6 Alasan Kenapa Customer Data Verification Penting

Customer data verification

Pentingnya verifikasi data untuk bisnis jelas tidak perlu diragukan lagi. Entah itu dalam konteks untuk meningkatkan keuntungan, untuk mengurangi biaya, hingga pada peningkatan kepuasan pelanggan. Untuk konteks terakhir, customer data verification menjadi teknologi dan sistem yang perlu Anda cermati lebih jauh.

Baca Juga: Penggunaan Human Verification & e-KYC dalam Industri Bisnis

Apa Itu Customer Data Verification?

Data verification sendiri merupakan sebuah proses pengecekan berbagai jenis data untuk melihat konsistensi dan akurasinya setelah data ditransfer dari satu titik ke titik lain. Proses ini dilakukan sebelum data dipindah dari database ke area pemrosesan big data, sehingga apa yang diproses nantinya adalah data yang akurat dan memiliki nilai kebenaran.

Customer data verification kemudian mengacu pada proses verifikasi dan pengecekan data yang dimiliki pelanggan atau user sebuah layanan, yang idealnya berkaitan dengan identitas atau ciri biometrik lain.

Pemeriksaan ini dilakukan guna memastikan data milik pelanggan benar dan valid, sesuai dengan apa yang telah terekam sebelumnya dan disimpan ke dalam database. Dengan demikian, sistem dapat mengenali user yang tengah melakukan transaksi atau akses pada akun yang cocok dengan identitasnya.

Tipe-Tipe Verifikasi Data yang Dilakukan

Customer data verification

Sumber: freepik.com

Akurasi data yang terjamin pada database harus menjadi hal mendasar yang dipastikan ada pada database yang Anda miliki. Maka dari itu, verifikasi data perlu dilakukan sehingga dapat menjamin hal tersebut.

Sedikitnya terdapat dua tipe verifikasi data pelanggan yang biasanya dilakukan. Pertama adalah proofreading, dan yang kedua adalah double entry.

1. Proofreading

Tipe pertama disebut dengan proofreading, yang pada dasarnya serupa dengan proses yang dilakukan ketika pengecekan artikel atau sebuah tulisan. Metode ini dilakukan dengan meninjau kembali data yang dimasukkan oleh user, untuk memastikan tidak ada data yang salah dan informasinya valid.

Dalam konteks data pelanggan, maka metode ini dilakukan untuk memastikan bahwa data pelanggan yang dimasukkan ke dalam formulir atau ke dalam sistem sudah sesuai dengan apa yang tertera pada dokumen yang dimilikinya.

Data yang valid selalu menjadi pijakan yang sempurna untuk keputusan strategis terkait produk, layanan, dan strategi lain.

2. Double Entry

Metode kedua disebut dengan double entry. Metode ini dilakukan dengan meminta pelanggan atau user untuk memasukkan datanya sebanyak dua kali untuk dapat dibandingkan oleh sistem yang Anda gunakan.

Contoh paling sederhana adalah ketika seorang user ingin melakukan penggantian password, maka password baru akan dimasukkan sebanyak dua kali untuk memastikan kebenaran datanya. Hal serupa dapat berlaku pada pemeriksaan data pelanggan, baik dalam formulir, melalui proses OCR, atau swafoto yang dilakukan.

Bagaimana Cara Melakukan Customer Data Verification?

Untuk melakukan verifikasi data pelanggan sendiri, ada beberapa metode yang dapat dilakukan secara praktis. Metode ini dapat dilakukan secara konvensional dengan kinerja tim, menggunakan sistem atau tools yang khusus diperuntukkan bagi verifikasi data, atau dengan kombinasi keduanya.

Bentuk Sebuah Tim

Dapat terdiri dari satu atau dua orang, atau bahkan sekelompok orang yang benar-benar dikhususkan untuk melakukan verifikasi data. Dalam kerjanya sendiri, tim ini dapat menggunakan berbagai alat pembantu guna menunjang aktivitasnya.

Yang harus diingat adalah bahwa tim ini wajib memiliki kontrak yang jelas pada apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan atas data yang diverifikasinya.

Menggunakan Tools Khusus

Kini cukup banyak perusahaan yang menyediakan layanan atau produk yang dapat membantu customer data verification. Anda dapat menggunakan produk yang disediakan, dengan catatan Anda wajib mencermati rekam jejak dan kualitas layanan dan produk yang disediakannya.

Loopback pada Data yang Terdapat di Sistem

Pengecekan ulang ini dapat dilakukan secara rutin pada data-data yang sifatnya dinamis atau sering diberi perlakuan. Hal ini dilakukan untuk memastikan data pelanggan selalu valid dan benar, sesuai dengan data awal yang dimasukkan.

Konsistensi data pokok ini harus selalu dipastikan agar perusahaan tidak sampai kehilangan progres dari akun yang dimiliki pelanggan. Terkait perubahan, penambahan data, pengurangan, semua harus dicatat dengan jelas, detail, dan benar.

Beberapa Alasan Kenapa Verifikasi Data Pelanggan Penting

Customer data verification

Sumber: freepik.com

Kegiatan customer data verification ini menjadi salah satu kegiatan yang sifatnya krusial, terlebih untuk Anda yang menyelenggarakan bisnis di bidang digital. Beberapa alasan utamanya antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Verifikasi data pelanggan menjadi proteksi yang wajib dilakukan, dan penting untuk urusan pemasaran dari bisnis yang Anda jalankan. Semakin baik data pelanggan yang dimiliki, semakin spesifik pula sasaran pasar yang Anda miliki dan formula pemasarannya.
  2. Membangun kepercayaan pelanggan dari sistem yang aman dan terlindungi. Brand dapat menjadi lebih baik ketika dipercaya oleh pelanggan, dan ini menandakan bahwa perusahaan Anda memiliki dedikasi tinggi pada kepuasan pelanggan.
  3. Penggunaan verifikasi data pelanggan juga dapat mengoptimalkan pengelolaan promo personal, sehingga tidak dapat digunakan menyalahi aturan.
  4. Membantu mengurangi risiko terjadinya fraud pada akun pelanggan atau sistem data perusahaan.
  5. Melindungi data yang dimiliki pelanggan sehingga tidak mudah dibobol atau disalahgunakan.
  6. Aktivitas pemasaran dan penjualan yang lebih taat ketentuan, khususnya pada produk yang memiliki batasan minimal usia.

Baca Juga: 5 Alasan Anda Harus Menggunakan Provider e-KYC Andal 

Untuk melakukan customer data verification sendiri sebenarnya Anda tak perlu kesulitan. Verihubs dapat membantu menyediakan berbagai produk verifikasi yang solid, yang dapat Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Produk Handal Verihubs untuk Optimalnya KYC Anda

Dalam mengoptimalkan urusan KYC di dalam bisnis dan melakukan customer data verification, Verihubs menyediakan cukup banyak produk yang dapat digunakan. Mulai dari Identity Verification, Biometric Verification, dan berbagai jenis produk yang lain. Dengan akurasi yang dapat dipertanggungjawabkan dan kombinasi kinerja AI di dalam sistemnya, Verihubs berkomitmen memberikan layanan dan sistem verifikasi yang benar-benar dapat diandalkan. Segera hubungi layanan pelanggan kami sekarang, dan dapatkan informasi lengkapnya!

Artikel Terbaru Kami

biometrik inklusif

Biometrik Inklusif: Memperkuat Keamanan Industri Keuangan

Mengenal Apa Itu CFT dalam Melawan Pendanaan Terorisme

modus penipuan terbaru

Waspada! 5 Modus Penipuan Terbaru Salah Satunya dari WA!