Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

4 Peran Business Verification dalam Melindungi Perusahaan

business verification

Pengelolaan bisnis dan kerjasamanya memerlukan upaya yang tidak sederhana, agar semua berjalan dengan baik. Pada urusan kerjasama misalnya, Anda wajib mengetahui secara pasti mengenai latar belakang dan seluk-beluk perusahaan calon mitra. Proses business verification perlu dilakukan, sehingga semua informasi terkait latar belakang bisnis calon mitra dapat diketahui.

Business verification menjadi langkah yang mendasar untuk memastikan kerjasama yang dilakukan tidak berujung pada penipuan. Seperti yang Anda pahami dengan baik, perusahaan yang kredibel akan dengan mudah ditemukan riwayat atau jejak aktivitasnya di berbagai database, sehingga dapat dipastikan apakah perusahaan tersebut benar-benar solid atau sekedar perusahaan ‘bodong’.

Baca Juga: Pengertian Know Your Business (KYB) dan Implementasinya

Konsep KYB dalam Urusan Kerjasama Bisnis

business verification
Sumber: freepik.com

Konsep KYB atau know your business kemudian menjadi penting dalam rangka menjalin kerjasama dengan perusahaan atau pihak lain. Konsep ini adalah penerapan dari regulasi yang mengharuskan perusahaan untuk melakukan peninjauan aktivitas pihak lain yang akan menjalin kerjasama, sehingga informasi penting bisa diperoleh dan kerjasama dapat dilanjutkan.

Penerapan konsep ini secara nyata dapat mengurangi risiko terjadinya penipuan dan berbagai jenis fraud yang mungkin terjadi dalam proses penyusunan kerjasama. Proses ini kemudian bermaksud melakukan verifikasi pada data-data yang diperlukan, sehingga perusahaan Anda memahami benar dengan siapa Anda berurusan, dan bagaimana kredibilitas dari perusahaan yang akan menjadi mitra ini.

Apa yang Dilakukan dalam Proses KYB Ini?

business verification
Sumber: freepik.com

Proses KYB atau business verification sendiri berjalan dengan cukup sederhana, namun melibatkan data-data penting di dalamnya. Secara singkat, perusahaan Anda akan melakukan pengecekan pada data penting perusahaan calon mitra untuk memastikan kapasitas, orang yang bertanggungjawab atas perusahaan tersebut, dan berbagai hal lain yang berkaitan dengan kebutuhan kerjasama yang akan dilakukan.

Setidaknya akan ada 5 data penting yang akan diperiksa pada proses ini.

  • Pertama adalah SK perusahaan, untuk mengetahui legalitas perusahaan calon mitra
  • Kemudian posisi perusahaan dalam industri, untuk mengetahui estimasi kapasitas dan kinerja, serta bidang industri dari calon mitra
  • Ketiga adalah keuntungan perusahaan, guna mengetahui bagaimana aktivitas bisnis dan aliran dana yang dimiliki perusahaan tersebut
  • Keempat dalam company shareholder untuk mengetahui siapa saja orang yang bertanggungjawab atas perusahaan tersebut
  • Kelima adalah ID Check, untuk memastikan data yang didapat dari informasi di poin keempat tadi

Dengan validitas dari kelima data ini, Anda bisa memiliki pertimbangan lebih baik dalam melanjutkan proses kerjasama atau tidak.

Manfaat Business Verification dan KYB untuk Bisnis Anda

business verification
Sumber: freepik.com

Proses yang panjang dan melibatkan data milik perusahaan jadi prosedur yang harus dijalankan. Bukan hanya sebagai bentuk formalitas, namun juga sebagai satu upaya perlindungan diri perusahaan dari risiko kerjasama yang berpotensi fraud atau menjadi kegiatan kriminal seperti pencucian uang.

Tapi bagaimana kedua hal ini bisa melindungi perusahaan dari risiko tersebut?

1. Mendeteksi Risiko Fraud

Dalam persaingan bisnis selalu ada risiko yang dihadapi oleh setiap pelakunya. Tidak terkecuali risiko dalam kerjasama yang akan dijalin. Bisa saja pihak lain merupakan perusahaan tidak kredibel yang berupaya mengambil keuntungan sepihak dari perusahaan Anda.

Bukan menjadi hal yang Anda inginkan bukan?

Maka dengan memeriksa latar belakang dan informasi yang disebutkan di atas tadi, Anda bisa secara langsung melakukan analisa terkait kredibilitas dari perusahaan calon mitra. Tanpa disertai verifikasi data yang jelas, maka Anda wajib waspada pada pihak ini.

2. Menjaga Reputasi Perusahaan

Reputasi buruk yang dimiliki perusahaan atau pihak lain bisa saja mencemari nama baik perusahaan Anda. Saat kerjasama dibuat dengan pihak yang memiliki catatan kriminal atau tidak baik dalam riwayatnya, hal ini akan menjadi risiko tersendiri untuk perusahaan.

Maka dari itu, menghindari transaksi dengan pihak yang kurang jelas kredibilitas dan legalitasnya ini akan jadi prioritas utama untuk melindungi reputasi perusahaan. Ketika perusahaan dicek latar belakangnya oleh pihak lain, perusahaan Anda juga tidak akan memiliki catatan atau riwayat buruk tersebut.

3. Keberlangsungan Perusahaan dan Karyawan

Secara tidak langsung, upaya pengecekan latar belakang perusahaan ini juga dapat menjaga eksistensi dari perusahaan dan menjamin kesejahteraan karyawan. Dapat dibayangkan jika perusahaan salah menjalin kerjasama, dan berujung pada perkara di meja hijau bukan?

Maka dari itu, penerapan upaya preventif ini wajib dilakukan, sedekat apapun Anda dengan orang yang mengajukan kerjasama perusahaan. Pastikan semua faktor legal dan kredibilitasnya, dan jalin kerjasama produktif yang saling menguntungkan.

4. Kelengkapan Administrasi Perusahaan

Dalam pencarian dan proses verifikasi data perusahaan ini, faktor kelengkapan administrasi juga mengambil peran dalam melindungi perusahaan.

Mengapa?

Sebab dengan pencatatan detail pada dokumen yang dicek, perusahaan akan memiliki pegangan legal bilamana terjadi sesuatu di kemudian hari. Dengan demikian, upaya preventif dan perlindungan dari sisi keberkasan dapat dilengkapi.

Baca Juga:  Pentingnya Menjamin Keamanan Data Perusahaan, Ini 3 Caranya!

Business verification adalah langkah mendasar dalam menjalin kerjasama antara dua perusahaan. Secara profesional, hal ini idealnya menjadi bahasan yang terbuka sebagai itikad baik penyusunan kerjasama yang produktif antara perusahaan Anda dan perusahaan calon mitra.

Verihubs Membantu Business Verification dengan Company Check

Verihubs, untuk urusan transaksi dan kerjasama antar perusahaan, menyediakan produk Company Check yang bisa Anda gunakan untuk proses business verification. Produk ini dapat membantu Anda mengecek informasi terkait perusahaan, karena terintegrasi langsung dengan database pemerintah secara legal. Informasi lengkap bisa diperoleh dalam waktu singkat, sehingga tinjauan kerjasama bisa terjadi secara efektif. Anda bisa menghubungi layanan pelanggan kami sekarang, dan mengetahui lebih rinci terkait produk ini.