Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

Mengenal Teknologi Flash Calling yang Perlu Diterapkan pada Bisnis Anda

flash calling

Sebagian pebisnis mungkin masih asing dengan istilah flash calling. Apa itu flash calling, dan apa pentingnya penerapan teknologi yang satu ini?

Flash calling adalah panggilan terputus yang secara otomatis ditujukan ke nomor ponsel, biasanya sebagai bagian dari proses autentikasi yang dikenal sebagai verifikasi panggilan flash. Bisa dikatakan, bahwa tidak ada biaya penghentian untuk panggilan karena tidak dijawab dan hanya dicatat sebagai panggilan tidak terjawab di log telepon.

Jadi, verifikasi panggilan cepat alias flash calling ini bisa digunakan sebagai solusi autentikasi yang hemat biaya. Jenis verifikasi yang satu ini bahkan menjadi sangat populer di negara-negara di mana SMS dan panggilan telepon seluler relatif mahal.

Bagaimana Cara Kerja Verifikasi Flash Calling?

flash calling
Sumber: Freepik

Verifikasi flash calling adalah cara mengautentikasi nomor ponsel tanpa harus melakukan tindakan apapun kepada pengguna ponsel. Ini digunakan pada saat pengguna seluler mendaftar untuk suatu layanan, menginstal aplikasi, atau melakukan apa saja yang mengharuskan mereka memberikan nomor ponsel yang valid untuk menyelesaikan proses.

Sama seperti verifikasi SMS dan suara, flash calling adalah solusi berbasis telepon. Pada saat pengguna memasang aplikasi atau memulai prosedur pendaftaran di situs website, maka mereka diminta memasukkan nomor ponselnya. Setelah itu, API akan mengirimkan kode satu kali yang diperlukan untuk pendaftaran. Perbedaan utamanya adalah dalam bentuk pengiriman kata sandi.

Sementara autentikasi SMS dan suara memerlukan tindakan yang berhasil dilakukan (pesan terkirim atau panggilan terjawab), lain halnya dengan flash calling yang lebih pasif. Seorang pengguna mendapatkan panggilan yang tidak perlu dijawab, karena akan secara otomatis ditolak oleh aplikasi, jadi tidak ada menit yang digunakan. Kemudian pengguna hanya mengambil 4 (atau lebih) digit terakhir dari nomor telepon masuk dan menggunakannya sebagai kode. Sesederhana itu!

Manfaat Verifikasi Flash Calling bagi Bisnis

Kemudian, Anda mungkin bertanya apakah verifikasi flash calling ini aman? Lantas, apa manfaat verifikasi flash calling ini ?

Untuk bisnis dan pelanggan, ada dua manfaat utama yang bisa diperoleh dari penerapan teknologi ini. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Dari Segi Biaya

Dengan berkurangnya biaya verifikasi flash calling, maka bisnis dapat sedikit menghemat dan karena itu mencakup lebih banyak kasus penggunaan, termasuk pemesanan janji temu, pembayaran online, dan bahkan koneksi Wi-Fi publik.

2. Dari Segi Kenyamanan

Dalam kebanyakan kasus, prosesnya diam dan tidak memerlukan tindakan apa pun dari pihak pengguna.

Baca juga: Bermanfaat! Ini 5 Kegunaan Flash Call Verification bagi Bisnis

Contoh Penggunaan Teknologi Flash Calling

flash calling
Sumber: Freepik

Berbagai contoh penggunaan layanan verifikasi flash call di berbagai sektor industri untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, adalah sebagai berikut:

  1. Perbankan, meliputi pendaftaran situs website dan aplikasi, otorisasi, atau pemulihan akun.
  2. E-Commerce, meliputi pembayaran digital. Flash call verification memungkinkan para pelanggan untuk mengkonfirmasi pembayaran mereka dengan cepat, serta menghilangkan kehilangan konversi.
  3. Bisnis Ritel, meliputi verifikasi offline. Bisnis ritel mengharuskan kasir untuk mengaktifkan program loyalitas pelanggan, diskon pribadi, hingga kupon di kasir. Maka untuk mencegah kemungkinan penipuan, setiap pelanggan diharuskan untuk memberikan nomor telepon mereka sebagai 2FA. Flash call verification dapat dikirim ke telepon pelanggan segera setelah kasir memasukkan informasi klien ke dalam sistem, yang cepat dan lancar.
  4. Klinik, Fasilitas Medis, atau Salon, meliputi pemesanan janji temu.
  5. WiFi, meliputi koneksi Wi-Fi publik. Flash calling adalah solusi terbaik untuk perusahaan yang ingin menyediakan koneksi internet yang aman, di mana memasukkan kata sandi satu kali dinilai jauh lebih nyaman daripada mengganggu atau bergantung pada pengelola jaringan hotspot tentang kode tersebut.

Baca juga: Apa Itu OTP Bank? SImak di Sini dan Bedakan dengan PIN!

Di era digitalisasi, bisnis biasanya akan menghabiskan banyak uang untuk pelanggan bahkan sebelum mereka datang dan benar-benar membeli sesuatu. Biaya yang dimaksud termasuk pemasaran, periklanan online, analitik, dukungan, dan lain sebagainya. Salah satu pengeluaran ini adalah otentikasi dua faktor (2FA), di mana solusi umum 2FA mencakup kode satu kali yang dikirimkan melalui SMS atau pesan suara.

Meskipun agak populer dan tersebar luas, namun nyatanya biayanya bisa mahal di beberapa negara karena operator di sana memiliki tarif tinggi untuk SMS dan panggilan telepon. Sementara itu, bisnis selalu mencari cara untuk mengurangi biaya dan menghasilkan lebih banyak uang, jadi banyak penyedia layanan yang kemudian menghadirkan solusi verifikasi pengguna yang lebih murah untuk itu Flash Call OTP.

Sistem Verifikasi yang Terbaik, Pilih Verihubs!

Verifikasi flash calling adalah metode otentikasi tanpa interaksi mutlak untuk pengguna dan memberikan validasi untuk pengguna aplikasi situs website di laptop atau PC. Nah, Verihubs hadir dengan solusi terbaiknya untuk membantu Anda dalam mengintegrasikan solusi autentikasi flash calling yang hemat biaya, cepat, dan mudah untuk bisnis Anda. 

Tujuan utamanya tidak lain adalah untuk meningkatkan pengalaman pengguna atau pelanggan dan membuat keterlibatan pelanggan menjadi lebih nyaman.

Verihubs menyediakan berbagai fitur unggulan untuk memudahkan proses verifikasi bisnis Anda, salah satunya yaitu fitur Phone Number Verification yang memungkinkan Anda bisa menyelesaikan proses verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.

Skenario penggunaan fitur ini di antaranya adalah Pendaftaran Akun, Transaksi atau Pembayaran, serta Validasi Akses Perangkat. Sekarang adalah saat yang tepat untuk mengoptimalkan keamanan akun dengan OTP untuk verifikasi pengguna dengan verifikasi API yang dibuat untuk jangkauan skala global. Segera hubungi kontak layanan Verihubs, dan jadwalkan DEMO GRATIS!