Cara Membuat Pesan Otomatis di WA, Cek Panduannya di Sini!

cara membuat pesan otomatis di wa

Saat ini, rasanya hampir tidak ada pengguna internet yang tidak kenal aplikasi WhatsApp. Seiring berjalannya waktu, popularitas WhatsApp memang tidak sekadar sebagai aplikasi pesan yang menghubungkan antar personal untuk keperluan pribadi ataupun profesional. Lebih dari itu, platform itu telah memfasilitasi penggunanya untuk memasarkan produk dan berinteraksi langsung dengan para pelanggan melalui WhatsApp Bisnis. Penasaran, bagaimana membuat pesan otomatis di WA?

Perlu diketahui, WhatsApp Business atau WA Bisnis sendiri telah diluncurkan pada 2018 yang memungkinkan pelaku usaha kecil menengah dapat menikmati beberapa alat pemasaran yang terintegrasi ke aplikasi bisnis. Salah satunya adalah pemanfaatan pesan otomatis. Beberapa fitur itu memungkinkan peningkatan layanan terhadap pelanggan, sehingga usaha yang dijalankan dapat berkembang secara lebih mudah dan cepat.

Di antara sejumlah fitur WhatsApp Business yang ditawarkan adalah Pesan Otomatis, Profil Bisnis, Pesan Cepat dan Label. Apa itu fitur Pesan Otomatis, dan bagaimana cara membuat pesan otomatis di WA?

Fitur Pesan Otomatis di WhatsApp Business

Fitur Pesan Otomatis ini adalah salah satu fitur unggulan Whatsapp Business, di mana fitur Pesan Otomatis tersebut memungkinkan para pengguna WhatsApp Business mengirim pesan secara otomatis yang telah diatur sebelumnya. Misalnya, ketika pengguna berada di luar kantor/toko, maka ia dapat menyetel pesan di luar jam operasional yang dikirim secara otomatis ke semua atau sebagian kontaknya. Selain itu, pengguna juga bisa mengatur jadwal pesan di luar jam kerja untuk dinyalakan pada waktu tertentu semisal pada hari saat toko sedang tutup.

Dengan begitu, para pelanggan dapat mengetahui kapan ia akan menerima balasan. Fitur ini juga bisa digunakan untuk membuat ucapan untuk memperkenalkan bisnis pengguna ke pelanggan yang baru menambahkan kontaknya atau memulai percakapan.

Lantas, bagaimana cara membuat pesan otomatis di WA Bisnis? Langsung saja simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Baca juga: 10 Alasan Mengapa Bisnis Anda Perlu Chatbot WhatsApp

Cara Membuat Pesan Otomatis di WA

cara membuat pesan otomatis di wa
Sumber: Freepik

Pesan otomatis di WhatsApp Business memang akan mempermudah pengelola usaha dalam melayani pelanggan secara efektif dan menghemat waktu. Pesan otomatis di WhatsApp Business mengacu pada aktivitas mengotomatiskan seluruh obrolan dan aliran pesan, di mana hal itu membantu pebisnis untuk berinteraksi dengan pelanggan dalam skala besar, bahkan di luar jam kantor.

Kondisi itu secara tidak langsung ternyata dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Melalui fitur itu pula, bisnis yang dijalankan juga akan lebih terlihat profesional sehingga mampu meningkatkan kepercayaan konsumen.

Cara membuat pesan otomatis di WA bisa dilakukan melalui beberapa langkah mudah dan cepat. Melalui metode ini, Anda dapat mengkustomisasi pesan otomatis sesuai kebutuhan. Namun sebelum itu, pastikan Anda telah mengunduh aplikasi WhatsApp Business dan membuat akun terlebih dahulu. Selain itu, lengkapi juga profil bisnis yang dijalankan.

Pada umumnya, profil bisnis tersebut meliputi nama dan logo bisnis, tipe usaha, jam operasional, alamat toko offline, hingga tautan bisnis. Usahakan profil bisnis diisi secara lengkap untuk mempermudah calon konsumen mengakses produk yang Anda tawarkan. Selanjutnya, ikuti cara membuat pesan otomatis di WA berikut ini!

1. Cara Mengaktifkan Pesan Otomatis di WA

Untuk mengaktifkan pesan otomatis di WhatsApp Business, silakan Anda ikuti langkah mudahnya di bawah ini yang dikutip dari laman WhatsApp:

  • Buka aplikasi WhatsApp Business di perangkat Anda kemudian ketuk ikon titik tiga dan pilih ‘Business tools’.
  • Setelah itu, pilih opsi ‘Quick replies’ dan ketuk ‘Add’.
  • Silakan atur pesan yang akan dikirimkan ke konsumen.
  • Langkah yang terakhir, pilih ‘Save’ untuk menyimpan pengaturan yang telah dibuat.

2. Cara Menggunakan Pesan Otomatis Secara Default

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan pesan otomatis secara default dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Buka obrolan dan ketuk ‘Attach’ kemudian pilih ‘Quick replies’, dan selesai.
  • Sedangkan untuk menambahkan lampiran pada pesan otomatis, silakan ketuk ‘Attach’ pada ruang obrolan dan pilih ‘Quick replies’.
  • Setelah itu, pilih balasan cepat yang diinginkan. Maka pesan akan otomatis muncul di kolom input teks. Anda bisa menyunting pesan terlebih dahulu atau langsung mengirimkannya ke penerima.

3. Cara Mengaktifkan Away Message di WhatsApp Business

Lain halnya jika ANda ingin membalas pesan secara otomatis sesuai jadwal operasional bisnis, maka ANda bisa mengaktifkan Away Message dengan langkah mudah berikut ini:

  • Buka WhatsApp Business, lalu ketuk opsi titik tiga di pojok kanan atas dan pilih ‘Business Tools’.
  • Kemudian, pilih ‘Away message’ dan aktifkan fitur tersebut.
  • Silakan Anda atur jadwal pengiriman pesan. Anda bisa memilih opsi selalu kirim, jadwal khusus, atau di luar jam kerja. Pilihlah salah satu opsi tersebut sesuai kebutuhan.

Perlu dicatat bahwa opsi jadwal pengiriman pesan otomatis akan muncul apabila Anda telah mengatur jadwal operasional bisnis di profil WhatsApp.

Baca juga: Penggunaan Akun Whatsapp Bisnis, Solusi Tepat untuk Promosi

Lebih Canggih, Gunakan Chatbot WhatsApp!

cara membuat pesan otomatis di wa
Sumber: Freepik

Kalau masih bingung bagaimana cara membuat pesan otomatis di WA, maka Anda perlu melirik teknologi chatbot WhatsApp. Chatbot WhatsApp merupakan chatbot yang berfungsi di Whatsapp, yang bertugas untuk menjawab pertanyaan pelanggan, menyelesaikan penjualan, dan mengumpulkan atribut pengguna di WhatsApp. Ini berfungsi seperti agen customer service yang memberikan pengalaman seperti layaknya manusia.

Chatbot Whatsapp mampu melakukan tugas-tugas, di antaranya seperti berikut ini:

  • Menjawab pertanyaan umum dari para pelanggan.
  • Memelihara para calon pelanggan pada saat mereka pertama kali menggunakan WhatsApp.
  • Menyelesaikan penjualan dengan cara mengirimkan rekomendasi yang dipersonalisasi dan detail produk.
  • Mengumpulkan umpan balik atau feedback mengenai produk.
  • Mentransfer pertanyaan ke Obrolan Langsung Agen Manusia apabila pengguna ingin berbicara dengan manusia.

Tidak perlu bingung, karena Anda bisa menggunakan teknologi canggih ini dengan berpartner dengan Verihubs.

Sudah saatnya untuk meninggalkan percakapan yang kaku, dan mengubahnya menjadi lebih menyenangkan, menggunakan layanan dari Verihubs. Verihubs menawarkan layanan terbaiknya yaitu Veriflow, yang memungkinkan Anda bisa mengatur flow chatbot untuk menjawab seluruh pelanggan Anda secara real-time.Pastikan Anda memberikan rasa nyaman dengan menyediakan ruang komunikasi yang lebih ramah pada seluruh pelanggan bisnis Anda dengan Verihubs. Silakan hubungi kontak layanan Verihubs sekarang dan dapatkan informasi yang lebih lengkap!

Artikel Terbaru Kami

Kecerdasan Artifisial

Implementasi Kecerdasan Artifisial untuk Industri Finansial

Kecerdasan artifisial alias artificial intelligence (AI) memiliki banyak sekali kegunaan yang dapat dimanfaatkan oleh berbagai sektor industri, termasuk sektor finansial. Mengingat banyaknya data yang dimiliki, sektor finansial tentunya bisa memanfaatkan teknologi AI dan ML untuk memproses data yang banyak. Contohnya adalah, industri perbankan mulai melirik peluang ini dengan menggunakan chatbot dan robot pemberi saran. Kemudian, […]

robotic process automation

Menilik Manfaat Robotic Process Automation dan Penerapannya

Apa yang dimaksud dengan robotic process automation (RPA)? Robotic process automation adalah suatu perangkat lunak dalam sebuah sistem komputer untuk melakukan tugas-tugas dasar manusia yang repetitif dan terstruktur, seperti memproses invoice, mengisi pembagian kerja bagi karyawan, hingga melakukan proses audit, dan lain sebagainya. Sebetulnya, keberadaan robotic process automation ini sudah diterapkan dalam dunia industri sejak […]

AI Customer Experience

Bagaimana AI Dapat Memengaruhi Customer Experience?

Tahukah Anda, bahwa Artificial Intelligence (AI) adalah terminologi yang muncul tahun 1956 untuk pertama kali melalui konferensi iptek di Dartmouth, AS. Artificial Intelligence dianggap sebagai salah satu penemuan besar yang membawa dampak besar bagi perubahan kehidupan manusia. Dengan semakin berkembangnya Artificial Intelligence, penerapannya pun menjadi semakin luas, termasuk munculnya AI customer experience. Definisi Artificial Intelligence […]