Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

8 Alasan Chatbot Dapat Meningkatkan Customer Engagement

customer engagement adalah

Apakah Anda sudah sering mendengar mengenai penggunaan chatbot dalam kegiatan pemasaran? Salah satu aplikasi paling jelas dan nyata adalah pada sektor layanan pelanggan. Matriks customer engagement adalah salah satu ukuran yang merasakan pengaruh terbesar dari penggunaan teknologi ini.

Namun bagaimana hal di atas bisa terhubung? Antara penggunaan chatbot dan customer engagement?

Pada salah satu artikel yang dilansir di ecommercegermany.com, chatbot bahkan disebut sebagai latest trend di bidang customer engagement. Tentu, hal ini akan dijelaskan dalam poin-poin berikut ini. Simak selengkapnya!

Baca Juga: Butuh Solusi Chatbot Pemasaran untuk Bisnis? Ikuti 3 Tips Ini

1. Membantu Pelanggan Memahami Produk Anda

Penggunaan chatbot dapat membantu pelanggan untuk memahami produk Anda dengan cara yang lebih mudah. Saat pelanggan tidak paham mengenai satu hal terkait produk Anda, chatbot dapat memberikan jawaban dengan mengacu pada setelah frequently ask question.

Waktu yang dibutuhkan juga tidak lama, sebab jawaban bisa secara otomatis muncul sebagai respon ketika sistem mendeteksi kata kunci tertentu. Dengan demikian, efisiensi operasional dalam melayani pelanggan akan semakin baik, dan pelanggan akan semakin loyal pada produk Anda.

2. Tetap Terhubung dengan Berbagai Interaksi Organik

customer engagement adalah
Sumber: freepik.com

Chatbot juga dapat diatur untuk memberikan berbagai respon berbeda pada pertanyaan yang diajukan pelanggan. Memang tidak kemudian memiliki respon yang tidak terbatas, namun respon yang variatif dapat diberikan agar pelanggan bisa lebih merasa dekat dengan layanan Anda.

Pada titik di mana respon yang dibutuhkan benar-benar respon organik dari staf Anda, maka chatbot dapat mengalihkan obrolan ke staf CS yang bertanggungjawab pada saat tersebut.

3. Senantiasa Memberikan Notifikasi

Customer engagement adalah sebuah konsep yang rumit yang melibatkan banyak faktor. Ketika pelanggan telah menghubungi chatbot, maka setelah urusan yang diperlukan selesai nomor pelanggan akan secara otomatis terdeteksi sebagai user aktif oleh chatbot.

Apa maksudnya?

Artnya, informasi mengenai produk dapat dikirimkan untuk memberikan pelanggan semacam notifikasi atau reminder, sehingga produk Anda bisa senantiasa berada di tingkat atas awareness pelanggan. Ingat, atur sedemikian rupa agar pengiriman notifikasi ini tidak terlalu sering, agar tidak menjadi petaka untuk bisnis Anda dan justru menjadi spam.

4. Engagement dengan Media

Sumber: freepik.com

Tidak hanya dapat mengirimkan informasi dan promosi seputar produk saja, Anda dapat memanfaatkan chatbot untuk mengirimkan berbagai media seperti foto, gambar, desain, hingga video, yang menarik perhatian pelanggan Anda.

Dengan demikian, konten yang membuat Anda dan pelanggan terhubung bisa lebih menarik dan bervariasi.

5. Fitur Follow Up

Setelah interaksi yang terjalin lewat chatbot berhasil dengan baik, Anda dapat melanjutkannya dengan interaksi melalui kanal lain sebagai bentuk follow up. Misalnya saja, pada pertanyaan yang diajukan, user menunjukkan ketertarikan pada satu produk atau satu informasi tertentu, sebab ditanyakan berulang.

Maka pada kanal lain Anda dapat memberikan informasi terkait seputar minat pelanggan ini, mengacu pada analisis percakapan atau pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan.

6. Mengirimkan Broadcast Messages

customer engagement
Sumber: freepik.com

Pengiriman broadcast messages dapat membantu pelanggan terus mendapatkan update terbaru mengenai produk atau layanan yang Anda miliki. Dengan demikian pelanggan akan merasa terus terhubung dengan produk yang Anda tawarkan.

Cara ini cukup efektif, namun dengan catatan pengiriman broadcast messages juga harus melalui perhitungan yang cermat. Tepat waktu dan jumlahnya tidak terlalu intens, sehingga dapat memenuhi fungsinya sebagai perangkat untuk memberikan informasi terbaru.

7. Bantuan Analisis Data Engagement

Penggunaan chatbot dalam konteksnya membantu peningkatan customer engagement adalah dengan menyediakan data terkait interaksi yang terjadi. Analisis pada percakapan, pertanyaan yang diajukan, periode waktu yang paling banyak mengalami traffic, dan lain sebagainya.

Data ini akan menjadi bahan yang baik untuk melakukan analisis performa chatbot dan pengaturan yang telah Anda buat, sehingga dapat dioptimalkan di kemudian hari. Tanpa data yang jelas, analisis chatbot sulit dilakukan dan membuat optimasinya menjadi kurang maksimal.

8. Paling Jelas, Solusi Cepat Persoalan User

customer engagement
Sumber: freepik.com

Ketika Anda menemui sebuah masalah terkait produk, apa yang paling Anda butuhkan?

Jawaban cepat atas solusinya, langsung dikirimkan pada Anda. Benar bukan?

Hal yang sama juga dirasakan oleh pelanggan yang Anda miliki. Dengan pengaturan frequently ask question atau FAQ, Anda dapat memberikan solusi cepat yang otomatis dikirimkan saat sistem membaca atau mendeteksi kata kunci tertentu.

Dengan demikian pelanggan akan lebih cepat mendapatkan solusi atas masalah yang ditemukannya, dan mencapai tingkat kepuasan yang lebih baik dari waktu ke waktu.

Baca Juga: Ketahui 2 Fungsi Chatbot untuk Tingkatkan Kepuasan Pelanggan

Pada dasarnya peningkatan customer engagement adalah hal yang tidak bisa dicapai dengan satu upaya saja. Penggunaan chatbot jelas akan banyak membantu upaya ini menjadi lebih efektif, dengan pemasangannya di situs resmi atau terhubung langsung ke WhatsApp. Verihubs, memiliki produk yang tepat untuk urusan ini sebagai solusi atas kebutuhan Anda.

Verihubs dengan Veriflow

Dengan produk Veriflow, Anda bisa memberikan otomasi pembalasan chat dari pelanggan yang disampaikan pada website atau akun WhatsApp bisnis yang Anda miliki dengan demikian, upaya peningkatan customer engagement adalah hal yang sangat mungkin tercapai, untuk hubungan baik antara perusahaan Anda dan pelanggan yang Anda miliki. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai produknya, Anda dapat menghubungi layanan pelanggan kami sekarang juga.w