Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

5 Metode Efektif Mengumpulkan Identitas Pelanggan

identitas pelanggan

Memiliki basis data yang kuat akan menjadi salah satu kelebihan bisnis di ekosistem industri tempatnya bersaing. Dalam hal ini, identitas pelanggan yang akan menjadi sasaran program pemasaran memegang porsi yang sangat besar dan penting. Maka dari itu, penting untuk sebuah bisnis mengetahui identitas pelanggan yang dimilikinya, sehingga didapatkan insight yang kuat untuk membangun aktivitas pemasaran yang akurat.

Namun bagaimana cara meningkatkan jumlah data identitas pelanggan ini? Apakah bisnis bisa serta merta menanyakannya pada pelanggan secara langsung?

Secara praktis, hal ini mungkin saja dilakukan. Namun demikian bukan tak mungkin jawaban yang diberikan pelanggan atau user bisnis Anda tidak benar bukan? Pelanggan juga memiliki hak untuk menjawab sesuai dengan keinginannya, dalam rangka melindungi data pribadi.

Lalu jika demikian, adakah cara lain yang bisa digunakan untuk memperoleh identitas pelanggan secara lengkap?

Baca Juga: 6 Cara Meningkatkan Kualitas Customer Experience dengan Teknologi Verifikasi Modern

1. Pertama, dengan Menganalisis Website yang Dimiliki

identitas pelanggan
Sumber: freepik.com

Website menjadi jangkar dari aktivitas produk Anda di dunia digital, serta pemasaran yang dilakukan. Maka dari itu, analisis website dapat menjadi cara pertama dalam mengumpulkan data pelanggan yang datang dan bertransaksi di situs Anda ini.

Meski cukup berguna, namun sajian data yang diberikan akan berupa data kuantitatif. Tidak sepenuhnya memberikan Anda identitas pelanggan yang diharapkan secara lengkap, namun setidaknya diperoleh data aktivitas pelanggan dan pengelompokan berdasarkan kategori yang disediakan oleh tools analisis yang digunakan.

Penggunaan Google Analytics dapat jadi tools template yang tepat. Agar lebih lengkap dan relevan, Anda juga dapat menggunakan tools lain seperti Hotjar, Optimizely, dan sejenisnya.

2. Manfaatkan Feedback dari Survei Pelanggan yang Dilakukan

Melakukan survei pelanggan merupakan salah satu upaya pengumpulan identitas pelanggan dan data yang dimilikinya secara lengkap. Meski metode ini terbilang kuno dan membutuhkan effort yang tidak kecil, namun sepadan dengan hasil yang didapatkannya.

Pertanyaan dalam survei dapat disusun sedemikian rupa, sehingga pelanggan bisa merasa nyaman dalam memberikan data yang diminta, lengkap dengan identitas pelanggan yang dimiliki. Namun Anda juga wajib paham, bahwa pengisian data pelanggan ini tidak bisa dijadikan hal mutlak yang diandalkan, karena pelanggan, sekali lagi, berhak mengisi apapun yang mereka mau.

Berikan pengantar survei yang hangat, persuasif, dan ramah. Dengan begini kesempatan Anda memperoleh data yang komprehensif akan semakin tinggi.

3. Chatbot atau Perangkat Lunak Layanan Pelanggan Lainnya

identitas pelanggan
Sumber: freepik.com

Tahukah Anda bahwa chatbot bisa digunakan sebagai salah satu metode pengumpulan identitas pelanggan yang cukup efektif? Cara ini bisa dilakukan ketika pelanggan memberikan feedback atau keluhan pada customer service atau customer support.

Dengan menyetel template pesan yang ditentukan, chatbot dapat meminta identitas pelanggan sebagai salah satu syarat untuk melanjutkan proses penindakan keluhan. Jelas selalu ada risiko input data yang kurang tepat. Namun setidaknya Anda akan mendapatkan cukup banyak data identitas pelanggan dari sini.

Jika dilakukan menggunakan fitur WhatsApp, maka Anda secara langsung juga akan memperoleh nomor telepon yang digunakan oleh user ini. Cukup efektif bukan?

Chatbot ini juga dapat digantikan dengan perangkat lunak untuk layanan pelanggan lain yang Anda gunakan saat ini.

4. Dengan Mengadakan FGD

Focus group discussion bisa menjadi salah satu cara yang digunakan untuk mendapatkan identitas pelanggan selanjutnya. Memang, data yang diperoleh tidak akan terlalu banyak kuantitasnya. Namun secara kualitas metode ini memungkinkan Anda memperoleh data yang sangat relevan.

Selain identitas lengkap dari pelanggan yang Anda ajak untuk datang ke FGD, Anda juga akan mendapatkan banyak sekali insight terkait bagaimana pelanggan bersikap, bagaimana mereka mengambil keputusan, dan sebagainya.

Perlu diingat, cara ini harus didesain sedemikian rupa sehingga dapat berjalan efektif. Effort yang harus dilakukan tidak kecil, sehingga perencanaannya harus benar-benar matang.

5. Cara Mendapatkan Identitas Pelanggan dengan Verifikasi Identitas

identitas pelanggan
Sumber: freepik.com

Pernahkah terpikir oleh Anda untuk mendapatkan data pelanggan yang valid, akurat, dan terkini, dengan menggunakan metode verifikasi identitas? Metode ini menjamin masukan data yang benar-benar solid, karena secara langsung meminta user untuk mengunggah fotonya bersama kartu identitas.

Terdengar familiar?

Sebab memang metode ini telah digunakan banyak sekali layanan dan produk yang beredar di pasar. Caranya efektif, akurat, serta efisien. Yang harus Anda lakukan hanya menyematkan proses verifikasi identitas pada saat transaksi atau melakukan pendaftaran akun.

Jika Anda mulai berpikir untuk menggunakan metode ini, maka Verihubs akan menjadi jawaban yang tepat untuk membantu Anda mengeksekusinya.

Baca Juga: Laporkan Akun yang Dibobol dengan 5 Cara Ini! 

Identity Verification dari Verihubs

Menggunakan masukan data berupa foto user bersama dengan KTP yang dimilikinya, sistem dari Verihubs mampu membantu Anda untuk mengumpulkan identitas pelanggan dengan akurat dan solid. Tak hanya digunakan untuk keperluan pemasaran, namun data ini juga dapat menjadi metode efektif melakukan KYC dari bisnis Anda. jadi, segera gunakan produk Identity Verification dari Verihubs sekarang juga, dan integrasikan sistemnya dengan sistem yang digunakan pada perusahaan Anda. Hubungi layanan pelanggan kami sekarang juga, dan dapatkan setiap benefit dari produk Verihubs!