Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

4 Manfaat Penggunaan Teknologi OCR untuk Cek Data KTP

cek data ktp

Dalam sistem pemeriksaan identitas, proses input secara manual dengan mengisi data Kartu Tanda Penduduk (KTP), dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nama Lengkap, Jenis Kelamin, Tanggal Lahir, Alamat, Agama dan Pekerjaan, dianggap kurang praktis. Pasalnya, dibutuhkan waktu dalam memasukkan satu per satu data diri yang ada pada KTP ke proses registrasi data diri dalam sistem. Semakin majunya perkembangan teknologi saat ini, ada sebuah teknologi Optical Character Recognition (OCR) yang dapat digunakan untuk cek data KTP dalam proses pemeriksaan identitas.

Melalui teknologi OCR, cek data KTP dapat diselesaikan hanya dalam hitungan detik saja. Cara kerja teknologi ini sangat mudah, di mana user cukup mengambil gambar KTP menggunakan kamera smartphone. OCR adalah proses konversi gambar huruf menjadi karakter ASCII yang dikenali oleh komputer, di mana gambar huruf yang dimaksud dapat berupa hasil scan dokumen, hasil print-screen halaman website, hasil foto, dan lain sebagainya.

Informasi lebih lanjut mengenai cara kerja hingga manfaat penggunaan teknologi OCR untuk cek data KTP, mari simak ulasannya di bawah ini.

Bagaimana Cara Kerja OCR?

Optical Character Recognition merupakan teknologi yang sistem kerjanya hampir sama dengan teknologi scan. Konsep OCR ini adalah menyalin gambar atau foto menjadi tulisan yang nantinya tulisan tersebut juga dapat di-edit secara langsung. Tidak hanya menyalin, teknologi yang satu ini juga mampu membedakan huruf dan angka meskipun dari tulisan tangan yang berbeda.

Mesin scan memiliki output berupa file jpg, jpeg, png, atau pdf, sedangkan aplikasi OCR memiliki output berupa soft file atau dokumen yang dapat di-edit.

Teknologi OCR dibagi menjadi beberapa tahapan, mulai dari mendeteksi gambar hingga menjadi dokumen baru yang bisa langsung digunakan.

  • Tahapan yang pertama, aplikasi OCR akan mendeteksi sekaligus membuat rata pada gambar yang miring atau tidak sejajar, di mana hal ini akan memudahkan tahap pembacaan nantinya.
  • Kedua, OCR akan melakukan identifikasi pada file, di mana hasilnya akan diklasifikasikan antara teks dan gambar. Misalnya, dalam suatu file terdapat teks dan juga foto, maka teks dan gambar ini akan diidentifikasi sebagai dua hal yang dipisahkan nantinya.
  • Ketiga, OCR akan mengidentifikasi arah teks per bagian yang kemudian akan disesuaikan agar semua bagian file (gambar) searah.
  • Keempat, OCR akan mengidentifikasi kembali antara huruf dan angka, di mana hal ini akan sangat berpengaruh ketika gambar yang dianalisis adalah tulisan tangan dan perlu ketelitian yang lebih dalam.
  • Kelima, OCR akan mengidentifikasi setiap kelompok yang telah dipisahkan tadi, sekaligus mengecek hasil yang didapat dengan database program OCR. Semua huruf serta angka yang awalnya berupa soft file berbentuk jpg atau pdf, kemudian akan dituangkan ke dalam file dengan format teks.

Manfaat Penggunaan Teknologi OCR untuk Cek Data KTP

cek data ktp
Sumber: Freepik

Jika Anda mungkin berpikir manfaat OCR terlihat sepele, maka Anda harus mengetahui manfaat teknologi ini dalam penerapan perusahaan. Terlebih lagi bagi bisnis atau perusahaan dengan sistem digital.

  1. Efisiensi Waktu. Melalui pengambilan data otomatis dan klasifikasi dokumen otomatis, maka OCR akan menghilangkan kebutuhan untuk memasukkan detail secara manual, sehingga hal ini akan membuat proses verifikasi identitas karyawan menjadi lebih cepat.
  2. Hemat Biaya. Teknologi OCR akan mengurangi kebutuhan tenaga kerja manual dalam entri data, penyortiran dan pengarsipan dokumen, menghemat biaya tenaga kerja, serta bahan baku yang dibutuhkan untuk verifikasi fisik.
  3. Akurasi Lebih Tinggi dan Layanan yang Lebih Baik. Dengan mengurangi intervensi manusia, maka teknologi OCR juga mengurangi kemungkinan kesalahan manual. Hal ini pada gilirannya juga akan memastikan bahwa karyawan memiliki akses ke informasi yang akurat dan andal, kapanpun dibutuhkan.
  4. Ruang Penyimpanan dan Keamanan Data. Data yang dimasukkan melalui OCR dapat disimpan di server yang tentunya akan mengurangi biaya pemeliharaan file fisik. Lebih penting lagi, ini juga memungkinkan peningkatan keamanan data dari informasi pribadi kandidat karena akses ke informasi dikendalikan hanya dengan dasar yang perlu diketahui.

Baca juga: Memahami Apa Itu OCR dan Bagaimana Cara Kerjanya

Di era yang serba cepat dan modern ini, tuntutan akan verifikasi data yang cepat dan akurat menjadi nomor satu. Nah, Verihubs menjadi jawaban atas kebutuhan perusahaan atau klien terhadap teknologi OCR untuk cek data KTP. Apa saja keunggulannya?

Keunggulan OCR for ID Card Verihubs

Dengan OCR for ID Card Verihubs, tentunya Anda dapat meningkatkan user experience dan menghemat waktu input data. Karena OCR Verihubs bisa mengekstrak semua data teks dari sebuah dokumen secara otomatis.

Beberapa kelebihan dan keunggulan dari fitur ini antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Teknologi AI Dapat Disesuaikan. Algoritma yang digunakan berbasis AI dan bisa digunakan untuk mengekstrak data KTP, otomatisasi input data, dan juga pengambilan foto ID untuk proses pemeriksaan.
  2. Waktu Input Data Secara Singkat. OCR for ID Card pada Verihubs mampu mengorganisasi dan menyusun data menjadi terstruktur. Data seperti ini akan lebih mudah diolah sehingga memudahkan proses onboarding atau verifikasi.
  3. Data yang Terinput Jelas. Kemampuan mendeteksi blur, silau, ataupun input terlalu gelap menjadikan OCR Verihubs ini sangat unggul. Selain itu, perusahaan juga dapat memberikan instruksi pengambilan data kembali ataupun tindakan lainnya dalam rangka input data.

Baca juga: Manfaat Teknologi Verifikasi Identitas KTP untuk Bisnis Anda

Dengan keunggulan-keunggulan ini, maka tentunya Verihubs dapat memastikan input data yang dilakukan benar-benar optimal dan mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Dengan demikian, semua proses verifikasi identitas KTP dapat dilakukan dengan cepat dan efektif. Segera hubungi kontak layanan Verihubs, dan dapatkan informasi lengkap mengenai penawaran menarik untuk produk Verihubs!