7 Fungsi Validasi KTP bagi Bisnis dan Langkah-langkahnya

validasi KTP

Apa pentingnya validasi KTP pelanggan bagi bisnis? Validasi identitas pelanggan, termasuk KTP adalah proses memverifikasi bahwa identitas seseorang benar-benar milik orang tersebut dan bahwa informasi yang tercantum pada identitas tersebut benar. 

Validasi KTP sering diperlukan saat seseorang ingin melakukan transaksi bisnis atau administrasi, terutama untuk pemerintahan, yang membutuhkan identitas yang valid. Selain KTP, sebetulnya ada berbagai jenis dokumen identitas yang dapat diverifikasi, di antaranya adalah paspor, SIM (Surat Izin Mengemudi), atau bahkan kartu keanggotaan.

Memangnya, apa manfaat melakukan validasi KTP, dan bagaimana validasi dapat dilakukan? Temukan jawaban selengkapnya melalui ulasan di bawah ini.

Bagaimana Validasi Identitas Dapat Dilakukan?

validasi KTP
Sumber: Freepik

Salah satu cara yang paling umum digunakan untuk validasi atau verifikasi identitas adalah dengan memeriksa keaslian dokumen milik yang bersangkutan. Hal ini bisa dilakukan dengan meminta yang bersangkutan untuk menunjukkan dokumen asli kepada pihak yang berwenang, misalnya petugas keamanan atau staf perusahaan. Dokumen asli itu kemudian akan diperiksa untuk memastikan bahwa informasi yang tercantum pada dokumen tersebut sesuai dengan informasi yang dimiliki oleh pihak yang berwenang.

Selain itu, validasi identitas termasuk KTP juga dapat dilakukan dengan mengecek informasi yang tercantum pada identitas tersebut melalui sistem informasi pemerintah atau lembaga terkait lainnya. Contohnya, informasi yang tercantum pada KTP seseorang dapat dicek melalui sistem pencatatan sipil yang dimiliki oleh pemerintah. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa informasi yang tercantum pada KTP tersebut benar dan tidak terjadi kecurangan.

Teknologi pengenalan wajah atau sidik jari juga bisa digunakan untuk proses validasi identitas seseorang. Dengan menggunakan kamera atau sensor sidik jari, maka sistem dapat membandingkan informasi yang tercantum pada identitas dengan wajah atau sidik jari yang dimiliki oleh seseorang. Apabila informasi yang tercantum pada identitas tersebut sesuai dengan wajah atau sidik jari yang dimiliki oleh seseorang, maka identitas tersebut akan terverifikasi.

Baca juga: Simak Penjelasan 3 Bahaya Penyalahgunaan KTP di Sini!

Apa Fungsi Validasi KTP bagi Bisnis?

validasi KTP
Sumber: Freepik

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh bisnis jika menerapkan validasi KTP ketika melakukan transaksi. Berikut ini adalah beberapa fungsi validasi identitas KTP untuk bisnis Anda:

1. Meminimalisir Adanya Kecurangan

Validasi KTP dapat membantu bisnis untuk mencegah dan meminimalisir kecurangan dalam proses transaksi. Contohnya, dengan menggunakan sistem pengenalan wajah atau sidik jari, maka bisnis dapat memastikan bahwa orang yang mengajukan transaksi benar-benar sesuai dengan KTP yang dimilikinya. Hal ini juga berguna untuk mencegah orang yang tidak berwenang atau tidak sah untuk melakukan transaksi menggunakan KTP milik orang lain.

2. Meningkatkan Keamanan Selama Bertransaksi

Validasi KTP yang akurat juga dapat membantu bisnis untuk meningkatkan keamanan transaksi. Berkaitan dengan poin sebelumnya, bahwa penerapan validasi identitas KTP dalam bisnis akan menghilangkan kecurangan, jadi keamanan transaksi akan semakin meningkat. Selain itu, bisnis juga dapat mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti penipuan atau pemalsuan identitas.

3. Meningkatkan Efisiensi Bisnis

Teknologi validasi KTP yang canggih tentunya dapat membantu bisnis dalam meningkatkan efisiensi proses transaksi. Contohnya, dengan menggunakan sistem pengenalan wajah atau sidik jari, maka bisnis dapat memverifikasi KTP seseorang dengan cepat dan akurat, sehingga proses transaksi akan berlangsung secara lebih cepat dan efisien.

4. Meningkatkan Keuntungan Bisnis

Validasi KTP yang akurat dan efisien juga akan membantu bisnis dalam meningkatkan keuntungan. Pasalnya, dengan mengurangi risiko transaksi yang tidak sah dan menciptakan kepercayaan pelanggan, maka bisnis mampu meningkatkan jumlah transaksi yang dilakukan, sehingga meningkatkan keuntungan yang diperoleh secara keseluruhan.

5. Meningkatkan Kepercayaan para Pelanggan

Validasi KTP yang baik dan benar juga dapat membantu bisnis dalam menciptakan dan meningkatkan kepercayaan pelanggan. Pelanggan yang merasa percaya pada proses validasi identitas yang dilakukan oleh bisnis, maka mereka akan merasa lebih nyaman dan percaya dalam berbelanja dan melakukan transaksi dengan bisnis tersebut.

6. Mencegah Kemungkinan Duplikasi Akun

Validasi identitas KTP juga dapat membantu mencegah duplikasi akun dengan cara memastikan bahwa setiap orang hanya memiliki satu akun. Dengan meminta calon pengguna atau pelanggan untuk memverifikasi identitas KTP mereka, maka akan membantu menjamin bahwa setiap orang hanya memiliki satu akun, sehingga dapat mencegah terjadinya duplikasi akun.

Selain itu, validasi identitas KTP juga dapat membantu meningkatkan keamanan dan kepercayaan pengguna terhadap sistem atau layanan yang tersedia. Pengguna atau pelanggan yang merasa yakin bahwa sistem atau layanan tersebut aman dan terpercaya akan lebih merasa nyaman untuk menggunakannya.

7. Meminimalisir Risiko Pencurian Data

Validasi identitas akan membantu mengurangi risiko pencurian data dengan cara memastikan bahwa hanya pengguna yang sudah terdaftar dengan KTP tersebut yang dapat mengakses layanan atau sistem yang tersedia. Sehingga, risiko pencurian data oleh orang-orang yang tidak berwenang atau tidak bertanggung jawab dapat diminimalisir.

Baca juga: 6 Tips Verifikasi Foto e-KTP di Finance Apps Berjalan Mulus

Saatnya Beralih ke Sistem Teknologi Termutakhir!

Verihubs menawarkan fitur dan layanan verifikasi terbaik yang ada di Indonesia saat ini. Anda tidak perlu ragu, karena Verihubs telah bekerjasama dengan berbagai brand dan perusahaan besar dalam membantu proses verifikasi yang diperlukan.

Verihubs menyediakan produk Identity Verification dengan OCR for ID Card untuk input data, dan ID Check untuk memastikan validitas data. Dengan fitur unggulan ini, semua proses validasi atau verifikasi identitas KTP dapat dilakukan dengan cepat dan efektif. Tunggu apa lagi, segera hubungi layanan pelanggan Verihubs dan dapatkan informasi lengkap mengenai penawaran menarik dari Verihubs untuk bisnis Anda.

Artikel Terbaru Kami

insurtech adalah

Memahami Insurtech: Inovasi Digital dalam Asuransi

cara membuat chatbot ai mudah

Terlengkap! Bagaimana Cara Membuat Chatbot AI Mudah?

peranan kecerdasan buatan dalam pendidikan

10 Manfaat & Peranan Kecerdasan Buatan dalam Pendidikan