Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

6 Cara Meningkatkan Kualitas Customer Experience dengan Teknologi Verifikasi Modern

customer experience adalah

Salah satu indikator yang digunakan dalam kepuasan pelanggan dapat dilihat dari baik tidaknya pengalaman yang didapatkan pelanggan saat menggunakan layanan Anda. Customer experience adalah istilah yang digunakan untuk menyebut pengalaman tersebut.

Secara general, istilah ini merujuk pada bagaimana pengalaman yang diperoleh pelanggan saat menggunakan layanan yang Anda sediakan. Apakah mereka merasa dimudahkan? Apakah layanan solutif untuk masalah yang dihadapi? Atau justru sebaliknya?

Banyak cara bisa Anda lakukan pada layanan yang diberikan untuk meningkatkan kualitas customer experience ini. Salah satunya adalah dengan menerapkan teknologi verifikasi yang canggih. Tapi apakah Anda tahu alasannya?

Baca Juga: Ingin Tahu Bagaimana Proses Verifikasi Akun Digital Verihubs? Simak di Sini

1. Proses Verifikasi yang Singkat

customer experience adalah
Sumber: freepik.com

Pengalaman pelanggan bisa ditingkatkan dengan efisiensi waktu pada proses verifikasi. Ketika melakukan onboarding atau berbagai jenis transaksi, verifikasi diperlukan untuk memastikan validitas user yang menggunakan layanan Anda.

Proses verifikasi user ini wajib berlangsung singkat dan cepat, sehingga user tidak banyak menghabiskan waktu untuk menunggu loading atau proses di dalam sistem. Ingat, user selalu ingin semua layanan digital yang ada di genggamannya bisa menghemat waktu, bukan membuangnya.

Ketika proses verifikasi dan validasi yang dilakukan hanya membutuhkan waktu singkat, maka kualitas user experience juga akan meningkat secara signifikan.

2. Keleluasaan User dalam Melakukan Verifikasi

Berbagai metode dapat digunakan oleh user dalam melakukan verifikasi dengan basis teknologi canggih. Dengan begini, user dengan leluasa dapat menggunakan metode verifikasi yang tersedia, yang dianggap paling nyaman dan mudah dilakukan.

Meski terbilang sederhana, tersedianya opsi ini menjadi bentuk dedikasi dari layanan untuk memudahkan user. Mulai dari verifikasi menggunakan KTP, verifikasi biometrik, verifikasi dengan kode OTP, dan banyak metode lain tersedia, untuk setiap proses yang dilakukan user.

Kebebasan dalam menentukan pilihan yang dirasa paling nyaman akan meningkatkan kualitas user experience secara langsung, sebab user memiliki kendali atas proses verifikasi yang akan dilakukannya.

3. Interface yang Bersahabat

customer experience adalah
Sumber: freepik.com

Jelas, penerapan interface aplikasi yang bersahabat akan menjadi poin penting berikutnya dalam peningkatan kualitas customer experience. Pengalaman yang secara langsung dijalani oleh pelanggan harus benar-benar memberikan kesan mudah, simple, cepat, namun solutif.

Dengan interface aplikasi yang bersahabat, user dapat menyelesaikan urusannya dengan cepat. Terlebih pada proses verifikasi, jika permintaan sistem dapat disampaikan secara lugas dan jelas, user dapat dengan mudah memenuhi data yang diminta tanpa membuang banyak waktu.

Beberapa layanan verifikasi terkenal memiliki user interface yang bersahabat untuk pelanggan baru atau lama, yang dapat dengan mudah diintegrasikan dan dimodifikasi sesuai tampilan layanan aplikasi yang Anda sediakan.

4. Akurasi Verifikasi Data yang Terjamin

Satu hal yang dapat mengurangi kualitas pengalaman pengguna adalah kesalahan pada proses verifikasi data yang dimasukkan. Hal ini tidak dapat ditolerir, dan tidak boleh terjadi pada layanan atau aplikasi yang Anda sediakan.

Produk verifikasi yang handal memiliki akses pada database yang solid dan legal, sehingga proses pengecekan silang pada database dapat berjalan dengan akurasi yang tinggi. Didukung dengan kemampuan ekstraksi data yang dimasukkan user, hal ini akan berjalan cepat dan akurat.

Penggunaan produk verifikasi dengan kriteria demikian dapat memastikan setiap proses verifikasi yang dilakukan akurat tanpa memerlukan banyak waktu. Sistem canggih memungkinkan hal ini terjadi dalam hitungan detik saja.

5. Notifikasi Cepat pada Proses Berjalan

customer experience adalah
Sumber: freepik.com

Banyak faktor yang dapat mengurangi kualitas pengalaman pelanggan, dan salah satu faktor yang paling besar pengaruhnya adalah menunggu. Seperti yang disebutkan sebelumnya, setiap user pasti berharap layanan digital yang dimilikinya dapat mempercepat semua urusan sehingga lekas selesai.

Notifikasi cepat pada proses yang tengah berlangsung, mulai dari arahan ekstraksi data, pemberitahuan untuk melepas aksesoris wajah pada pemindaian biometrik, hingga pemberitahuan proses berhasil dapat membantu mengurangi kejenuhan yang muncul akibat harus menunggu proses.

Ditunjang pula dengan proses yang memang pada dasarnya cepat, hal ini memberikan pengalaman yang baik pada setiap pelanggan yang menggunakan layanan Anda.

6. Proteksi pada Data Pelanggan

Menjadi isu yang belakangan hangat diperbincangkan, proteksi pada data pelanggan sebenarnya adalah hal yang penting dalam peningkatan kualitas pengalaman pelanggan. Customer experience adalah konsep yang memasukkan banyak sekali faktor interaksi pelanggan dan layanan, hingga pada bagian akhir dari interaksi tersebut.

Perlindungan data pelanggan ini dapat diberikan oleh layanan verifikasi yang kredibel, untuk menjamin bahwa data yang dimasukkan tidak akan bocor dan dimanfaatkan oleh pihak tidak bertanggungjawab. Dengan demikian, user akan dengan nyaman memberikan datanya karena proteksi akan data tersebut senantiasa dijamin.

Baca Juga: Demi Keamanan, Penerapan Verifikasi pada Fintech adalah Sebuah Keharusan! 

Customer experience adalah sebuah konsep yang kompleks dan melibatkan banyak hal. Penerapan teknologi verifikasi yang canggih bisa menjadi salah satu cara meningkatkan kualitasnya, tentu dengan dukungan banyak faktor yang lain.

Verihubs, Hadir untuk Membantu Anda Meningkatkan Kualitas Customer Experience

Verihubs kemudian hadir sebagai salah satu produk verifikasi yang dapat membantu layanan Anda memenuhi keenam poin yang disebutkan di atas. Sistemnya solid dan canggih, efektif, serta terhubung ke database legal milik pihak pemerintah. Akurasi verifikasi yang dilakukan telah terjamin dan dipercaya oleh banyak perusahaan di Indonesia, sehingga jaminan mutu dapat diberikan. 

Dalam hal meningkatkan pengalaman pelanggan, produk dari Verihubs juga akan jadi solusi yang tepat. Misalnya dalam hal Biometric Verification, user tinggal berdiri di depan perangkat pemindai tanpa perlu melakukan hal lain, dan data biometrik akan dengan otomatis terkumpul. Selanjutnya untuk ekstrak data KTP, user tinggal mengarahkan kamera pada KTP selama beberapa saat, dan ekstraksi data akan selesai dalam hitungan detik saja. 

Verihubs memahami bahwa peningkatan kualitas customer experience adalah hal yang dilakukan dalam jangka waktu panjang, sehingga layanan yang tersedia dapat mendukung hal ini. Segera hubungi layanan pelanggan kami, dan dapatkan informasi selengkapnya terkait produk dari Verihubs!