Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

5 Alasan Kenapa Perusahaan Perlu Menjaga Keamanan Aplikasi

keamanan aplikasi

Saat ini perkembangan teknologi semakin pesat dan telah menyentuh berbagai bidang, termasuk bidang usaha dengan hadirnya berbagai aplikasi yang dapat menunjang, mempermudah, serta mengakomodasi kebutuhan manajemen sebuah perusahaan. Dengan berbagai aplikasi  yang digunakan, tentunya perusahaan dapat beroperasi dengan lebih baik, efektif, dan produktif. Namun wajib dipastikan mengenai keamanan aplikasi tersebut.

Beberapa aplikasi yang sering digunakan untuk manajemen perusahaan di antaranya adalah aplikasi absensi, aplikasi pengajuan izin dan cuti, hingga aplikasi penghitung gaji. Jika dulu, absensi sebuah perusahaan sangat tidak efektif, kini berkat adanya aplikasi absensi online, semua proses absensi bisa dilakukan dengan lebih mudah, cepat, dan akurat.

Kemudian, aplikasi pengajuan izin dan cuti karyawan juga banyak digunakan perusahaan. Melalui aplikasi ini, karyawan yang bersangkutan cukup input data mengenai periode izin atau cuti berikut dengan alasan yang mendasarinya. Jika permintaan izin atau cuti diterima atau ditolak, maka konfirmasi juga akan diberikan melalui aplikasi. Sangat praktis!

Selanjutnya, aplikasi yang bermanfaat untuk perusahaan berikutnya adalah aplikasi penghitung gaji. Melalui aplikasi ini, baik karyawan maupun tim keuangan dapat melakukan audit bersama mengenai besaran gaji yang diterima. Sehingga, transparansi dalam perusahaan otomatis akan lebih terjaga.

Selain itu, aplikasi bisnis juga diperlukan misalnya aplikasi marketplace yang dapat memudahkan penjualan atau bisnis untuk pengiriman produk ke luar kota, luar provinsi, bahkan sampai ke luar negeri. 

Baca juga: 6 Keunggulan Sistem Presensi Online 

Kenapa Menjaga Keamanan Aplikasi Perusahaan Itu Penting?

keamanan aplikasi
Sumber: Freepik

Menjaga keamanan aplikasi adalah suatu keharusan bagi perusahaan Anda. Seiring dengan semakin banyaknya perusahaan yang menggunakan dan mengembangkan aplikasi mereka sendiri, tentunya serangan yang terjadi juga akan semakin meningkat.

Menjaga keamanan aplikasi menjadi salah satu hal yang harus Anda prioritaskan ketika menggunakan maupun mengembangkan sebuah aplikasi untuk perusahaan. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa keamanan aplikasi harus Anda perhatikan.

1. Demi Menjaga Reputasi yang Baik

Perusahaan akan mendapatkan reputasi yang baik ketika mampu memberikan pelayanan yang memuaskan, produk yang berkualitas, serta mampu menjamin keamanan user. Sementara itu, reputasi yang dibangun selama bertahun-tahun bisa saja hancur dalam waktu yang singkat karena kelalaian dalam menjaga keamanan data user.

Jadi, supaya bisnis Anda dapat semakin berkembang, maka reputasi yang baik harus terus Anda pertahankan. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan yaitu dengan menjaga kepercayaan dan memberi rasa aman ketika user mengoperasikan aplikasi Anda.

2. Untuk Menjaga Keamanan Data dan Informasi Sensitif

Keamanan aplikasi yang lemah tentunya dapat menyebabkan berbagai jenis serangan, salah satunya adalah dapat mengakibatkan pelanggaran data atau data breach.  Tidak heran jika saat ini masih banyak orang ragu untuk memberikan informasi pribadi mereka secara online, apalagi secara cuma-cuma.

Pelanggaran data akan memungkinkan peretas mendapatkan akses tidak sah ke dalam sistem sehingga mereka dapat mencuri, menyalin, atau mengubah data-data penting di dalamnya. Hal ini tentu saja akan membawa banyak kerugian baik bagi perusahaan, karyawan, maupun para pelanggan/konsumen.

Dengan menerapkan mekanisme dan prosedur keamanan yang sesuai dengan standar, maka data-data sensitif akan lebih terlindungi. Terjaminnya keamanan user juga akan membantu perusahaan agar bisa mendapatkan kepercayaan sehingga perusahaan dapat lebih berkembang.

3. Agar Terhindar dari Tuntutan Hukum

Pelanggaran data atau hilangnya informasi sensitif yang dialami oleh user adalah masalah serius yang dapat menyebabkan banyak kerugian. Perusahaan tidak hanya akan kehilangan kepercayaan, namun juga akan mengalami kerugian finansial, tuntutan hukum, atau bahkan harus membayar sejumlah denda. Tentu saja, Anda dapat terhindar dari hal-hal tersebut jika Anda memperhatikan keamanan aplikasi sejak proses pengembangan.

4. Untuk Menghindari Ancaman Kerusakan

Adanya virus, malware, dan juga ancaman kerusakan data lainnya sangat rentan mengancam setiap pengguna teknologi informasi. Saat hal tersebut terjadi, maka data yang disimpan bisa saja rusak atau bahkan hilang, sehingga jelas akan mengganggu kelancaran produksi di dalam bisnis. Itulah mengapa menjaga keamanan aplikasi mutlak diperlukan oleh setiap perusahaan.

5. Supaya Dapat Memperlancar Keamanan Proses dalam Bisnis

Teknologi yang terdapat di dalam perangkat elektronik berfungsi untuk memperlancar keamanan dari setiap proses yang terjadi di dalam perusahaan. Bahkan dengan adanya peranan teknologi, maka semua kegiatan dapat berjalan dengan lebih terorganisir dibandingkan dengan penyimpanan data secara manual.

Baca juga: 9 Keunggulan Phone Number Verification

Bagaimana Cara Menjaga Keamanan Aplikasi Perusahaan?

Kini, Anda bisa membangun ekosistem digital pada perusahaan Anda bersama dengan Verihubs. Dengan Verihubs, Anda akan mendapatkan berbagai kemudahan dalam sistem verifikasi dan otentikasi yang terintegrasi di sistem perusahaan Anda.

Dalam rangka menjaga keamanan aplikasi perusahaan, Anda bisa memilih beberapa solusi yang ditawarkan oleh Verihubs. Mulai dari Phone Number Verification, Identity Verification, Biometric Verification, Business Verification, hingga Employee Verification. Memangnya, apa saja keunggulan dari Verihubs yang membuat Anda harus memilihnya?

  • Hanya dengan satu API untuk berbagai sistem verifikasi.
  • Sumber data yang aman dan terpercaya.
  • Proses integrasi lebih cepat dan mudah.
  • Persingkat bisnis proses Anda dengan sistem verifikasi secara otomatis.
  • Analisa data penggunaan yang lengkap dan transparan pada dashboard.

Tak perlu ragu, segera sesuaikan solusi terbaik dari berbagai pilihan modul sistem Verihubs. Verihubs telah dipercaya oleh pelaku bisnis di Indonesia dari perusahaan fintech, bank digital, bank konvensional, e-commerce, dan berbagai bisnis lainnya. Kini giliran Anda, saatnya bergabung!