5 Tips Memilih ID Checking Service untuk Bisnis Anda

id checking

Sebetulnya, kenapa ID Checking perlu dilakukan? Tujuan utama diterapkannya ID Checking, pengecekan identitas, atau verifikasi identitas adalah untuk menghindari tindakan melanggar hukum yang dilakukan oleh pelanggan atau nasabah. Bahkan, verifikasi identitas bagi perbankan juga dinilai sebagai langkah aktif dalam melindungi nasabah dari kejahatan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Termasuk di antaranya adalah pencurian data untuk hal yang melanggar hukum.

Sebagaimana dilansir dari laman Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), pengecekan identitas yang dianut di Indonesia saat ini tidak lain adalah rekomendasi dari The Financial Action Task Force (FATF) on Money Laundering yang diprakarsai Kelompok 7 Negara (G-7) pada konferensi tahun 1989 di Perancis. Di Indonesia sendiri, pengecekan atau verifikasi identitas juga diatur di dalam beberapa aturan dan Undang-Undang, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992, sebagaimana yang telah diubah menjadi Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perbankan atau UU Perbankan.
  • Peraturan Bank Indonesia Nomor 3-10-PBI-2001 tentang Penerapan Prinsip Mengenal Nasabah (Know Your Customer Principles).
  • Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang.
  • Keputusan Menteri Keuangan Nomor 30/PMK.010/2010 tentang aplikasi prinsip KYC untuk mengkriminalisasi pendanaan terorisme.
  • Keputusan Badan Pengawas Modal dan Pengawas Keuangan (BAPEPAM) Nomor Per01/BL2011/ tentang Pelaksanaan Pedoman dari Implementasi Prinsip KYC bagi Perusahaan Asuransi.

ID Checking sebagai Tolok Ukur Kepuasan Pelanggan

id checking
Sumber: Freepik

Sebenarnya, verifikasi identitas selain digunakan untuk melihat identitas dan landasan untuk menanggulangi tindakan melanggar hukum, di sisi lain juga bisa dijadikan sebagai tolok ukur keberhasilan kepuasan pelanggan. Beberapa yang bisa dijadikan tolok ukur keberhasilan kepuasan pelanggan jika bisnis Anda menerapkan ID Checking adalah sebagai berikut:

  • Faktor pertama adalah masalah aksesibilitas, terlebih lagi jika perusahaan atau bisnis bergerak di ranah online
  • Pemilihan gaya bahasa juga penting, sebab bahasa memainkan peranan vital ketika Anda memasarkan produk kepada para pelanggan. 
  • Perusahaan juga harus jeli dan proaktif dalam melihat perilaku pelanggan. Misalnya, memberikan promo menarik di hari-hari tertentu, atau memberikan penghargaan kepada pelanggan yang loyal dalam pembelian produk tertentu. 
  • Dalam berbisnis, keringkasan atau simplicity adalah kunci agar produk semakin dicintai oleh pelanggan. Adapun yang dimaksud ringkas di sini adalah perusahaan atau brand memberikan kemudahan dalam pelayanan, termasuk kemudahan pembayaran, mendapatkan produk, pemesanan, dan lain sebagainya.  
  • Kepuasan pelanggan yang tidak kalah utamanya yaitu pelayanan prima yang diberikan oleh perusahaan.
  • Satu hal yang tidak kalah pentingnya sebagai faktor dalam memberikan kepuasan pelanggan adalah kualitas produk. Biasanya, kualitas produk ini juga akan berpengaruh pada harga yang dijual di pasaran. 

Industri Apa Saja yang Perlu Menerapkan ID Checking?

Setidaknya ada tiga perusahaan yang perlu dan wajib menggunakan ID Checking dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di antaranya adalah:

  1. Perusahaan Perbankan: ID Checking dalam perusahaan perbankan wajib dilakukan untuk melihat calon nasabah dan meminimalisir risiko pelanggaran. 
  2. Perusahaan Bidang Asuransi: Jika selama ini calon nasabah asuransi banyak yang mengeluhkan proses pengurusan administrasi yang cukup lama ketika mendaftar, maka ID Checking secara digital dapat membantu dalam proses otentikasi maupun verifikasi identitas nasabah secara cepat. 
  3. Fintech: Sama halnya seperti perusahaan perbankan dan asuransi, ID Checking secara digital membantu memudahkan proses otentikasi maupun verifikasi.

Lebih dari itu, berbagai macam industri lainnya juga perlu menerapkan ID Checking Service karena sistem ini membawa banyak manfaat dan kemudahan.

Baca juga: AI pada Sistem Liveness Detection untuk Keamanan Digital

Tips Memilih ID Checking Service yang Terbaik

id checking
Sumber: Freepik

Pada praktiknya, menggunakan ID Checking Service untuk verifikasi data pelanggan sangat penting. Tujuannya adalah untuk membuat bentuk personalisasi baru ini berfungsi, karena mencegah penipuan, melihat komitmen mereka terhadap merek Anda, dan memberikan penawaran lebih menarik dengan memastikan eksklusivitasnya. 

Tetapi supaya software ID Checking benar-benar efektif, Anda harus memilih platform yang tepat. 

  1. Pilihlah software yang menggunakan sumber data resmi, misalnya database pemerintah, atau lainnya. 
  2. Pilih software yang dapat meninjau dokumen hingga 100%.
  3. Software ID Checking harus user-friendly agar tidak mempersulit para pelanggan Anda untuk menemukan berbagai penawaran menarik yang Anda miliki.
  4. Memiliki desain yang responsif dan cocok dengan layar apa pun. 
  5. Menyediakan lapisan tambahan sehingga dapat memberikan perlindungan terhadap penipuan dan aman digunakan.

Baca juga: Memahami Cara Kerja dan 5 Kelebihan Missed Call Verification

ID Check dari Verihubs bisa diandalkan untuk bisnis Anda. Sudah banyak pelaku bisnis yang memilih untuk berpartner dengan Verihubs karena fitur-fitur unggulan yang ditawarkannya. Sekarang adalah giliran Anda!

Jadi tunggu apa lagi? Segera dapatkan informasi mengenai ID Check atau produk-produk lainnya dengan menghubungi layanan pelanggan Verihubs sekarang!

Artikel Terbaru Kami

ikd digital

Apa Itu IKD Digital? Verifikasi Identitas dengan Mudah!

pemasaran digital

Pemasaran Digital (Digital Marketing): Strategi dan Jenisnya

absensi digital sekolah

Studi Kasus: 4 Peranan Absensi Digital Sekolah dan Contohnya