak MFA yang ada di aplikasi mereka menggunakan antarmuka program aplikasi (API) yang memungkinkan perangkat lunak pengembang untuk berintegrasi dengan perangkat lunak MFA.

Baca juga: Mengenal Pengertian, Cara Kerja, dan Manfaat Autentikasi dalam Sistem Perusahaan

Bagaimana Authentication Software Dapat Meningkatkan Keamanan?

authentication software
Sumber: Freepik

Perangkat lunak autentikasi mampu memberikan perlindungan yang kuat untuk pelanggan online dan mobile banking. Hal ini menautkan pengguna resmi ke perangkat terdaftar mereka untuk membantu mencegah penipuan. Jika pelanggan kehilangan ponsel cerdasnya, maka mereka biasanya langsung mengetahuinya.

Jika mereka menggunakan perangkat lunak autentikasi, maka ini akan memberi pelanggan dan bank kemampuan untuk mematikan perangkat dengan cepat untuk membantu mencegah aktivitas penipuan daripada mencari token perangkat keras yang hilang. Mengandalkan hanya nama pengguna dan kata sandi saja tidak lagi dianggap aman untuk menjaga keamanan identitas pengguna karena sering terjadi pelanggaran data dan peretas mencoba mengambil alih akun.

Selain fungsi autentikasi multifaktor standar, sudah ada banyak perusahaan yang beralih ke perangkat lunak autentikasi berbasis risiko tingkat perusahaan. Perangkat lunak autentikasi juga dapat digunakan sebagai bagian dari pendekatan otentikasi berbasis risiko. Autentikasi berbasis risiko adalah tempat mesin risiko sistem pencegahan penipuan mengadaptasi tantangan otentikasi ke tingkat risiko transaksi.

Perangkat lunak autentikasi juga dapat membantu mencegah serangan phishing, yang menggunakan daya tarik emosional dalam email atau teks, untuk meyakinkan pelanggan agar mengklik lampiran ataupun tautan berbahaya. Kode seperti QR, yang bisa dibaca oleh perangkat pencitraan, akan membantu mencegah serangan Man-in-the-Middle karena semua detail transaksi terenkripsi hanya dikomunikasikan antara bank dan pelanggan, sehingga menurunkan risiko intersepsi atau gangguan oleh hacker. Selain itu, token perangkat lunak memungkinkan penggunaan biometrik, seperti sidik jari atau pemindaian wajah, karena mereka menetapkan keberadaan pelanggan, menambah lapisan keamanan lainnya.

Authentication Software Dapat Memberikan Pengalaman Pelanggan Lebih Baik

Perangkat lunak autentikasi juga akan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik karena pelanggan tidak perlu lagi membawa token perangkat keras untuk melacak kata sandi dan PIN, sehingga mengurangi gesekan yang tidak perlu bagi mereka. Token lunak itu sederhana, ramah pengguna dan diperkirakan akan terus digunakan karena adopsi ponsel cerdas. Mereka dapat meningkatkan loyalitas dan pertumbuhan pelanggan karena pengalaman mereka yang mudah namun aman dalam memberikan autentikasi yang kuat.

Token lunak akan memberikan berbagai solusi yang berbeda namun mudah dengan kode sandi satu kali, biometrik, dan autentikator lainnya saat pelanggan masuk atau ingin melakukan transaksi keuangan.

Baca juga: 4 Alasan Autentikasi Biometrik akan Menggantikan Password

Verihubs Hadir Menawarkan Authentication Software Terbaik

Verihubs sebagai perusahaan SaaS yang didirikan sejak tahun 2019 hadir untuk membantu mengurangi risiko kecurangan, menciptakan platform yang aman untuk pelanggan bisnis Anda, dan solusi end-to-end untuk verifikasi dan autentikasi.

Karena autentikasi merupakan suatu proses yang penting dalam akses ke dalam akun, maka layanan Verihubs akan memastikan semua permintaan akses yang diminta benar-benar valid. Baik dengan metode biometrik, verifikasi nomor telepon, hingga verifikasi identitas user dengan kartu identitas, semuanya bisa dilakukan dengan praktis dan cepat.

Sekarang adalah waktu yang tepat untuk menggunakan layanan Verihubs untuk meningkatkan keamanan sistem Anda!

Artikel Terbaru Kami

biometrik inklusif

Biometrik Inklusif: Memperkuat Keamanan Industri Keuangan

Mengenal Apa Itu CFT dalam Melawan Pendanaan Terorisme

modus penipuan terbaru

Waspada! 5 Modus Penipuan Terbaru Salah Satunya dari WA!